728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Makna Tersembunyi dari Logo

Arti Logo

Logo merupakan gambar atau sketsa dengan arti tertentu dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, serta hal lainnya yang membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Tanda ini harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri.

Biasanya dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut. Bebeeapa yang unsur yang harus dipenuhi adalah kesatuan (berhubungan), Dominasi (daya tarik), Irama (berkesinambungan), Proporsi (enak dipandang), dam Keseimbangan (sama). Sketsa yang baik akan membuat satu produk dan perusahaan mudah dikenal dikalangan masyarakat..  Pembuatannya harus yang mudah diingat dan berkesan bagi pelanggan. Berikut disajikan beberapa logo yang memiliki arti tersembunyi:

  • McD


Hufuf M emas  yang melengkung memiliki makna yang sama dengan teori psikologi Freudian. Huruf ini melambangkan sepasang payudara ibu, asal asupan makanan pertama yamg didapatkan setiap manusia. Hal ini diketahui pada 1960, dimana pada saat itu perusahaan ini melakukan perubahan desain. Logo ini bukan hanya sebagai identitas merek tetapi memainkan pernan dalam menarik pelanggan. Bahkan anak-anak bisa mengenali merek McD sebelum mereka mengingat namanya sendiri.

  • Toyota


Toyota merupakan Toyota, produsen mobil terbesar di dunia dan memiliki logo yang paling dikenal. Toyota memiliki logo yang menampilkan gambar almond dengan lingkaran cahaya. Seketsa ini diluncurkan 1990. Menurut perusahan itu , tiga elips yang terdapat di logo itu melambangkan penyatuan hati dari para pelanggan dan juga merupaka jantung produk tersebut. Selain itu, tanda itu di buat bertujuan untuk kemajuan dari merek teknologi itu sendiri dan peluang tanpa batas di masa depan. Selain pendapat diatas ada juga yang mengatakan bahwa  logo tersebut merupakan gambar jarum dengan benang yang melewatinya, dimana hal ini berarti  petunjuk pada masa lalu perusahaan yang digunakan untuk memproduksi mesin tenun. Dan terakhir ada yang mengatakan bahwa terdapat huruf dari nama perusahaan tersebut yang diuraikan dari bagian individu logo itu sendiri.

  • Starbucks


Starbucks merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri kopi dari Amerika dan berkantor pusat di Seattle, Washington. Merek ini masih populer dan menjadi kedai kopi terbesar di dunia dengan 20.336 kedai di 61 negara. Berdiri pada 1971 di Seattle oleh Jerry Baldwin,  Zev Siegl, dan Gordon Bowker. Logonya bergambar‘putri duyung’ berekor ganda, atau siren, seperti yang ada dalam mitologi Yunani. Tanda ini bermakna ‘spirit of Seattle’ dimana pada 70-anSeattle kota yang terkenal dengan kelauatannya. Siren melambangkan karakter putri duyung di mitologi Yunani yang memiliki 2 sisi berbeda. Pada zaman dulu banyak pelaut yang terpesona dengan kecantikan Siren, tapi kemudian ternyata si putri membawa bencana  bagi pelaut dengan nyanyian merdunya yang akhirnya membuat kapalnya menghempas batu karang di laut. Sama halnya dengan kopi yang akan membuat banyak orang terlena bahkan tidak sadar menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk secangkir kopi.

  • Amazon


Logo ini memiliki filosofi tersendiri. Panah orange yang terdapat pada bagian bawah mirip dengan bentuk senyum yang menggambarkan bahwa perusahaan tersebut ingin pelanggan merasa puas. Panah tersebut juga membentang antara huruf ‘A’ dan ‘Z’ yang melambangkan bahwa perusahaan ini menjual berbagai macam produk dari huruf A dan Z. Makna logo yang sangat dipikirkan dengan baik saat pembuatannya.

  • Toblerone


Perusahaan yang berbasis di Bern, Swiss ini memasukkan sketsa beruang karena daerah Bern disebut kota beruang. Arti logo pada perusahaan ini diidentikkan dengan daerah perusahaan tersebut didirkan.
Makna Tersembunyi dari Logo
  • Title : Makna Tersembunyi dari Logo
  • Posted by :
  • Date : 8:45 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Makna Tersembunyi dari Logo Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top