Cara Menambah Viewer dan Subscriber YouTube dengan Mudah dan Aman

YouTube

Sebagai pemilik salah satu channel YouTube, atau berencana membangunnya, tentu Anda perlu mengetahui beberapa cara menambah viewer YouTube ini. Kenapa? Tentu saja Anda tidak mau kerja keras membuat video percuma begitu saja hanya karena jumlah viewer yang sedikit.

Tak hanya itu saja. Jumlah viewer yang sedikit juga tidak mengundang para advertiser untuk beriklan pada channel Anda. Membuat channel YouTube tidak bisa menghasilkan apapun. Jika tidak ingin hal itu terjadi, baca terus artikel ini hingga selesai. Terutama content creator yang sudah berkarya, namun minim views dan subs.

Artikel ini disajikan oleh RAJASEO, digital marketing agency dan penyedia layanan SEO website dan penggiat SEO channel YouTube di Jakarta, terutama channel bisnis atau kanal resmi milik perusahaan maupun brand. Untuk lakukan promosi usaha hingga mengundang member lakukan register dan top-up pada situs bisnis miliknya.

15 Cara Tepat Menambah Viewer YouTube


Ada banyak cara meningkatkan jumlah viewer YouTube yang bisa diterapkan pada channel Anda. Agar channel YouTube bisa bertambah secara signifikan dalam waktu yang singkat, berikut beberapa tick atau kiat yang bisa Anda lakukan :

1. Fokus pada Satu Kata Kunci

Setiap audiens yang datang pada YouTube Anda melalui mesin pencarian, mereka selalu mengetikkan kata kunci atau keyword terlebih dahulu. Inilah alasan mengapa Anda perlu fokus pada satu kata kunci tertentu. Lakukan itu pada beberapa video yang berbeda, agar setiap video memiliki kesempatan yang sama, ditonton pengguna YouTube. 

Temukan keyword paling tepat untuk video YouTube Anda. Gunakan tools, jangan asal main tebak. Caranya adalah mencari kata kunci menggunakan keyword tool keywordtool.io. Keyword tool ini akan membantu menemukan kata kunci paling tepat agar audiens mudah menemukan video maupun channel YouTube Anda.

2. Membuat Konten yang Menarik

Setelah menemukan kata kunci yang tepat, Anda harus bisa membuat konten yang menarik. Tentu saja berbentuk video yang relevan dengan tema channel YouTube Anda.

Konten video yang menarik tidak hanya akan banyak ditonton orang. Tapi juga akan mendapat banyak apresiasi. Mulai dari like, komen (comment), subscribe, hingga potensi share di sosial media, termasuk WhatsApp. Sehingga akan semakin besar peluang munculnya video pada beranda di urutan pertama.

Konten tidak hanya menarik secara visual. Tapi juga mampu memberikan nilai tambah bagi viewer. Membuat mereka merasa mendapat tambahan ilmu atau pengetahuan maupun update informasi teranyar setelah menonton video tersebut.

3. Aktif Berinteraksi dengan Audiens

Cara menambah viewer YouTube selanjutnya adalah dengan rajin berinteraksi dengan audiens Anda. YouTube adalah platform komunitas, sebaiknya balas setiap komentar yang masuk. Karena saat Anda membalas komentar, viewers atau visitors akan secara tidak langsung berpikir kalau pemilik channel sangat menghargai mereka. Sesekali kunjungi channel mereka dan tinggalkan jejak di sana.

Kadang memang melelahkan jika harus membalas satu per satu. Tapi cobalah untuk tidak melewatkan itu. Ketika viewers merasa kalau pemilik channel menghargai mereka, maka mereka akan menekan tombol subscribe dan menyarankan temannya untuk melakukan hal yang sama. Berpetensi juga mereka akan datang lagi dan nonton konten terbaru. Inilah yang membuat makin banyak pengunjung membanjiri channel YouTube Anda.

4. Konsisten dengan Ciri Khas Channel Anda

Setiap channel memiliki ciri khas yang berbeda. Seperti tema video, pencahayaan, warna, grafis, dan lainnya. Selain membedakan dari channel YouTube lainnya, ciri khas atau value added ini juga yang akan memudahkan audiens untuk mengingat channel YouTube Anda. Bangunlah channel dengan karakter tersendiri. Lebih kreatif, jangan hanya bisa niru dan contek karya orang lain.

