728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Android 9 Sudah Rilis, Ini Dia Fitur Baru Yang Ada di Dalamnya

Android 9 yang selama ini ditunggu-tunggu kaum milenial masa kini, akhirnya dirilis juga. Google mengumumkan jika julukan resmi bagi sistem operasi terbarunya adalah Android P dimana diberi julukan resmi “Pie”. 

Android versi kesembilan ini sudah mulai tersedia melalui update over the air bagi perangkat dengan seri Piksel yang dibesut oleh Google. Produsen lain yang juga ikut di program Android P beta ini pun akan menyusul segera mulai dari Sony, Xiaomi, Oppo, Vido, OnePlus hingga Essential. 

Android 9 Sudah Rilis, Ini Dia Fitur Baru Yang Ada di Dalamnya

Dibandingkan dengan versi sebelumnya, tentu saja Android Pie ini memiliki banyak perbedaan. Pembaruan pun dilakukan di dalam berbagai aspek sistem operasinya sehingga penggunanya pasti akan merasakan banyak kemajuan gadget yang ada. Tentu Anda penasaran dengan fitur teranyar yang ada di Android Pie ini bukan?

Fitur Terbaru yang Terdapat di Android 9


Smart reply notifikasi

Untuk tampilan antarmuka grafis yang ada di Android Pie ini, Google menerapkan tampilan yang serba membulat, termasuk yang ada di bagian tray notifikasi dan quick setting. Tema visual seperti ini menjadikan white space serta sudut membulatnya kian bertambah. Ada juga ikon yang lebih berwarna. Dari segi notifikasi, Android Pie pun mampu tampilkan konten misalnya gambar pada aplikasi pesan instan dan juga opsi membalas percakapannya langsung.

Mode gelap

Pada versi Android sebelumnya yakni Android Oreo, Google sempat sediakan pilihan berupa mode gelap yang bisa diaktifkan, namun pada akhirnya fitur ini ditarik. Namun kini mode gelap ini kembali hadir di Android 9. Jika Anda ingin mengaktifkannya, caranya pun mudah saja karena bisa dengan membuka pilihan Display pada menu Pengaturan, lalu Tema Tampilan dan pilih dari tiga pilihan yaitu otomatis, terang ataupun gelap. 

Simulasi notch

Kini kian banyak saja smartphone yang mempunyai notch pada bagian atasnya untuk tempat kamera depan hingga earpiece ketika layar terus melebar dengan bingkai tipisnya. Demi bisa mengakomodasi tren ini, Android Pie pun menyediakan fasilitas berupa simulasi notch sehingga pengguna bisa melihat seperti apakah tampilan aplikasi pada smartphone. Caranya yakni dengan aktifkan Developer Mode dan di opsi simulasi tampilan pada bagian Drawing. 

Mengubah screenshot

Sampai Android 9 ini, pengambilan screenshot masih dengan cara yang sama yakni dengan menahan di bagian tombol power dan juga volume down bersamaan. Selain itu, fitur baru yang ada di Android teranyar ini adalah dengan menampilkan tombol berupa Edit pada preview screenshot. Dengan demikian, maka pengguna bisa langsung mengubah screenshot yang dihasilkan sebelum nantinya Anda membagikannya ke orang lain.

Digital wellbeing

Adanya fitur berupa digital wellbeing bertujuan demi mengurangi penggunaan ponsel oleh penggunanya melalui dashboard yang khusus menampilkan fitur pendukung. Fitur ini tidak diterapkan default pada Android Pie, namun Anda bisa mendapatkannya dengan keikutsertaan di program beta. Syaratnya adalah pengguna harus memiliki perangkat dengan seri Pixel. Beberapa menunya mulai dari pembatasan waktu aplikasi berjalan, do not disturb dan masih banyak lagi. 

Lockdown

Android Pie memberikan keamanan ekstra yakni dengan adanya fitur Lockdown. Fitur yang satu ini mampu mengunci perangkat dan kemudian menonaktifkan pemindai sidik jari serta voice unlock dan tidak menampilkan notifikasi pada lock screen. Anda bisa mengaktifkan fitur Lockdown pada Android 9 di menu Security and Location pada pengaturan, lanjut ke Lock Screen Preference dan Anda bisa aktifkan Show Lockdown. 
Android 9 Sudah Rilis, Ini Dia Fitur Baru Yang Ada di Dalamnya
  • Title : Android 9 Sudah Rilis, Ini Dia Fitur Baru Yang Ada di Dalamnya
  • Posted by :
  • Date : 10:22 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Android 9 Sudah Rilis, Ini Dia Fitur Baru Yang Ada di Dalamnya Rating: 5 Reviewed By: Riko T P
Top