3 Kelebihan Kalimantan Timur Dijadikan Ibu Kota Indonesia

Kalimantan

Rencana pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Kalimantan akan segera direalisasikan. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kondisi infrastruktur di Kalimantan Timur (Kaltim) cocok untuk menjadi calon Pusat Kota. Menurut mantan Wali Kota Solo nama Kalimantan Timur sudah muncul dalam studi sekitar 1,5 tahun. Apa alasan Jokowi menilai Kaltim cocok menjadi ibu kota?

Alasan Kaltim Jadi Ibu Kota Negara


1. Infrastruktur

Presiden RI terpilih periode 2019-2024 mengatakan, Kalimantan Timur memiliki infrastruktur lengkap, mulai dari bandara internasional, pelabuhan laut, hingga tol.

“Akan menghemat banyak biaya,” kata Jokowi di kawasan Bukit Soeharto di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa, 7 Mei 2019. Tapi harus dikaji aspek lainnya, seperti sosiologis dan sosiopolitik yang perlu dipertajam.

“Urusan lingkungan, pemenuhan kebutuhan air seperti apa, juga dari sisi kebencanaan seperti apa, entah banjir, gempa bumi atau lainnya,” kata mantan Gubernur DKI.

2. Fasilitas

Selain infrastruktur, fasilitas juga sudah lengkap demi mendukung Kalimantan Timur menjadi Ibu Kota. Misalnya, Balikpapan dan Samarinda yang sudah mempunyai bandara. Jokowi mengatakan, semua masih dikalkulasi atau dihitung. Di samping itu, kawasan ini berada tengah lintasan Tol Samarinda-Balikpapan.

“Saya bicara apa adanya bahwa fasilitas yang ada di Kaltim sangat mendukung, terutama airport, jalan tol sudah ada, tahun ini tol sudah jadi,” ujarnya.

3. Tidak Berada di Pusat Ekonomi dan Bisnis

Jokowi mengatakan, Indonesia ingin memiliki pusat pemerintahan yang terpisah dengan pusat ekonomi, bisnis, perdagangan, dan jasa. Berdasarkan kondisi di lapangan, menurut dia akan ada tim untuk mengkaji lebih mendalam.

“Harus sangat terencana dan matang sehingga saat memutuskan betul-betul benar,” kata dia. Jika kajian sudah final pemerintah akan menyampaikan kepada masyarakat.

“Jika sudah ada kajian semua, termasuk sisi anggaran sesuai dengan kemarin yang disampaikan Menkeu agar tidak membebani APBN, akan disampaikan,” ujarnya.



Previous Post Next Post

News Feed