728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

5 Dampak Negatif Akibat Sering Bergadang Bagi Kesehatan Tubuh

Bergadang merupakan aktivitas yang lazim di jumpai, apalagi bagi seorang karayawan / pekerja yang bekerja di suatu perusahaan. Seorang pekerja / karyawan akan melakukan aktivitas ini jika sedang dalam posisi dikejar deadline dari suatu tugas yang sedang ia kerjakan.

Meskipun begitu, aktivitas bergadang ini juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh jika dilakukan terlalu sering. Bahkan penyakit besar dan parah pun juga berasal dari aktivitas ini. Berikut 5 dampak negatif akibat sering bergadang bagi kesehatan tubuh.

5 Dampak Negatif Akibat Sering Bergadang Bagi Kesehatan Tubuh

5 Dampak Negatif Akibat Sering Bergadang Bagi Kesehatan Tubuh  


1. Sistem Kekebalan Tubuh Mengalami Penurunan 

Jika badan anda terasa tidak enak di sela – sela tugas yang menumpuk, maka itulah tanda – tanda sistem imun atau sistem kekebalan pada tubuh anda mengalami penurunan.

Secara umum, kantung empedu bekerja aktif mulai pukul 23.00 hingga pukul 01.00 dini hari untuk proses detoxin. Selain itu, hati mulai bekerja aktif mulai pukul 01.00 dini hari hingga pukul 03.00 pagi. Sistem kerja ini akan bekerja secara otomatis pada tubuh kita setiap harinya dan kita tidak mungkin bisa untuk mengubahnya. 

Jika satu kali bergadang akan mengganggu kerja organ imun anda, maka dapat dibayangkan jika anda melakukan aktivitas bergadang ini secara sering / berulang - ulang.

2. Kualitas Tidur Menjadi Turun

Kualitas tidur yang baik bagi setiap orang ialah 7 – 9 jam per hari. Namun, jika aktivitas bergadang sering anda lakukan, maka secara otomatis kualitas tidur anda menjadi turun. 

Kurangnya kualitas tidur yang kurang ini juga menjadi salah satu penyebab seseorang mudah terkena serangan jantung dikarenakan adanya peningkatan irama detak jantung yang tidak normal di malam hari. Selain itu, ada dampak negatif bagi kesehatan tubuh dari turunnya kualitas tidur seperti mudah stres, kurang konsentrasi serta rentan terkena penyakit diabetes. 

3. Penyebab Timbulnya Penyakit Jantung dan Stroke

Seseorang yang sering tidur terlalu larut di malam hari rentan untuk terserang penyakit jantung dan stroke. Ini dikarenakan terjadinya peradangan pada arteri yang mengakibatkan penumpukan plak yang pada akhirnya dapat menyumbat menyumbat pembuluh darah manusia. 
Selain itu, udara yang masuk ke dalam paru – paru dan keluar dari mulut juga mengakibatkan gejala apnea.

4. Memicu Peningkatan Stres

Kurangnya tidur di malam hari dapat menyebabkan aktivitas peningkatan produksi atau hormon stres. Akibatnya seseorang akan lebih rentan terkena setres.

Akibat dari adanya stres ini juga memunculkan penykit berupa penyakit jantung dan diabetes tipe 2 dikarenakan adanya peningkatan aktivitas denyut jantung, tekanan darah dan glukosa darah.

5. Menimbulkan Penyakit Asma (Sesak Nafas)

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Royal Society For Public Health Inggris menyebutkan bahwa kecenderungan kurang tidur dapat memicu peradangan yang berimbas pada meningkatnya hormon stres dalam tubuh dan rentan terkena penyakit asma (sesak nafas).

Kurangnya aktivitas tidur seseorang mampu meningkatkan resiko terkena penyakit asma hingga 65%. Bahkan, jika seseorang yang sudah mengidap penyakit insomnia dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada saluran pernafasan yang cukup parah.

Demikian penjelasan mengenai dampak negatif dari aktivitas bergadang bagi kesehatan tubuh. Bagi anda yang sering melakukan aktivitas bergadang ini, semoga anda mampu menguranginya dan mampu mengatur dengan lebih bijak.
5 Dampak Negatif Akibat Sering Bergadang Bagi Kesehatan Tubuh
  • Title : 5 Dampak Negatif Akibat Sering Bergadang Bagi Kesehatan Tubuh
  • Posted by :
  • Date : 5:00 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 5 Dampak Negatif Akibat Sering Bergadang Bagi Kesehatan Tubuh Rating: 5 Reviewed By: Riko T P
Top