Zalora Adalah Marketplace Fashion Terbesar

Zalora

 

Belanja baju ingat Zalora. Sepertinya ungkapan ini memang tidak salah. Karena Zalora adalah e-commerce yang khusus menjual barang fashion yang cukup laris di Indonesia. Bahkan di Asia Tenggara.

Kepopuleran marketplace satu ini memang bukan isapan jempol belaka. Dilansir dari katadata.co.id, rata-rata pengunjung website Zalora per akhir kuartal III tahun 2021 mencapai 2,6 juta. Menjadi aplikasi e-commerce fashion yang menduduki peringkat ke-4 di AppStore dan ke-8 di Google Play Store.

  

Lalu bagaimana perjalanan sejarah aplikasi marketplace fashion ini hingga sampai posisi sekarang? Artikel ini akan membahasnya secara lengkap.

Sejarah Zalora Sebagai E-commerce Fashion

Global Fashion Group sebagai induk perusahaan mendirikan Zalora pada tahun 2012. Lebih jelasnya bahwa marketplace fashion ini merupakan anak dari perusahaan situs online Zalando. Yang mana Zalando merupakan proyek dari Rocket Internet. Dengan kata lain Zalora adalah E-commerce milik Rocket internet.

Sama seperti Shopee, kantor pusat Zalora juga ada di Singapura. Lalu berkembang ke beberapa negara lainnya. Seperti Hongkong, Filipina, Thailand, Brunei, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia sendiri. Menjual berbagai barang fashion baik lokal maupun internasional. Seperti baju, tas, sepatu, sandal, dan barang fashion lainnya.

CEO Zalora adalah Gunjan Soni. Sedangkan di Indonesia, pengelolaannya dipegang langsung oleh CEO Zalora Indonesia yang bernama Anthony Fung. Marketplace fashion terbesar ini masuk ke Indonesia di tahun yang sama dengan pendiriannya, tahun 2012. Pendirinya ialah Catherine Sutjahyo.

Menjadi salah satu perusahaan start-up yang cukup sukses, Rocket Internet berhasil menjual saham perdananya di bursa saham, IPO pada tahun 2014. Pencapaian yang luar biasa inilah yang menyebabkan Zalora mampu bersaing dengan pasar e-commerce lainnya di dunia.

Zalora sering menjadi andalan para pecinta fashion. Karena marketplace yang satu ini selalu update dengan perkembangan fashion. Para penggemar busana yang kekinian bisa melihat fashion seperti apa yang sedang in di marketplace ini. Sehingga tidak khawatir tertinggal dengan tren fashion kelas dunia.

Kelebihan Zalora

Sama seperti marketplace berbasis aplikasi internet lainnya, Zalora juga memiliki beberapa kelebihan yang mampu membuat para pecinta fashion memburunya. Seperti:

1.    Tampilan Interface Aplikasi yang Ringan

Salah satu penentu kenaikan traffic dan penjualan pada perusahaan berbasis aplikasi adalah tampilan aplikasi dan website yang mudah dan ringan. Sehingga mempermudah siapapun untuk bisa mengakses, melihat katalog, melakukan transaksi, hingga memilih cara pembayaran.

Ini juga yang menjadi bahan pertimbangan pengelola situs Zalora. Menyediakan tampilan aplikasi dan website yang mudah dan ringan. Navigasi yang rapi memudahkan pembeli untuk menelusuri, menemukan produk yang sesuai, check out, dan membayarnya.

Tak hanya itu saja. Tampilan gambar Zalora telah menggunakan gambar dengan resolusi yang tinggi dan baik. Gambar bisa zoom in beberapa kali lipat sehingga membuat pengunjung bisa melihat tiap detail produk yang ada pada katalog.

2.    Bebas Ongkos Kirim

Salah satu kendala orang malas berbelanja online adalah ongkos kirim yang mahal. Apalagi jika alamat tujuan berada di pedalaman sehingga menyebabkan ongkos kirim yang kadang lebih mahal melampaui harga barangnya.

Merasa demikian? Setelah mengenal Zalora, Anda tidak akan malas berbelanja online karena mahalnya ongkos kirim. Marketplace yang satu ini menyediakan layanan bebas ongkos kirim dengan jumlah pembelian di atas 200 ribu.

Selain itu, ada juga layanan pengembalian produk selama 30 hari setelah barang sampai. Jika barang yang terkirim tidak sesuai dengan spesifikasi. Pembeli bisa menukar barang sesuai harga dan spesifikasi tanpa harus terkena ongkos kirim lagi.

