Fintech dan Perbankan Saling Melengkapi


Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia atau AFPI menilai kehadiran "financial technology" atau fintech tidak akan mengurangi lapangan pekerjaan di sektor perbankan karena kedua entitas tersebut bisa bekerja sama untuk saling melengkapi.

"Saya rasa tidak (mengurangi lapangan pekerjaan perbankan), mungkin saling melengkapi. Jadi kalau kita melihat beberapa fintech sudah melakukan kolaborasi dengan bank, termasuk Investree juga sudah berkolaborasi dengan beberapa bank. Saya rasa arahnya lebih ke kolaborasi," kata Ketua Umum AFPI Adrian Gunadi via telepon di Jakarta, Selasa. Jakarta, 28/11 (Antara)

Dia menjelaskan bahwa banyak bank yang antusias melakukan kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan fintech.

Selain itu, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan atau POJK Nomor 12 menjadi dasar dari langkah kolaborasi kedua entitas bisnis tersebut.

"Menurut saya di Indonesia lebih ke arah kolaborasi, karena saling membutuhkan. Bank membutuhkan fintech karena teknologi yang lebih inovatif, cepat adaptif, dan konsumer sentris. Di satu sisi fintech juga melihat bank karena memiliki brand dan basis konsumen yang belum seluruhnya tersentuh oleh perbankan itu sendiri," tutur Adrian yang juga merupakan co-founder sekaligus CEO (Chief Executive Officer) perusahaan fintech Investree.

Dia memandang kolaborasi antara bank dengan fintech merupakan hal yang tepat, mengingat jika bank ingin membuat fintech-nya sendiri apakah organisasi mereka memiliki kesiapan bergerak seperti perusahaan fintech. Selain itu belum tentu semua bank mau terbuka dan saling bertukar data seperti perusahaan fintech yang bisa saling bertukar data.

Sebelumnya dalam kabar yang dilansir Antaranews pada Senin (19/11), Guru Besar Fakultas Ekonomi UI Rhenald Kasali memproyeksikan ketersediaan lapangan pekerjaan di sektor keuangan seperti perbankan akan berkurang seiring mulai menjamurnya pelayanan jasa keuangan berbasis teknologi (financial technology/fintech) di Indonesia.

"Dalam jangka pendek, fintech akan naik, sampai nanti mulai optimal, kemudian lapangan kerja di bank akan mulai berkurang," katanya. (KR-AJI) Baca juga: Ekonom: Fintech kurangi ketersediaan lapangan pekerjaan perbankan Baca juga: OJK: bank harus lengkapi bisnis dengan fintech Baca juga: Bappenas: Fintech bisa bersinergi dengan perbankan syariah (KR-AJI).
Previous Post Next Post

News Feed