728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

5 Hidangan Khas Arab yang Populer di Indonesia

Arab tidak hanya dikenal dengan budayanya saja, namun juga dikenal dengan cita rasa makanannya yang digemari banyak orang. Masakan Arab banyak disajikan dengan tampilan yang menggugah selera dengan aroma rempahnya. Di Indonesia sendiri sudah banyak makanan khas Arab yang dijual berjajar di beberapa tempat.

5 Hidangan Khas Arab yang Populer di Indonesia

Sebenarnya beberapa makanan khas Timur Tengah sudah ada beberapa yang dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini beberapa menu yang wajib Anda coba untuk menikmati hidangan Timur Tengah.

Beragam Masakan Favorit Timur Tengah


Nasi Biryani

Masakan Timur Tengah ini sangat disukai oleh banyak orang karena merupakan sajian dengan campuran daging yang nikmat. Di Indonesia sendiri, tidak sedikit pula yang menggunakan hidangan ini sebagai sambutan hari besar maupun di pesta pernikahan. Nasi Biryani disajikan dengan campuran daging kambing atau ayam yang gurih dan lezat.

Kuliner nikmat Timur Tengah ini merupakan salah satu hidangan selain Nasi Mandhi, Nasi Kabsah, serta Nasi Kabli yang bercita rasa tinggi dengan bumbu kari yang agak pedas. Warna Nasi Biryani ada beberapa antara lain merah, kuning, dan oranye.

Malabari Paratha

Makanan ini akan terasa lezat jika disantap dengan kari atau bersama kuah lainnya. Cita rasanya yang kaya akan rempah membuatnya sangat digemari banyak orang. Bukan hanya di negaranya saja, namun juga di beberapa negara lainnya termasuk Indonesia. Hidangan ini berbentuk roti bulat berlapis yang akan meleleh ketika disantap. 

Selain di Arab, makanan ini juga digemari di India dan sangat populer bagi kalangan kerajaan. Roti ini juga disebut dengan Roti Prata atau Roti Canai di Aceh dan sudah datang ke Indonesia sejak lama. 

Samboosa atau Samosa

Mungkin bentuknya sudah tidak asing lagi di Indonesia. Roti Samosa ini biasanya berbentuk segitiga atau bulan sabit yang disajikan dengan isian sayuran di dalamnya seperti kentang, bawang bombay, dan lainnya. Selain itu, terkadang Samosa juga disajikan dengan isi daging kambing atau ayam. Isian yang ditumis dengan bumbu rempah ini kemudian dibungkus dengan kulit lumpia lalu digoreng.

Biasanya makanan ini juga dinikmati bersama dengan sup wortel atau beberapa menu sup lainnya. Samosa juga menjadi makanan ringan yang cocok disantap sebagai cemilan nikmat. 

Nasi Kebuli

Siapa yang tak pernah mendengar namanya? Di Indonesia sudah lama terkenal hidangan dengan nama Nasi Kebuli ini. Sajian ini memiliki rasa yang gurih dan berwarna kekuningan. Makanan ini merupakan sajian yang biasa dinikmati oleh penduduk Arab. Namun di Indonesia Nasi Kebuli banyak dimodifikasi dengan menyesuaikan lidah orang Indonesia.

Meskipun begitu, rasanya tetap mantap dan patut dicoba. Ini juga menjadi salah satu hidangan yang disajikan dalam menyambut kedatangan Raja Salman ke Indonesia pada beberapa waktu yang lalu. 

Gulai Kambing

Pasti kebanyakan orang sudah mengenal baik masakan ini. Di Indonesia, Gulai Kambing juga menjadi makanan favorit yang merupakan olahan daging kambing yang dimasak sedemikian rupa menggunakan bumbu rempah yang lezat. Gulai Kambing juga sering digunakan sebagai perayaan prosesi adat. Bahkan di Indonesia juga sering menjadi menu Aqiqah dan masakan pada saat Idul Adha.

Gulai memang bukan masakan asli Indonesia, namun ini merupakan pengaruh dari campuran budaya Arab dan India.  

Arab merupakan negara yang terkenal dengan masakannya yang lezat dan berminyak. Arab lebih suka dengan hidangan yang mengandung daging. Karena itulah hidangan Timur Tengah sangat populer bahkan hingga ke negara lain.
5 Hidangan Khas Arab yang Populer di Indonesia
  • Title : 5 Hidangan Khas Arab yang Populer di Indonesia
  • Posted by :
  • Date : 4:04 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 5 Hidangan Khas Arab yang Populer di Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Riko T P
Top