Layanan Cyber PR oleh SEO Agency Indonesia

Cyber PR

Public relationship atau yang terkenal dengan istilah PR merupakan aktifitas kehumasan yang telah lama ada. Seiring berjalannya waktu PR bergeser menjadi Cyber PR atau cyber public relationship. Fungsinya sama. Hanya medianya saja yang berbeda. Karena cyber public relationship menggunakan media digital atau internet.

Berkembangnya dunia digital membuat ruang temu banyak orang seperti berpindah pada internet. Dengan menggunakan berbagai platform, aplikasi atau media daring yang sesuai kebutuhan. Selain menghemat waktu, meeting menggunakan internet juga lebih efektif dan bisa dikelola agar lebih tepat sasaran, serta terukur.

Pengertian Cyber Public Relation

Dari pemaparan di atas, lalu apa sebenarnya cyber PR ini? Secara sederhana, cyber public relationship merupakan serangkaian aktifitas kehumasan baik pada bisnis atau organisasi non profit dengan one to one communication dan interaktif. Tujuannya adalah untuk meningkatkan branding, kepercayaan publik, citra organisasi atau perusahaan dengan menggunakan media internet.

Dari pengertian ini jelas terlihat bahwa menerapkan ilmu cyber public relationship hanya bisa lewat daring. Ilmu ini menjadi penting mengingat oneline exposure memiliki konsep dan tatanan yang sangat berbeda ketimbang di luar jaringan.

Fungsi Cyber PR


Cyber PR memiliki fungsi untuk berbagai keperluan komunikasi daring, antara lain:

1. Membuat Berita

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari cyber public relationship adalah membuat berita. Berbeda dengan menggunakan media televisi atau koran, berita dengan media internet jauh lebih efektif. Karena bisa membukanya dimanapun dan kapanpun . Terutama bagi para pengguna perangkat mobile.

Cyber public relationship bisa menggunakan media website atau blog pribadi untuk meluncurkan berita pada koran daring. Perusahaan yang bergerak pada media informasi bisa membuat artikel, berita dan menyampaikannya dengan lebih mudah dan murah menggunakan website atau blog.

Siapapun yang ingin memuat beritanya di media daring, bisa mengirimkannya menggunakan email, WhatsApp, telegram atau aplikasi lainnya. Termasuk instansi pemerintah atau swasta.

Cara ini jauh lebih efektif daripada harus datang langsung ke kantor berita. Anda cukup duduk di depan komputer, laptop, atau gadget menulis berita. Lalu mengirimkannya pada media agar bisa dimuat.

2. Melakukan Publikasi

Selain menggunakan cyber public relationship untuk melakukan publikasi. Instansi pemerintah sering melakukan cara ini untuk sosialisasi program tertentu. Misalnya sosialisasi penerapan protokol kesehatan untuk menanggulangi wabah penyakit.

Pemerintah melalui official website resminya memberikan sosialisasi penerapan protokol kesehatan di ruang publik. Dengan menggunakan artikel, video iklan masyarakat atau ilustrasi lainnya. Cara ini lebih efektif karena langsung sampai kepada masyarakat melalui jaringan internet.

Atau misal contoh lainnya. Ketika beberapa bank swasta melakukan sosialisasi pentingnya nasabah agar waspada pada kejahatan siber. Lebih memilih menggunakan media daring agar lebih cepat sampai kepada masyarakat. Seperti membuat kampanye di media sosial, website resmi, memasang iklan di channel YouTube, dan lain sebagainya.

Kelebihan Cyber Public Relation

Ketimbang menggunakan metode public relationship secara konvensional atau tatap muka langsung, cyber PR bisa menjadi pilihan sebab memiliki beberapa kelebihan. Antara lain :

1. Real Time

Nyaris semua lapisan masyarakat bisa menjangkau internet lebih mudah dan cepat. Bisa membukanya dimanapun dan kapanpun. Inilah yang menyebabkan cyber public relationship lebih untuk menyampaikan berita lebih cepat. Atau bahkan bisa secara real time atau siaran langsung.

Profesional PR bisa menggunakan berbagai media yang bisa menayangkan press release secara streaming. Seperti channel YouTube, siaran langsung pada fitur facebook, atau platform lainnya.

2. Komunikasi yang Konstan


Bayangkan jika Anda harus menyewa sekretaris yang bisa bekerja 24 jam, 7 hari seminggu dan menguasai semua bahasa di dunia. Berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk membayarnya. Tentu sangat mahal, bukan?

