Berbagai Manfaat HIIT Bagi Kebugaran Tubuh

HIIT merupakan singkatan dari High Intensify Interval Training. Pada dasarnya olahraga ini memiliki intensitas yang tinggi dan cepat. Intensitas gerakan dilakukan dalam suatu interval tertentu. Meskipun latihan ini memiliki durasi yang tidak lama. Akan tetapi, latihan ini sangat efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat yang didapat dengan menjalankan latihan ini. Berikut ini manfaatnya. 

Berbagai Manfaat HIIT bagi Kebugaran Tubuh

Manfaat Program Sehat dari Olahraga HIIT


Membantu Pembakaran Kalori

Berolahraga memang salah satu tujuannya untuk membakar kalori. HIIT dapat membantu mengaktifkan sistem tubuh untuk lebih aktif membakar kalori. Pembakaran kalori dengan HIIT lebih efektif karena melibatkan hampir semua bagian tubuh. Pembakaran kalori dapat berlangsung dalam 24 jam setelah selesai berolahraga dengan metode HIIT.

Selain itu pembakaran kalori dengan HIIT sangatlah efektif. HIIT mampu mendorong kinerja tubuh untuk membakar kalori hingga 10% dalam kurun waktu 24 jam telah melakukan latihan. HIIT dapat meningkatkan metabolisme dalam otot sehingga tubuh dapat menjaga kekuatan otot. 

Latihan HIIT selama 15 menit juga mampu membakar kalori lebih cepat dibandingkan jogging dengan treadmill selama 1 jam. Latihan HIIT juga dapat membantu pembentukan otot. Hal ini dikarenakan HIIT menggunakan berat tubuh sebagai beban, sehingga kekuatan otot dapat terlatih dengan baik. Pembakaran kalori yang mencukupi dan berkelanjutan secara otomatis dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Dapat Membakar Lemak Lebih Banyak

Sebuah penelitian membuktikan bahwa HIIT merupakan metode yang tepat untuk membakar lemak tubuh. Penelitian terhadap seseorang yang rutin berlatih menggunakan metode HIIT selama 8 pekan, mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuhnya hingga 2%. 

Sebaliknya orang yang melakukan latihan fisik tanpa metode HIIT dalam waktu yang sama, tidak memperlihatkan adanya penurunan kadar lemak dalam tubuh. Pembakaran lemak dengan metode HIIT juga termasuk cepat. 

Hal ini dibuktikan dalam penelitian terhadap seseorang yang melakukan kardio selama 40 menit dibandingkan dengan orang yang melakukan HIIT selama 20 menit (melakukan sprint 8 detik da istirahat 12 detik). Hasilnya menunjukkan mereka yang menggunakan HIIT dapat membakar lemak tubuhnya 6 kali lebih banyak. 

Berkurangnya Enzim yang Bertugas Menyimpan Lemak

Di dalam tubuh terdapat suatu enzim yang berfungsi mengolah lemak untuk disimpan dalam tubuh. HIIT dalam penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengalami masalah metabolisme, dengan melakukan HIIT selama 16 pekan. Mampu mengurangi produksi enzim dalam tubuhnya hingga 100%.

Membantu Peningkatan Ketahanan Tubuh

Pelatihan HIIT dapat membantu membangun kekuatan otot. Ketahanan tubuh berguna untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bertenaga ketika banyak menjalankan aktivitas fisik. Penelitian membuktikan seseorang yang berlatih HIIT selama 8 minggu menunjukkan performa ketahanan hingga 2 kali lipat.  

Membantu Regulasi Energi dalam Tubuh 

Pelatihan dengan HIIT membantu tubuh untuk mengatur energi secara lebih tepat. Hal ini memungkinkan tubuh membakar kalori dengan lebih baik. Latihan interval juga berguna untuk membuang racun dari dalam otot. Latihan ini juga bagus dalam melatih pernafasan.

Mempercepat Metabolisme

HIIT dapat membantu metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan tubuh mendapat suplai oksigen yang mencukupi. Oksigen yang cukup dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang nantinya berdampak pada pembakaran kalori dengan lebih baik.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat adalah kunci terhindar dari penyakit berbahaya. HIIT dapat melatih kekuatan jantung. Sehingga jantung menjadi lebih sehat. Latihan HIIT juga membuat aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lancar.

Latihan interval HIIT sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berbagai manfaat mulai dari menjaga jantung, membakar kalori, mengurangi lemak, menjaga stamina, dan membentuk otot. Semua hal itu dapat dirasakan dengan menjalani latihan interval dengan HIIT secara rutin.
Previous Post Next Post

News Feed