Pasukan Khusus Paling Mematikan

Kopassus, salah satu pasukan khusus paling mematikan di dunia. Foto: Alinea

Pasukan khusus atau pasukan operasi khusus merupakan satuan unit militer yang dibentuk dan dilatih untuk melakukan misi  perang non-konvensional, anti-teroris, pengintaian, aksi langsung, dan pertahanan luar negeri. Kelompok khusus ini biasanya terdiri dari kelompok kecil yang terlatih  dan dipersenjatai dengan senjata khusus serta bekerja secara mandiri, siluman dengan kecepatan tinggi, dan dengan kerja sama yang dekat.

Pasukan operasi khusus tersebut sering diberi tugas melatih satuan militer luar negeri, jadi dibutuhkan juga keahlian budaya dan bahasa. Seleksi masuknya pun sangat sulit dan biasanya pelatihan yang diberikan lebih dari dua tahun.  Anggota unit khusus ini direkrut melalui proses seleksi ketat dan serangkaian pelatihan berat di luar kemampuan pasukan militer standar. Berikut satuan operasi khusus paling mematikan di dunia.


1.    Alpha Group


Kelompok ini dibentuk oleh KGB di tahun1974, Alpha Group terkenal sebagai unit elit antiterorisme. Grup tersebut adalah satuan tugas khusus anti-terorisme dari Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB).Operasi yang paling dikenal yakni krisis penyelamatan sandera sekolah Beslan tahun 2004, di mana 1.200 sandera ditahan oleh separatis Chechnya. Satuan ini  berhasil membunuh 31 teroris.


2.    Kaibiles


Didirikan pada tahun 1975, pasukan komando kontra revolusioner Guatemala, Kaibiles, ialah pasukan khusus yang tidak kenal takut yang ahli dalam peperangan hutan dan operasi
penumpas pemberontakan. Moto yang dipegang kuat adalah ‘Jika saya maju, ikuti saya. Jika saya berhenti, desak saya. Jika saya mundur, bunuh saya.’ Operasi paling terkenal adalah delapan personel Kaibiles tewas dan lima orang lainnya luka-luka dalam serangan di Kongo sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian PBB. Para prajurit yang tewas adalah bagian dari operasi yang gagal untuk menangkap wakil komandan Pasukan Perlawanan Tuhan (LRA) Uganda.

3.    US Naavy Seal


The United States Navy Sea, Air and Land (SEAL) dibentuk tahun pada 1962. Kelompok ini  terkenal karena kemampuannya untuk bertugas di bawah air dan menangani pengintaian khusus, penanggulangan terorisme, penyelamatan sandera, dan perang non-konvensional. Navy SEAL telah melewati pelatihan bertahun-tahun dan terutama pasca serangan 9 November bertahan dengan tempo operasi yang luar biasa. Operasi terkenal adalah tim yang diotorisasi oleh mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama berhasil membunuh Osama bin Laden di markasnya di Pakistan. Tiga personel Navy SEAL juga telah menewaskan tiga perompak Somalia ketika mereka menyandera seorang kapten.

4.    Shayetet 13


Sayeret 13 adalah pasukan pertahanan Israel yang ahli dalam senjata kecil, seni bela diri, dan mengumpulkan intelijen jauh di belakang garis depan musuh. Para calon anggota akan menjalani latihan keras, terus-menerus diawasi oleh dokter dan psikolog karena hanya yang terkuat yang bisa terdaftar menjadi personel pasukan. Operasi yang terkenal adalah Operasi Entebbe, misi penyelamatan sandera yang ditahan di Air France penerbangan 139 di Bandara Entebbe Uganda tahun 1976. Seorang tentara Israel, 45 tentara Uganda, enam pembajak, dan tiga sandera tewas dalam operasi itu dan berhasil membebaskan 100 orang.

5.    SSG


Pasukan khusus Pakistan ini adalah salah satu yang terbaik di dunia. Special Service Group (SSG) melakukan operasi tempur yang dipersenjatai dengan serius, meluncurkan peperangan non-konvensional, sabotase, pengumpulan intelijen, pertempuran jarak dekat, dan spionase. Untuk menjadi bagian dari pasukan, seseorang harus menyelesaikan beberapa pelatihan, termasuk berbaris sejauh 36 mil dalam 12 jam dan berlari sejauh 5 mil dalam 50 menit dengan membawa perlengkapan penuh. Operasi terkenal adalah pada  tahun 1994 para pembajak Afghanistan mengendalikan  bus sekolah yang penuh dengan 74 anak-anak dan delapan guru. Dengan negosiasi yang tidak mengarah ke mana-mana, komando SSG menggunakan ledakan sebagai pengalih perhatian, kemudian membunuh ketiga pembajak.

6.    Eko Cobra


EKO Cobra merupakan unit anti-terorisme teratas Austria beranggotakan 200 pria. Kemampuannya adalah memanjat dan keahlian di lapangan. Operasi terkenalnya adalah di tahun 1996 empat personel Cobra berada di atas pesawat Aeroflot Tupolev 154 untuk mengawal tahanan yang dideportasi ke Lagos, Nigeria. EKO Cobra merupakan satu-satunya unit yang berhasil mengakhiri pembajakan pesawat sementara pesawat masih melayang di udara.

7.    SASR


Special Air Service Regiment adalah pasukan khusus angkatan darat Australia yang dikenal sebagai SAS. SAS berspesialisasi dalam kontra-terorisme, pengawasan dan pengintaian, serta berbagai operasi penyerangan lainnya. Operasi terkenalnya adalah personel SAS Mark Donaldson dan Ben Roberts-Smith dianugerahi penghargaan Victoria Cross for Australia atas tindakan gagah berani yang dilakukan saat bertugas di Afghanistan.

8.    SAS


British Special Air Service adalah rekan infanteri dari Special Boat Service. Lambang SAS menunjukkan semboyan ‘Siapa yang berani akan berjaya.’ Kelompok ini dapat dapat bertahan lama saat berada di pegunungan, hutan, gurun, dan lingkungan kota serta mahir mendulang keuntungan dengan menulis buku laris setelah pensiun. Operasinya adalah mengakhiri krisis sandera tahun 1980 di kedutaan Iran di London. Pasukan SAS membunuh lima orang dari enam penyandera, dan menyelamatkan 19 sandera.

9.    Kopassus


Kopassus, singkatan dari Komando Pasukan Khusus, dibentuk sebagai pasukan khusus Indonesia tahun 1952. Operasi terkenal adalah tahun 1981 dimana kelompok ekstremis Islam membajak pesawat Garuda penerbangan 206. Tugas utama Kopassus adalah melakukan misi operasi khusus untuk pemerintah Indonesia, seperti aksi langsung, perang tidak konvensional, sabotase, kontra-pemberontakan, anti-terorisme, pengumpulan intelijen dan pengintaian khusus (SR).
Pena Digital

Pena Digital, akun blogger digunakan untuk mengelola beberapa blog, sajikan konten menarik yang kekinian, sebagian tayang di Benhil dan seoTama dengan informasi yang bernas dan mencerahkan.

Previous Post Next Post

News Feed