Tapi dengan cyber public relationship, Anda hanya mengeluarkan ratusan ribu saja per bulan. Jelas ini bisa menjadi sarana komunikasi yang konstan sekaligus lebih hemat. Karena cyber public relationship bisa melakukan itu.

3. Lebih Interaktif


Meski menggunakan media daring, cyber public relationship tetap bisa interaktif. Anda bisa langsung berkomunikasi dengan audiens secara real time. Seperti menyapa mereka pada kolom komentar website, media sosial, ataupun YouTube serta Google Business (Google Map)

Berbeda jika Anda menggunakan media televisi atau koran. Akan sulit bagi audiens untuk melakukan interaksi dengan Anda. Seperti memberikan sanggahan, persetujuan, kritik, saran, dan bentuk interaksi lainnya.

4. Tidak Ada Batasan


Selama mesin pencarian masih bisa mengindeksnya, Anda bisa menyampaikan informasi tanpa batas. Siapapun bisa mengaksesnya meski berada di luar kota, pulau, bahkan negara.

Internet memberi ruang tanpa batas pada siapapun. Inilah yang menjadikan cyber public relationship lebih banyak menjadi pilihan jika ingin menyebar berita secara massif.

5. Multimedia

Bagi Anda yang memerlukan banyak media untuk kampanye iklan atau sosialisasi program tertentu, jangan ragu untuk menggunakan cyber public relationship. Karena bisa menggabungkan semua media sekaligus. Inilah yang biasa disebut dengan multimedia.

Mulai dari menggabungkan gambar dengan tulisan, tulisan dengan video, tulisan dengan audio, bahkan semuanya. Apalagi kalau Anda memiliki kemampuan desain yang baik. Semua ini bisa Anda kerjakan sendiri dengan berbagai tool atau software gratisan. Lebih menarik namun tetap hemat budget.

6. Ekonomis

Bayangkan jika Anda memasang iklan di televisi, koran, majalah luar negeri, ataupun Billboard di negara tetangga hanya untuk menjangkau audiens dunia. Berapa banyak biaya ikan yang harus Anda keluarkan. Tidak akan sebanding dengan benefit yang akan Anda dapatkan.

Berbeda jika menggunakan Cyber PR. Dengan biaya yang relatif lebih murah, Anda bisa menjangkau audiens seluruh dunia.

7. Lebih Terukur

Tidak ada parameter yang bisa mengukur keberhasilan kampanye secara offline. Namun dengan menggunakan cyber public relationship, Anda bisa menggunakan berbagai alat Yang untuk melihat berapa banyak orang yang melihatnya. Berapa banyak orang yang tertarik ikut berinteraksi dan lain sebagainya.

Ini jauh lebih efektif untuk mengambil kesimpulan dan keputusan. Apakah akan menggunakan cara yang sama atau tidak. Strategi apa yang selanjutnya bisa digunakan untuk hasil yang lebih baik.

Cyber PR di Indonesia oleh Penggiat SEO

Tertarik menggunakan cyber public relationship, Ada kabar baik. Bagi Anda yang minim pengetahuan dan kemampuan, bisa bekerjasama dengan RAJASEO, SEO agency di Jakarta.

RAJASEO adalah digital marketing dan jasa SEO (Search Engine Optimization) spesialist yang memiliki kemampuan pengerjaan cyber public relationship berbasis SEO. Dapat membantu memetakan platform apa saja yang bisa Anda gunakan untuk proses cyber public relationship pada berbagai medaia daring dan YouTube, mengoptimasinya agar potensi dibaca pengguna internet lebih tinggi, dengan cara menempatkan konten tampil pada laman pertama situs pencari (search engine) terutama Google.

Dengan pengalaman dan jam terbang yang tinggi, RAJASEO akan mengarahkan bisnis atau instansi Anda. Untuk mendapatkan sambutan dan feedback yang baik dari audiens. Proses branding akan lebih mudah, termusuk ketika mengelola konten untuk ORM (Online Reputation Management) seperti yang diulas di Jakarta Daily, bisa dibaca di sini.

Cyber PR bukan hal baru pada dunia digital marketing. Bagi Anda yang belum memanfaatkannya, tidak ada salahnya mulai dari sekarang. Jika pesaing Anda sudah menggunakannya, kenapa harus menunggu nanti?

Optimizer

Pemilik beberapa blog yang dikelola dengan baik oleh Internet marketer, konsultan internet marketing dan professional photographer di Jakarta, pendiri digital agency dengan layanan jasa pemasaran online dengan berbagai konsep terbaru, seiring dengan perkembangan teknologi internet diantaranya penyedia layanan jasa SEO (Seach Engine Optimization)

Post a Comment

Previous Post Next Post