Tips Membeli Apartemen Bekas Berkualitas

Sekarang ini kondisi dan prospek investasi properti dalam bentuk apartemen terbilang menarik. Tetapi apabila anda ingin membeli apartemen untuk investasi, anda memerlukan perhitungan yang matang. Kategori untuk membeli apartemen terbagi menjadi dua, apartemen baru dan apartemen bekas (secondary). Setiap kategori apartemen itu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Memang nilai investasi pada apartemen bekas umumnya lebih rendah dibandingkan kondominium atau apartemen baru. Hal ini dipengaruhi karena  lingkungan apartemen bekas biasanya sudah terbentuk dan kelengkapan fasilitas yang sudah tersedia. Sementara apartemen baru, lingkungannya belum terbentuk dan fasilitasnya masih dilengkapi. Pembentukan lingkungan dan kelengkapan fasilitas dari apartemen baru sangat tergantung pada komitmen pengembangnya. Berikut ini beberapa tips aman dalam membeli apartemen bekas berkualitas, yang harus diteliti dan sangat berbeda bila hanya untuk menyewa apartemen saja.

Kondisi Fisik Apartemen
Periksalah kondisi fisik bangunan secara cermat dan teliti. Jangan tergiur dengan promo yang ditawarkan. Anda harus teliti terhadap keretakan, cat terkelupas atau kelembaban dinding yang disebabkan oleh bocornya saluran air dan atap. Hal ini penting supaya apartemen tersebut tidak hanya layak untuk dijadikan tempat tinggal, tetapi juga menguntungkan untuk dijual kembali.

Fasilitas Yang Diberikan
Amati kelengkapan fasilitas serta lingkungan yang tersedia di apartemen tersebut. Pilihlah apartemen yang berada di lingkungan yang sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti jaringan listrik, air bersih, telepon, dan sarana umum seperti pusat perbelanjaan, taman bermain, rumah sakit, kolam renang, olahraga dan tempat ibadah.

Lokasi
Pilihlah apartemen bekas yang berada di kawasan lingkungan yang sudah berkembang, karena dengan berkembangnya kawasan tersebut akan meningkatkan nilai investasi dan tentunya kenyamanan pemilik apartemen juga lebih terjamin. Anda dapat mengunjungi situs RUKAMEN sebagai referensi untuk melihat direktori apartemen di Indonesia.

Kelengkapan Dokumen
Periksa aspek legalitas dokumen dari apartemen yang anda pilih, seperti sertifikat hak guna bangun (HGB), Surat Izin Penunjukkan dan Penggunaan Tanah (SIPPT) dan surat IMB. Periksa dengan seksama dan teliti tentang riwayat apartemen yang ingin anda beli, apabila ingin terhindar dari masalah.

Harga
Bandingkan harga apartemen dengan apartemen yang lain disekitar kawasan. Apabila anda tidak dapat menemukan perbandingan yang cocok, maka lakukan penyesuaian biaya dalam data perbandingan harga apartemen yang anda kumpulkan, seperti perhitungan biaya renovasi (apabila ada), biaya transportasi, ketersediaan fasilitas di sekitar lingkungan apartemen dan juga keamanan lingkungan apartemen.

Notaris PPAT
Sebelum anda melakukan transaksi, sebaiknya dibahas terlebih dahulu dengan penjual mengenai biaya yang muncul terkait Notaris PPAT. Biasanya akan dicantumkan juga dalam biaya mengenai pembayaran Pajak Penjual dan Pajak Pembeli, yang terkadang ada juga yang dapat menawar harga dan sudah termasuk Pajak dan Notaris PPAT.

Cek terlebih dahulu apakah pembelian apartemen bekas dapat melalui KPR. Apabila bisa, maka anda dapat untuk meminta bank melakukan penilaian nilai properti bentuk apartemen dengan benar dan dapat menjadi panduan untuk menawar harga apartemen dengan pantas dan sesuai. Semoga artikel yang diilhami oleh pengusaha properti hebat Karawang, pemilik PT. Galuh Citarum, developer ternama di Jawa Barat Amin Supriyadi, dapat memandu Anda, sebelum menentukan pilihan yang tepat.



Apartemen

Previous Post Next Post

News Feed