Memahami dengan Mudah Apa Itu Hosting dan Nama Domain

Hosting & Domain

 

Oke pertama  pernah nggak sih kalian tuh menemukan kendala saat mengakses situs atau website ketika ingin mencari informasi atau mencari referensi di website yang kalian tuju,  biasanya salah satu kendala nya adalah ada beberapa perbedaan saat mengakses websitenya. 

Contoh ada salah satu website yang saat diakses itu loadingnya lama bahkan sampai beberapa menit menghabiskan waktu, tentunya ini sangat merugikan ya baik itu dari segi waktu ataupun efisiensi lainnya. Apakah kalian tahu penyebabnya itu apa? Biasanya yang mempengaruhi kinerja atau kecepatan akses menuju website tersebut adalah server atau network yang disediakan. 

Semakin baik server dan Network yang disediakan oleh penyedia hosting semakin cepat pula akses user untuk menuju ke website tersebut.

Nah sekarang kalian sudah cukup paham kan tentang apa itu server dan kegunaan Network dalam menunjang website kalian, Jadi pengertian hosting adalah tempat penyimpanan file website Anda di server, sehingga nanti website ankalian bisa diakses secara online dari berbagai media ataupun perangkat menggunakan akses jaringan internet. 

Hosting hanyalah sebagai tempat untuk menyimpan file website yang kalian buat nah biasanya bermacam-macam bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat Website tersebut, setelah file websitenya berhasil dibuat secara offline supaya bisa diakses orang banyak melalui internet maka diperlukan hosting ini untuk mengakses website yang kalian buat sehingga nantinya file html maupun file php yang kalian buat diupload ke dalam server atau biasa juga disebut dengan cPanel untuk menyimpan atau mengupload file website tersebut.

Untuk yang ah selanjutnya adalah  pengertian dari domain, nah domain sendiri merupakan nama atau alamat yang nanti ditujukan untuk mengarahkan ke website Anda itu sendiri, nama ini biasanya bebas tergantung dari tujuan pemiliknya. Contohnya seperti facebook.com atau google.com ataupun alamat yang populer lainnya seperti Wikipedia dan yang lainnya.

Jika diibaratkan di dunia nyata hosting seperti  sebuah tanah atau tempat lahan kosong, dan yang mengisi di atasnya atau yang biasanya bangunan diatas tanah tersebut itu merupakan website. Sedangkan alamat dari bangunan tadi bisa dinamakan dengan sebuah domain, itu kenapa biasanya banyak nama domain yang cukup unik agar mudah diingat dan dipahami oleh orang banyak. 

Untuk memilih nama domain sebaiknya pilihlah nama domain yang tidak terlalu panjang, dan juga sesuaikan ekstensi pada nama domain tersebut yang sesuai dengan tema ataupun isi dari konten yang kalian bahas di website kalian.

Tentunya banyak sekali ekstensi yang bisa kalian pilih dari com net online org dan masih banyak lagi yang lainnya, jika website kalian membahas tentang masalah teknologi sebaiknya kalian pilihlah ekstensi domain atau nama domain yang sesuai dengan tema tersebut bisa menggunakan online ataupun net atau com maupun id serta co.id khusus nama yang disediakan untuk Indonesia, ataupun  bisa kalian custom lagi.

Nah selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara memilih penyedia hosting yang baik dan benar.


Cara Memilih Penyedia Hosting

Kiat penting yang perlu diperhatikan, pertama penyedia hosting harus memiliki layanan support yang standby 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Layanan dukungan pelanggan yang standby selama 24 jam ini bisa diibaratkan sebagai seorang security yang selalu siap sedia menjaga rumah dan bangunan Anda.

Selanjutnya adalah full control access, pastikan Anda memilih penyedia hosting yang memberikan akses kontrol penuh untuk Website tersebut, sehingga nantinya Anda bisa lebih mudah dalam mengelol akun hosting Anda.

Untuk tips selanjutnya pilihlah penyedia hosting yang menyediakan server dan network yang cukup handal dalam menghandle atau menjaga kinerja dari website yang Anda kelola, karena kecepatan akses server merupakan salah satu poin yang penting supaya loading atau waktu jeda masuk ke website anda menjadi lebih cepat dan terhindar dari kendala lainnya. 

Jika diibaratkan  dalam dunia nyata di sini server dan network adalah akses menuju lokasi perumahan Anda. Misalkan banyak lubang atau sering terjadi masalah menuju rumah rumah tersebut.  Entah itu ada lubang atau sering terjadi perbaikan, kesalahan tersebut tentu akan mengganggu akses tamu yang akan datang ke rumah Anda.

Selain faktor-faktor penunjang lain dari penyedia hosting yaitu memberikan jaminan untuk bisa upgrade atau garansi jika ada down server serta lainya.

Dari beberapa tips tersebut diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk kalian memilih penyedia hosting ataupun domain yang bisa dimanfaatkan. Nah sekarang Anda sudah mengerti apa itu hosting dan domain serta bagaimana cara memilih penyedia hosting dengan benar juga, pastikan bahwa Anda tidak salah salah pilihan dalam memilih layanan hosting ataupun domain.

Oke, mungkin sekian dulu pembahasan kita tentang perbedaan antara hosting dan domain selanjutnya kita akan membahas berbagai tema lainnya tentang teknologi ataupun terkait dengan internet Terima kasih sudah membaca artikel ini ya guys, semoga bermanfaat and see u next time. [seoTama]

Previous Post Next Post

News Feed