728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Hendak Backup Data iPhone? Ikuti 4 Trik Berguna Berikut

Yang namanya sebuah gadget smartphone, tak terkecuali yang berbasis iOS sekalipun, pasti sewaktu-waktu rentan terhadap aneka permasalahan. Permasalahan tersebut meliputi kerusakan baterai hingga kerusakan sistem yang membuat smartphone akhirnya mati total. 

Hendak Backup Data iPhone? Ikuti 4 Trik Berguna Berikut

Kalau sudah begini, Anda memiliki risiko kehilangan seluruh data berharga Anda. Oleh sebab itu, Aktivitas backup data di iPhone wajib untuk senantiasa dilakukan secara berkala. Biar aktivitas backup data semakin lancar dan optimal, ikuti juga trik backup data untuk iPhone yang bermanfaat di bawah ini. Sangat penting dilakukan sebelum Anda mengambil tindakan apapun ketika iPhone hendak dikutak-kating, terutama jika direncanakan memperbaikinya dan diserahkan pada pihak ke-tiga. Misalnya, ketika mau ganti LCD iPhone yang rusak atau pecah ke service.

Trik Backup Data di iPhone


Cek Kapasitas Penyimpanan

Pertama-tama, Anda wajib memperhatikan jumlah ruang kapasitas penyimpanan di iPhone. Caranya, pergilah ke menu settings lalu buka opsi general. Selepas itu, klik pada opsi iPhone storage. Lihatlah apakah kapasitas penyimpanan pada iPhone berlebih atau tidak. Jika berlebih, lakukan langkah selanjutnya berikut.

Hapus Aplikasi Berukuran Besar

Demi mengantisipasi kelebihan muatan memori, Anda harus rela membuang aplikasi dengan ukuran yang besar. Mayoritas aplikasi semacam ini adalah aplikasi game yang ukurannya bisa mencapai beratus-ratus megabytes. Dengan menghapus aplikasi berukuran besar, proses backup diharapkan menjadi lebih lancar alias anti lagging. Pasalnya, memori iPhone sudah tak lagi ‘sesak’ kapasitasnya.

Backup Foto

Bagi Anda yang gemar mengabadikan momen lewat berfoto atau ber-selfie ria di iPhone, jangan lupa untuk mencadangkan foto-foto secara berlapis. Backup foto di iPhone memang bisa dengan mudah dilakukan di komputer, laptop atau MacBook. Akan tetapi, ada baiknya Anda juga mencadangkan foto di Google Photos atau iCloud photo library. 

Lakukan Proses Backup

Proses backup produk Apple sejatinya bisa dilakukan secara online maupun offline. Namun, kebanyakan para pengguna iPhone sekarang lebih memilih untuk backup data secara online. Utamanya lewat layanan resmi dari Apple yang bertajuk iCloud. Apa pun nantinya pilihan cara backup data Anda, pastikan Anda sudah melakukan semua trik yang telah disebutkan sebelumnya. 

Selesai melakukan deretan trik di atas, saatnya Anda mengeksekusi kegiatan backup data. Ada setidaknya empat macam cara backup data di iPhone. Seperti apa langkah-langkahnya? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Cara Backup Data di iPhone


iCloud

Yang perlu diingat saat backup data menggunakan iCloud adalah, pada data pertama sebesar 5 GB, Anda masih bisa melakukannya secara gratis. Akan tetapi, jika Anda melakukan backup lebih dari 5 GB, Anda wajib membayar mulai $0.99 hingga $9.99 per bulannya.
  • Koneksikan perangkat iPhone dengan jaringan Wifi
  • Klik menu Settings, lalu masuk ke opsi iCloud dan cari opsi Backup
  • Nyalakan iCloud Backup
  • Klik Backup Now
  • Cek hasil backup Anda lewat masuk ke menu Settings, lalu klik opsi iCloud.
  • Cari opsi Storage lalu klik pada opsi Manage Storage
  • Pilih nama perangkat Anda dan barulah Anda bisa melihat isi backup data yang telah dilakukan.

iTunes

Guna melakukan backup data dengan iTunes, Anda wajib memiliki komputer yang juga menjalankan aplikasi iTunes. Nantinya, Anda akan mengkoneksikan komputer dengan iPhone lewat kabel USB atau via jaringan WiFi. Dapat dilakukan pada PC atau MacBook besutan Apple.
  • Buka aplikasi iTunes
  • Koneksikan iPhone dengan komputer
  • Masuk ke menu File dan klik opsi Devices
  • Klik opsi Backup atau Backup Now pada Summary Page

Penyimpanan Data dengan Online Storage

Anda bisa memanfaatkan bantuan penyimpanan data iPhone dengan online storage seperti Google Drive, Amazon Cloud Drive, Microsoft One Drive, dan Dropbox. Anda pun dapat mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut di AppStore secara gratis.

Backup Berlapis

Backup berlapis maksudnya adalah backup data yang dilakukan secara ganda melalui iCloud atau iTunes dan manual memindahkannya ke komputer. Dengan begini, meski kehilangan data di iPhone gara-gara mati total dan membutuhkan tempat service iPhone, atau hilang diambil orang, Anda tetap bisa dengan mudah mengembalikan data lama pada iPhone yang baru. 
Hendak Backup Data iPhone? Ikuti 4 Trik Berguna Berikut
  • Title : Hendak Backup Data iPhone? Ikuti 4 Trik Berguna Berikut
  • Posted by :
  • Date : 6:32 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Hendak Backup Data iPhone? Ikuti 4 Trik Berguna Berikut Rating: 5 Reviewed By: Riko T P
Top