Tetap konsisten dengan ciri khas tersebut. Dengan sikap konsisten inilah Anda bisa membangun citra dan mengembangkan brand. Apalagi jika channel YouTube tersebut menjadi sarana marketing suatu produk. Membutuhkan sikap konsisten yang tinggi agar audiens bisa mengenal brand lebih baik. Lakukan edukasi, itu menjadi alasan kuat, kenapa mereka harus subs dan melihat video sampai habis (Watch time)

5. Menggunakan Custom Thumbnail

Setiap memposting video, Anda jangan hanya memperhatikan dan mengoptimasi judulnya saja. Tapi thumbnail juga. Kenapa? Karena viewer pertama kali akan melihat thumbnail. Inilah alasan mengapa Anda juga harus mengoptimasinya dengan sebaik mungkin.

Ada banyak cara optimasi thumbnail yang bisa Anda lakukan. Namun pastikan menggunakan fitur thumbnail custom. Karena 90% penonton lebih menyukai thumbnail custom ketika mereka akan menonton video pada YouTube. Thumbnail yang baik menjadi trigger yang kuat agar video diklik, baik itu pada platform YouTube sendiri, termasuk di medsos hingga video yang tampil pada laman pencarian Google.

6. Melakukan Optimasi Judul

Banyak YouTuber sukses yang memberikan tips cara menambah viewer YouTube dengan mengoptimasi judulnya. Karena judul yang menarik mampu menjadi umpan yang akan menarik audiens untuk mengunjungi channel Anda.

Carilah judul yang paling menarik dan relevan dengan video yang Anda buat. Hindari penggunaan kata-kata clickbait atau miss leading yang bisa membuat penonton kecewa.

Karena sekalinya mereka kecewa karena merasa kena prank, maka jangan harap akan kembali lagi ke channel Anda. Karena mereka akan mengira semua konten video yang ada tidak seindah judulnya. Jika dia adalah subscriber, potensi unsubscibe akan terjadi.

7. Menulis Deskripsi dengan Tepat

Judul belum bisa memberi gambaran tentang isi video secara keseluruhan. Inilah alasan mengapa Anda perlu menuliskan deskripsi video secara lengkap dan tepat. Tujuannya adalah untuk membantu audiens memastikan bahwa video tersebut memang seperti yang mereka harapkan. Selain itu, membantu YouTube dan Google memahami video Anda tentang apa, hal ini berpotensi video tersebut direkomendasikan pada penonton video sejenis (Suggested Video).

Tulis deskripsi semenarik mungkin. Agar viewer semakin tertarik karena video yang Anda sajikan memang benar-benar seperti yang mereka inginkan. Termasuk pilhan hashtag yang tepat, perhatikan jumlahnya jangan berlebihan.

8. Menggunakan Formula MVC pada Tag Video

Bicara masalah SEO YouTube, seorang YouTuber tidak boleh melewatkan tag video. Karena fungsinya sangat penting jika Anda menerapkan SEO untuk YouTube. Tag akan membantu algoritma YouTube memahami tentang tema video dan meningkatkan ranking video Anda. Selain pengelompokan video dengan tema yang sama.

Pemilik channel bisa menggunakan tag YouTube sebagai salah satu cara menambah viewer YouTube. Caranya adalah dengan menggunakan rumus MVC. Yaitu main keyboard, variation dan category. Gunakan ketiga rumus ini agar optimasi lebih mudah.

9. Menggunakan Playlist Video

Jika Anda tidak menginginkan penonton pindah ke channel lainnya, cobalah menggunakan playlist video. Playlist ini akan memberi rasa penasaran sekaligus membantu penonton untuk melihat video selanjutnya setelah menyelesaikan menonton satu video.

Gunakan playlist video dan kelompokan video sejenis dengan tepat, serta optimasi dengan baik (SEO). Agar playlist bangkan vierpotensi diekspolarasi pengguna internet yang bisa menambah views dengan cepat. Playlist yang baik dan tepat, mampu membuat penonton lebih tertarik lagi untuk mengeksplorasi seluruh channel YouTube yang Anda miliki.

