Manfaat AMDAL Bagi Kesuksesan Pembangunan Pabrik

Menurut PP No. 27 tahun 1999, AMDAL yang merupakan singkatan dari Analilis Mengenai Dampak Lingkungan adalah kajian atas dampak besar dan penting untuk pengambilan keputusan pada suatu bisnis atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan mengenai penyelenggaraan usaha atau kegiatan. 

Pembangunan sebuah perusahaan ataupun pabrik dari proses awal hingga akhir pasti meninggalkan bekas berupa limbah. Baik itu limbah pra produksi ataupun pasca produksi. Meskipun masing-masing pabrik sudah memiliki tempat penampungan limbah, pasti tetap ada limbah yang tertinggal ataupun dibuang melalui saluran air.

Manfaat AMDAL Bagi Kesuksesan Pembangunan Pabrik

Nah, disinilah tujuan AMDAL dilaksanakan, yaitu untuk menjaga dengan kemungkinan dampak dari suatu rencana usaha. Dengan kata lain untuk mengurasi resiko dampak dari suatu pembangunan.

AMDAL biasa digunakan sebagai bahan perencanaan suatu pembangunan. Dengan begitu, sebenarnya AMDAL sangat penting bagi suatu pembangunan yang tentunya akan menimbulkan suatu dampak bagi lingkungan sekitarnya. Namun, tak banyak yang tahu Manfaat AMDAL bagi suatu pembangunan seperti halnya pabrik. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya, mari kita lihat penjelasan dibawah ini.

Manfaat AMDAL bagi Pembangunan Pabrik yang Jarang Orang Ketahui


AMDAL merupakan Scientific Document dan Legal Document

Scientific Document yaitu Dokumen Ilmiah. Hal ini membuktikan bahwa dengan adanya AMDAL, sebuah pabrik akan memiliki Dokumen Ilmiah yang akan sangat berpengaruh pada kesuksesan dan kelancaran dalam proses pengajuan permohonan ijin pembangunan pada tokoh masyarakat sekitar. Jika ijin sudah didapat, maka akan mempermudah proses berikutnya dalam pembangunan pabrik.

Manfaat AMDAL sebagai Legal Document sendiri berarti bahwa AMDAL merupakan bentuk dari Dokumen Hukum. Artinya, pembanguna suatu pabrik bisa diakui secara hukum apabila memiliki Legal Document AMDAL. Sehinga, kedepannya dokumen ini dapat menghindarkan pabrik dari permasalahan hukum yang apabila diabaikan bisa berakibat sangat fatal bagi keberlangsungan usaha.

Legal Document juga memberi predikat pada suatu pabrik sebagai bukti ketaatan hukum. Sehingga, dalam pencarian karyawan akan lebih mudah. Masyarakat akan lebih percaya pada sebuah pabrik atau perusahaan yang memiliki surat AMDAL. Tak hanya itu, AMDAL juga berfungsi sebagai tahap pertama dalam rekomendasi ijin usaha.

AMDAL sangat dibutuhkan karena dalam suatu pembangunan karena dalam Undang-undang dan peraturan pemerintah untuk menjaga lingkungan dari operasi proyek kegiatan industri atau kegiatan-kegiatan yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Mempermudah pabrik dalam menjalin suatu hubungan dengan pihak lain

Manfaat AMDAL bagi pemrakarsa atau pemilik pabrik yang sangat penting adalah mampu dengan mudah menjalin sebuah kerjasama, baik kerjasama antar perusahaan ataupun kerjasama dengan Bank. Sehingga konflik yang kemungkinan bisa terjadi dalam pelaksanaan pembangunan pabrik bisa diminimalisir. Bahkan, tak jarang banyak masyarakat yang turut membantu dalam pembangunannya.

Karena AMDAL adalah sebuah analisis yang dilakukan pada beberapa macam faktor yaitu kimia, fisik, sosial, ekonomi dan budaya. Maka tak heran jika AMDAL menjadi media penyalur informasi kepada masyarakat sekitar mengenai dampak yang ditimbulkan dari suatu pembangunan rencana usaha.

Jika sebuah pabrik tidak memiliki dokumen AMDAL, kedepannya berpotensi terjadi banyak tindakan unjuk rasa pada pabrik tersebut yang disebabkan oleh limbah pabrik yang merusak lingkungan warga. Kalau sudah terjadi demo dari masyarakat, maka pabrik tersebut pun tidak lagi dipercaya oleh masyarakat. Sehingga keeektifan jam terbang pabrik akan berkurang bahkan hilang sama sekali.
Previous Post Next Post

News Feed