9 Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Akan Mendaki

Mendaki Gunung adalah kegiatan yang cukup ekstrem yang sering dilakukan baik oleh para pendaki profesional maupun pendaki pemula. Banyak perlengkapan yang wajib dibawa saat mendaki karena dirasa sangat penting. Terlebih lagi kita tidak tahu situasi persis yang akan kita hadapi saat kita mendaki gunung. Untuk itu kita harus mempersiapkan semuanya jangan sampai ada yang tertinggal.

mungkin untuk sebagian yang sudah biasa, hal ini merupakan wisata yang asik dan menantang karena sesuai hobi.


 9 Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Akan Mendaki

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Bagi Pendaki Pemula


1. Tas Ransel

Perlengkapan yang wajib dibawa saat mendaki gunung adalah tas ransel. Pasti kalian sudah menebak peralatan yang satu ini. Bagaimana tidak, jika tidak ada tas ransel maka kita tidak akan bisa membawa semua peralatan penting yang kita butuhkan nantinya. Dalam hal ini, pilihlah tas yang nyaman dan usahakan pilih tas yang kuat. 

Karena dengan perjalanan yang panjang maka tas yang demikian akan mempermudah kita dalam melakukan pendakian. Hal yang paling penting lainnya adalah pemilihan tas yang sesuai dengan ukuran tubuh kita.

2. Jaket Gunung

Selanjutnya, perlengkapan yang wajib dibawa adalah jaket gunung. Fungsi jaket gunung untuk melindungi kita dari hawa dingin di atas gunung nan jauh disana. Untuk itu pilihlah jaket gunung yang nyaman dan sesuai kebutuhan kita. Ada berbagai jenis jaket gunung, di antaranya windproof, windblock, windstopper, wind-braker, dan water-proof.

3. Jas Hujan

Cuaca memang sangat sulit di prediksi. Oleh karena itu, membawa jas hujan saat mendaki adalah sesuatu yang bijak untuk dilakukan. Oleh karena itu, jangan terlalu percaya pada ramalan cuaca di berita dan menghiraukan benda yang satu ini ya!

4. Aksesoris Pelengkap

Aksesoris pelengkap seperti topi, masker, dan sarung tangan ini justru akan menjadi hal yang paling penting terutama bagi para pendaki yang tidak kuat hawa dingin. Selain itu, benda-benda di atas dapat kita gunakan untuk menutupi tubuh dari sengatan matahari langsung dan menghindari sengatan serangga pada area yang ditutupinya. Fungsi lainnya adalah menyaring udara yang kita hidup saat mendaki.

5. Pakaian Ganti

Perlengkapan yang wajib dibawa selanjutnya adalah pakaian ganti. Bawalah pakaian ganti secukupnya, namun jangan pernah menghiraukan untuk membawa pakaian ganti ini, ya. Karena kita tidak akan pernah tahu jika nanti saat mendaki pakaian kita akan basah atau kotor dan kita harus siap sedia untuk menggantinya sewaktu-waktu.

6. Perlengkapan Logistik

Nah, perlengkapan yang satu ini dianggap sangat penting untuk bertahan hidup di Gunung. Bawalah makanan-makanan yang tidak terlalu repot untuk di olah, seperti mie instan, roti, susu,teh, kopi dan lainnya.

7. Perlengkapan Camping

Perlengkapan seperti sleeping bag, tenda, matras, alat masak, dan juga peralatan makan mungkin menjadi benda yang penting, terutama jika situasi di gunung mengharuskan kita untuk bermalam.

8. Kompas

Supaya kita tidak salah arah dan justru malah memperumit situasi, maka alat satu ini menjadi hal yang sangat penting. Terutama bagi pendaki gunung yang baru pertama kali menyusuri suatu lokasi pendakian.

9. Lain-lain

Selain perlengkapan di atas, perlengkapan yang wajib dibawa diantaranya tissu toilet, pisau lipat, survival kit, dan lampu senter. Dan juga jangan lupa untuk membawa obat-obatan jika sewaktu-waktu kita merasa sakit.

Mendaki gunung memanglah pengalaman yang luar biasa bagi sebagian orang. Akan tetapi, kita tidak boleh mengesampingkan keselamatan dan keamanan kita dalam melakukan pendakian tersebut. Oleh karena itu, alat-alat dan perlengkapan diatas harus dipastikan lengkap.
Previous Post Next Post

News Feed