3.    Semua Produknya Original

Zalora adalah marketplace yang menyediakan produk ori. Semua produk fashion yang ada di dalamnya merupakan produk asli dari perusahaan-perusahaan fashion ternama dunia. Seperti Abercrombie & Fitc, Aldo, Banana Republik, Benefit Dan Fransisco, BVLGARI, Cotton:On, dan lain sebagainya.

Selain merk fashion internasional, marketplace ini juga menyediakan fashion dari brand lokal dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk import. Semuanya ORI tanpa ada barang KW.

4.    Terdapat Voucher Belanja

Bagi Anda yang suka berburu barang ORI diskon, tidak ada salahnya berbelanja di Zalora. Kenapa? Karena marketplace fashion terbesar ini memberikan diskon hingga 15% untuk item tertentu. Tentu ini menjadi tawaran yang sangat menggiurkan bagi siapapun. Karena Anda bisa mengoleksi berbagai barang fashion ternama dengan harga yang terjangkau.

5.    Ada Layanan COD

Seperti tidak mau kalah dengan marketplace lain yang gencar memberikan layanan COD, Zalora juga memberikan opsi pembelian secara cash on delivery. Pembeli yang sering merasa khawatir dengan penipuan atau barang palsu bisa menggunakan opsi ini. Anda hanya akan membayar jika barang yang datang sesuai dengan spesifikasi.

Jika ternyata barang tidak sesuai dengan ekspektasi, pembeli bisa menolak membayar paket yang datang. Dengan membuat video unboxing sebagai bukti untuk membuat laporan.

6.    Satu Penjual Untuk Satu Produk

Tak hanya terkenal sebagai marketplace yang menjual barang ORI, Zalora adalah aplikasi semi butik. Artinya apa? Hanya ada satu penjual untuk satu produk. Misalkan Anda akan membeli sebuah tas merk Elizabeth berwarna biru. Maka hanya ada satu penjual di toko Elizabeth. Tidak ada di toko lainnya.

Inilah yang membedakan Zalora dengan marketplace lainnya. Barang yang mereka jual terlihat lebih eksklusif dan tidak murahan. Cocok bagi Anda yang menyukai barang fashion unik dan berkelas dengan harga yang sangat terjangkau, gratis ongkos kirim dan ada potongan harga.

7.    Kredibilitas Terjaga

Salah satu cara menjaga kepercayaan customer adalah dengan melakukan verifikasi toko terlebih dahulu. Hanya toko yang lolos seleksi saja yang bisa bekerjasama dengan Zalora.

Inilah alasan mengapa tidak ada barang KW yang masuk di marketplace ini. Karena hanya outlet resmi saja yang bisa membuka toko di sini. Membuat Zalora terlihat lebih eksklusif. Bukan marketplace pasaran yang menjual barang dengan harga murah.

Kekurangan Yang Dimiliki

Meski terkenal dengan marketplace yang eksklusif dan memiliki kelebihan ketimbang aplikasi belanja lainnya, Zalora masih saja memiliki beberapa kelemahan. Berikut beberapa kelemahan yang banyak pelanggan mengeluhkannya:


1.    Konfirmasi Pembayaran Manual

Zalora adalah salah satu marketplace yang masih menggunakan konfirmasi pembayaran manual. Membutuhkan waktu yang cukup lama saat melakukan konfirmasi. Bahkan hingga memakan waktu berjam-jam.

2.    Waktu Pengiriman yang Lama

Waktu pengiriman barang bisa memakan waktu hingga seminggu lebih. Ini bisa menjadi kendala saat barang tersebut mendesak bagi pelanggan yang butuh segera untuk mengenakannya.  Berbeda dengan marketplace lain yang hanya membutuhkan waktu pengiriman 1 hingga 2 hari aja.

3.    Harga Barang yang Mahal

Marketplace fashion satu ini memang terkenal memiliki produk dengan harga yang mahal. Wajar saja. Karena semua produk yang tersedia adalah barang ORI. Bahkan dengan banyaknya diskon yang bertebaran. Sayangnya, harga yang ada masih menjadi kekurangan Zalora di mata pembeli dengan ekonomi menengah ke bawah.

Voucher Diskon Zalora

Untuk kamu yang ingin belanja dengan potongan harga, bisa langsung klik banner di atas, menuju laman Diskonmu, yang menyediakan potongan harga untuk berbagai brand dan e-Commerce ternama di Indonesia, termasuk voucher diskon untuk Zalora.

Demikian sedikit informasi terkait marketplace fashion berkelas ini. Meski Zalora adalah marketplace yang memiliki banyak kekurangan, namun pembenahan terus-menerus berjalan dari tahun ke tahun. Membuatnya masih tetap mampu bersaing dengan marketplace lain menggunakan berbagai kelebihan mereka miliki.

Post a Comment

Previous Post Next Post

News Feed