Ini 5 Langkah Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus

Anda tentunya pernah mendapatkan pemberitahuan pesan Whatsapp di gadget Anda. Namun ternyata pesan tersebut telah dihapus oleh si pengirim. Alhasil, Anda jadi menebak-nebak apa kira-kira isi dari pesan yang telah dihapus tersebut. Nah, daripada Anda mati penasaran, berikut ini akan dipaparkan cara melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus. Langkah-langkahnya pun tak susah kok. Yuk catat!

Ini 5 Langkah Melihat Pesan Whatsapp yang Telah di Hapus

Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus


Sambangi Home Screen

Pertama-tama, kunjungi bagian home screen alias tampilan layar Anda. Selepas itu, gunakan jari Anda untuk memencet atau mengetuk pada area layar yang kosong dan tidak dihinggapi oleh widget apa pun. Tahan ketukan hingga muncul pilihan menu pengaturan layar.  

Cari Menu Settings

Di bawah tampilan pengaturan layar akan muncul beberapa opsi pengaturan seperti wallpapers, widgets, dan settings. Nah, kini giliran Anda klik pada menu settings tersebut. 

Klik dan Tahan Opsi Settings 

Setelah dilakukan klik pada opsi settings, tahan opsi tersebut sehingga Anda dapat meletakkannya di area home screen. Nantinya, Anda akan disuguhi pilihan ukuran widget untuk settings yang hendak ditempatkan di home screen. Pilihlah salah satunya. 

Pencet Opsi Notification Log

Langkah selanjutnya, Anda akan kembali disuruh untuk memilih widget settings seperti apa yang akan dipasang. Ada pun contoh widget yang tersedia adalah seperti location, memory, night light, notification log, prority-only settings, screen saver, sound, dan tethering & mobile hotspot. Tugas Anda adalah memilih widget untuk notification log.

Pencet Pada Ikon yang Sudah Dipilih

Tak lama kemudian Anda akan menemukan widget yang mengarahkan Anda pada notification log di home screen. Klik pada widget tersebut dan Anda akan mendapatkan seluruh notifikasi pesan Whatsapp Anda mulai dari pesan lama, pesan baru, hingga pesan yang sudah terhapus.

Pesan yang telah terhapus ini akan ditampilkan sebagai sebuah notifikasi. Hasilnya, Anda sekarang bisa dengan gampang menguak isi pesan Whatsapp yang semula telah dihilangkan oleh pengirimnya.
Cara Lain Melihat Pesan Whatsapp yang Sudah Dihapus

Unduh Aplikasi Chat History

Untuk mengembalikan pesan tersebut, Anda wajib mengunduh terlebih dahulu sebuah aplikasi chat history bertajuk Notification History. Aplikasi ini dapat secara gratis diunduh di Google Playstore. Aplikasi lainnya yang punya fungsi serupa dan dapat dijadikan alternatif adalah aplikasi Recent Notification, Notification History Saver, dan Notification History Master. 

Izinkan Akses Aplikasi

Buka aplikasi lalu berikan izin akses aplikasi chat history pada aplikasi Whatsapp. Izin akses aplikasi ini terdiri atas izin membaca semua notifikasi, informasi pribadi seperti nama kontak dan teks pesan yang diterima, dan memicu beberapa tombol tindakan. Setelah izin diberikan, maka otomatis aplikasi chat history dapat mendeteksi notifikasi masuknya pesan baru di Whatsapp.

Melihat Pesan yang Telah Dihapus

Setelah berhasil membuka aplikasi dan memberikan izin akses, maka Anda bisa melihat semua pesan yang masuk ke Whatsapp Anda. Hal ini pun tak terkecuali untuk pesan yang telah dihapus oleh si pengirim. Meski di aplikasi Whatsapp pesan tersebut masih berbunyi ‘Pesan ini telah dihapus’, namun Anda bisa mengintip isinya lewat rekaman history di aplikasi chat history.

Demikianlah penjabaran trik melihat pesan Whatsapp yang telah dihapus. Perlu diingat bahwa untuk cara yang pertama, Ia umumnya berhasil dilakukan pada ponsel berbasis Android. Sehingga, cara yang pertama belum tentu bisa berhasil pada ponsel dengan sistem operasi yang berbeda. Semoga cara ini bermanfaat dan Anda bisa menyebarkan informasi ini pada pengguna Whatsapp yang lainnya. 
Previous Post Next Post

News Feed