728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Beli Smartphone Online? Simak Dulu 5 Tips Belanja Aman Berikut Ini

Belanja online kini dapat diterapkan pada berbagai lini kebutuhan, termasuk pada barang bernilai tinggi seperti smartphone. Anda dapat menemukan penjual gadget yang satu ini hampir di berbagai situs di Internet. Harga yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari yang termurah hingga termahal untuk setiap jenis barang yang sama.

Beli Smartphone Online? Simak Dulu 5 Tips Belanja Aman Berikut Ini

Sayangnya, tidak semua penjual smartphone online ini dapat dipercaya, bahkan tidak sedikit yang berniat untuk menipu Anda dengan toko dan penjualan palsu. Sudah banyak kasus penipuan yang terjadi seperti barang yang tidak dikirim atau pengiriman barang yang sama sekali berbeda. Untuk itu, jika Anda ingin berbelanja smartphone online dengan Aman, Anda wajib menyimak tips berikut ini.

5 Tips Belanja Aman Smartphone Online


Cari Review dan Reputasi Seller

Setiap toko yang terpercaya akan memiliki review dan reputasi yang bagus karena pelanggan yang merasa puas akan meninggalkan ‘jejak’ di situs atau rating si penjual. Untuk itu, sangat penting untuk mengecek review seller sebelum Anda membeli smartphone secara online. Pastikan review dan testimoni yang diberikan adalah real dan tidak dibuat-buat.

Jika Anda berbelanja smartphone di sosial media seperti Facebook atau Instagram, pastikan kolom komentar tidak dikunci atau dibatasi, sehingga Anda dapat melihat sendiri bagaimana pelanggan sebelumnya memberi komentar atas pelayanan dan kualitas produk yang dijual.

Interaksi dengan Seller

Kemudahan interaksi dengan seller adalah salah satu bukti bahwa toko online yang Anda incar terpercaya. Tentunya, kemudahan interaksi ini tidak hanya terjadi sebelum pembelian namun juga setelah pembelian. Apabila seller sangat responsif terhadap pertanyaan, maka hal itu bisa menjadi pertanda baik. Balasan chat seller yang ramah pun menunjukkan bahwa seller serius dalam menanggapi Anda.

Akan lebih baik jika toko online yang Anda incar memiliki customer service, sehingga berbagai pertanyaan, informasi, dan complain akan terselesaikan dengan profesional. Customer service pun bisa ditemukan jika Anda berbelanja di marketplace besar yang terkenal.

Belanja di Situs Terpercaya

Salah satu tempat yang paling terpercaya untuk berbelanja smartphone secara online adalah marketplace besar, seperti Lazada, Bli Bli, maupun Tokopedia. Pasalnya, marketplace semacam ini menyeleksi seller-nya dengan persyaratan tertentu sebelum dapat menjual produknya di marketplace mereka. Selain itu, sistem pembayaran pun dibuat seaman mungkin untuk melindungi seller dan buyer.

Keamanan ini tentu tidak dapat ditemukan jika Anda membeli smartphone di situs yang tidak terlalu dikenal. Anda pun harus berhati-hati dengan sistem pembayaran dengan proses transfer sejumlah uang ke satu rekening atas nama pribadi karena rawan penipuan. Cek rekening tersebut di situs cekrekening, kredibel, maupun cermati.com untuk mengetahui apakah rekening tersebut pernah dilaporkan atau tidak.

Cari Tahu Informasi Detail Produk yang Akan Dibeli

Sangat penting bagi Anda untuk tahu detail produk yang akan Anda beli, baik spesifikasi maupun harga. Jika Anda memiliki informasi yang cukup mengenai produk yang Anda inginkan, maka Anda akan langsung tahu jika harga produk yang dijual tidak sesuai dengan yang umum beredar di pasaran.
Mengenali spesifikasi produk yang akan dibeli pun penting untuk Anda ketahui. 

Menurut pengelola website tempat service gadget, posel dan laptop di Jakarta Selatan, penyedia layanan service LCD screen Xiaomi, "Beberapa smartphone memiliki nama yang hampir serupa dengan spesifikasi yang nyaris serupa pula." Hanya spesifikasi tertentulah yang membedakannya, seperti Xiaomi Redmi 3, Redmi 3X, maupun Redmi SPrime. Begitu pula dengan iPhone 8 dan iPhone 8S besutan Apple. Anda harus tahu pasti apa perbedaannya sebelum memutuskan membeli produk yang ditawarkan oleh pedagang.

Cek Deskripsi Barang

Mengecek deskripsi barang pada toko tidak bisa diabaikan begitu saja. Anda tidak bisa berasumsi bahwa toko tersebut menjual persis seperti yang Anda inginkan. Anda harus jeli memeriksa deskripsi barang, apakah kelengkapannya benar, dengan RAM dan storage yang sesuai.

Oleh karena itu, jika Anda ingin berbelanja smartphone secara online, Anda harus lebih berhati-hati. Jangan mudah percaya dengan toko online. Cari informasi yang cukup sebagai bekal untuk menyeleksi produk, sehingga Anda dapat berbelanja produk yang tepat dengan harga terbaik.
Beli Smartphone Online? Simak Dulu 5 Tips Belanja Aman Berikut Ini
  • Title : Beli Smartphone Online? Simak Dulu 5 Tips Belanja Aman Berikut Ini
  • Posted by :
  • Date : 12:44 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Beli Smartphone Online? Simak Dulu 5 Tips Belanja Aman Berikut Ini Rating: 5 Reviewed By: Riko T P
Top