10. Gunakan Cards dan Endscreens Untuk Menggiring Traffic

Selain menggunakan playlist, Anda juga bisa menggunakan cards dan end screens sebagai cara menambah viewer YouTube. Karena cara ini juga akan menarik viewers untuk melihat video Anda lebih banyak lagi.

Cards merupakan fitur yang menampilkan list video lainnya. Terletak pada pojok kanan atas yang mudah untuk meng-kliknya namun tidak menghalangi video yang sedang berjalan. Biasanya cards ada ketika video akan berakhir. Agar penonton tertarik untuk mengunjungi video yang muncul pada cards tersebut.

Berbeda dengan endscreens. Endscreens merupakan fitur yang memungkinkan untuk menampilkan link website, channel dan thumbnail video lain pada akhir video. Sehingga mampu meningkatkan jumlah viewer.

11. Membagikan Video di Media Sosial

Perlu Anda ketahui bahwa cara mendapatkan traffic tidak hanya dari search engine saja. Tapi juga bisa dari sosial media. Terutama bagi Anda yang memiliki banyak followers di media sosial. Bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan jumlah traffic dan viewer YouTube.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membagikan channel YouTube di sosial media. Tidak seluruh video bisa Anda bagikan secara utuh karena keterbatasan waktu. Anda bisa membagikan cuplikan atau teaser video. Lalu sisipkan link video lengkap dengan deskripsinya.

Tidak hanya satu media sosial saja. Tapi semua sosial media yang Anda miliki. Tujuannya adalah agar lebih banyak lagi audiens yang bisa melihat cuplikan dan link video YouTube tersebut.

12. Featured Channels

Upayakan channel Anda bisa tampil sebagai featured channels pada channel milik orang lain yang telah memilik jumlah subscribers yang jauh lebih besar.

13. Pantau Channel Alaytics pada YouTube Studio

Amati insight pada dashbord ini, pelajari sumber kunjungan dan lakukan improvment, pada video berikutnya.

14. Hindari Subs4Subs

Trick yang sering dilakukan pemula, karena kurang paham adalah Subs4Subs. Cara ini sangat tidak baik, karena tindakan yang dilakukan adalah fake subscibers, pesertanya hanya cenderung mengejar itu untuk syarat monet 1000 subs dan 4000 jam watch time. Setelah monet, channel dengan kualitas minim, akan mati suri. Selain itu, ada juga pedagang subscribers, seseorang memiliki banyak akun dan menjual jasa subs dan jasa tingkatkan views.

15. YouTube SEO

Cara yang paling ampuh, lakukan SEO (Search Engine Optimization) dengan tepat. Mereka yang paham dengan hali ini, semua trick di atas pasti dijalankan dengan baik, dan banyak lagi rahasia yang tidak mudah dipahami oleh awam. Termasuk oleh content creator yang focus berkarya.

Jalan keluarnya, pelajari dengan baik dari sumber yang tepat, atau bekerjasama dengan seseorang yang memahaminya dengan baik untuk sama-sama membangun channel.

Kalau Anda adalah pemilik bisnis dan mengharapkan channel bisa dijalankan dengan baik sebagai bagian dari digital marketing (video marketing) untuk branding, hingga peningkatan jumlah leads (prospek), ada baiknya Anda menggunakan jasa SEO YouTube profesional, salah satu yang terbaik di Indonesia adalah RAJASEO.

Nah, itulah 15 cara menambah viewer YouTube yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda juga rajin mengupdate konten agar viewers dan subscribers tidak merasa bosan dan selalu menantikan video-video kreatif dari channel YouTube Anda.


Optimizer

Pemilik beberapa blog yang dikelola dengan baik oleh Internet marketer, konsultan internet marketing dan professional photographer di Jakarta, pendiri digital agency dengan layanan jasa pemasaran online dengan berbagai konsep terbaru, seiring dengan perkembangan teknologi internet diantaranya penyedia layanan jasa SEO (Seach Engine Optimization)

Post a Comment

Previous Post Next Post