728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Tips dan Trik yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Melakukan Night Shoot Photography

Bagi anda pecinta dunia fotografi, pasti tidak asing dengan istilah night shoot photography. Night shoot photography ini merupakan teknik fotografi yang dilakukan pada malam hari. 
Namun, untuk melakukan night shoot photography ini diperlukan beberapa tips dan trik tertentu dikarenakan pada saat malam hari sangat minim cahaya. Berikut tips dan trik yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan night shoot photography.

Tips dan Trik yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Melakukan Night Shoot Photography

Tips dan Trik yang di Perhatikan Sebelum Melakukan Night Shoot Photography


1. Pilih Spot Foto Yang Bagus

Sebelum melakukan night shoot photography, akan lebih baik jika anda menentukan terlebih dahulu spot / tempat foto yang bagus. Pilihlah tempat yang pencahayaannya pas dan tidak kurang sehingga hasil foto yang dihasilkan tidaklah terlalu gelap. Jika anda bingung spot mana yang akan dituju, maka anda dapat melakukan pencarian spot yang menarik dari internet.

2. Gunakan Tripod

Tripod merupakan alat yang wajib dibawa jika anda akan melakukan night shoot photography. Penggunaan tripod bertujuan untuk meminimalisir adanya shaking / guncangan dikarenakan sedikitnya cahaya pada malam hari sehingga membuat kamera akan lebih sensitif.

Namun, jika anda tidak memilki tripod untuk melakukan night shoot photography ini maka anda bisa benda di sekitar anda sebagai pijakan serta pengganti tripod. Selain itu, jangan lupa tahanlah nafas anda ketika anda akan menjepret karena goyangan sedikit saja akan berakibat fatal pada hasil jepretan anda.

3. Atur Setting Kamera

Memotret dengan menggunakan mode manual merupakan pilihan yang pas sebelum anda melakukan night shoot photography. Anda dapat memulai dengan mengatur aperture kurang lebih 1/16. Setelah itu, anda dapat mengatur shutter speed yang pas. Kemudian, anda dapat mengatur ISO. Untuk pengaturan ISO lebih dianjurkan memilih ISO yang kecil untuk mengurangi noise.

Penggunaan mode manual ini mampu menghasilkan foto yang lebih berkualitas dibandingkan menggunakan mode otomatis. Selain itu, anda juga berkesempatan untuk lebih mengeksplore pada saat melakukan night shot photography ini.

4. Jangan Gunakan Flash

Jika anda akan melakukan Night Shoot Photography, maka sangat disarankan untuk tidak menggunakan flash. Ini dikarenakan penggunaan flash pada malam hari akan mengakibatkan gambar yang hanya akan terlihat terang didepan dan objek yang berada yang dibelakang akan terlihat gelap.

5. Sebisa Mungkin Dapatkan Efek Bintang pada Lampu Jalanan

Penggunaan aperture kecil tidak hanya mempertajam hasil dari objek foto, melainkan juga akan membuat efek pada lampu jalanan menjadi seperti bintang. Efek lampu seperti ini akan membuat foto yang anda hasilkan terlihat lebih indah dan berkesan ”wah”.

6. Gunakan Long Exposure untuk Jalanan yang Ramai 

Jika anda berada di spot pinggir jalan raya yang ramai akan lalu lintas kendaraan yang melintas, maka tips yang satu ini cocok untuk anda coba. Menggunakan night shoot photography ini juga telah banyak yang digunakan banyak fotografer. Dengan menggunakan long exposure ini, foto yang dihasilkan akan seperti cahaya laser yang melesat sehingga foto akan terlihat lebih indah untuk dinikmati.  

Demikian beberapa tips dan trik yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan night shoot photography. Semoga dengan adanya artikel ini mampu menambah pengetahuan serta wawasan untuk melakukan night shoot photography secara maksimal. 
Tips dan Trik yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Melakukan Night Shoot Photography
  • Title : Tips dan Trik yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Melakukan Night Shoot Photography
  • Posted by :
  • Date : 9:58 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips dan Trik yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Melakukan Night Shoot Photography Rating: 5 Reviewed By: Riko T P
Top