Fitur dan Keunggulan Internet Banking Blu BCA

Internet Banking


Bicara digital banking, nasabah BCA mungkin tidak asing lagi dengan Blu BCA. Blue BCA merupakan aplikasi internet banking BCA yang menawarkan cara baru aktifitas perbankan dengan cara digital. Bekerja sama dengan ATM BCA yang memungkinkan pengguna bebas biaya administrasi dan tanpa ketentuan saldo minimal.

Beberapa tahun terakhir banyak bank mulai mencoba digitalisasi. Merambah dari bank konvensional menuju bank digital yang lebih hemat biaya, cepat, tepat, dan efektif. Lalu apa itu bank digital? Apa perbedaannya dengan bank konvensional, dan apa pula kelebihan, kekurangan, dan fitur bisnis dari Blu BCA ini? Kita akan membahas selengkapnya di sini. Boleh juga langsung meluncur ke situs resmi Blu BCA.

 

Mengenal Aplikasi Internet Banking Blu BCA

Sebelum mengenal lebih jauh apa itu Blu BCA, kita akan membahas terlebih dahulu apa yang disebut dengan bank digital. Secara sederhana, yang menjadi definisi bank digital adalah tempat terjadinya aktifitas perbankan yang menggunakan jaringan internet. Lewat aplikasi, website atau platform apapun yang bank sediakan.

Kelebihan bank digital dengan bank konvensional tentu saja pada layanan berbasis internet yang praktis. Karena nasabah tidak perlu datang ke bank atau ATM untuk transaksi atau aktifitas perbankan lainnya. Cukup melakukannya di depan device dengan bantuan jaringan internet, menggunakan digital banking.

BCA terkenal sebagai bank dengan jaringan yang paling luas. Seperti ATM dan kantor cabang yang mudah tersebar di tiap daerah. Meski BCA selalu membuka mata dengan perkembangan teknologi, salah satunya adalah mobile BCA, namun nyatanya BCA sebagai bank konvensional masih melekat hingga sekarang.

Tepat pada November 2019, BCA berhasil mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia sebagai langkah untuk bertransformasi dari bank konvensional menjadi bank digital. Lalu merubah nama Royal Indonesia menjadi BCA digital.

Dengan layanan perbankan yang semuanya menggunakan digital, nasabah tidak perlu datang ke kantor untuk melakukan semua aktifitas perbankan. Cukup menggunakan gadget dan jaringan internet. Nasabah bisa melakukan transaksi dan pembuatan buku rekening dimanapun dan kapanpun dengan aman dan nyaman.

Hingga pada 2 Juli 2021, aplikasi Blu BCA resmi meluncur. Aplikasi ini merupakan manifestasi dari komitmen BCA dalam transformasi menuju era digital sepenuhnya. Bisa dikatakan Blu BCA merupakan internet banking BCA sekaligus digital banking-nya. Dimana pemilik aplikasi ini bisa membuka rekening dan menggunakan fiturnya tanpa harus repot-repot datang ke kantor cabang terdekat.

Para pengguna layanan perbankan menyambut baik kehadiran Blu BCA. Akan tetapi ada juga yang meragukan terkait keamanannya. Lalu apakah fitur Blu BCA aman?

Memang, yang namanya teknologi pasti masih menyisakan celah pada cyber crime untuk masuk. Untuk menjawab pertanyaan apakah Blu BCA aman untuk melakukan transaksi online atau tidak, BCA melakukan beberapa langkah pengamanan berikut ini :

  1. Penggunaan Password. Adanya permintaan password saat akan melakukan transfer atau transaksi finansial lainnya.
  2. Kunci Sidik Jari. Adanya scan sidik jari biometrik pada device yang menggunakan fitur sidik jari. Tapi jika tidak ada, menggunakan PIN sebagai cara untuk login atau membuka aplikasi internet banking BCA ini.
  3. Dalam Pengawasan. Blu BCA, diawasi oleh otoritas jasa keuangan untuk memastikan keamanan layanan yang diberikan.


Fitur Unggulan Aplikasi Blu BCA

Ada banyak fitur dan layanan unggulan yang menjadi andalan Blue BCA, besutan bank swasta berbesar di Indonesia ini, antara lain disajikan di bawah, informasi lebih detail, silahkan langsung meluncur ke situs digital banking Blu BCA, klik banner di atas.
 

  • Terintegrasi dengan Semua Layanan BCA

Meski bisa melakukan semua aktifitas perbankan hanya dengan menggunakan perangkat mobile saja, termasuk saat pembukaan rekening pertama kali, bukan berarti Anda tidak bisa datang ke kantor cabang BCA terdekat. Karena Blu BCA juga terintegrasi dengan BCA.

Integrasi inilah yang membuat nasabah Blu BCA bisa dengan leluasa mengakses kantor cabang dan ATM. Jika sewaktu-waktu ada masalah yang perlu datang ke kantor untuk menyelesaikannya. Memberi jaminan keamanan karena jika nasabah ingin menyampaikan komplain atau pertanyaan bisa terlayani dengan baik.

  • Biaya Administrasi yang Murah

Salah satu alasan kenapa golongan milenial dan pelajar tidak menggunakan rekening BCA adalah karena biaya administrasi yang mahal dan adanya aturan saldo minimal. Tapi ini tidak lagi jika menggunakan Blu BCA. Karena ada beberapa biaya administrasi yang dihilangkan.

Seperti tidak ada biaya administrasi saat pembukaan rekening, gratis biaya bulanan dan saldo awal boleh nol. Selain itu, Blu BCA juga menggratiskan biaya akun dorman saat tidak ada transaksi di bawah 6 bulan sejak pembukaan rekening dan biaya di bawah saldo minimum adalah nol

Bebas biaya administrasi ini sangat tepat jika yang menggunakannya ialah para pelajar, mahasiswa, golongan milenial, atau first time jobber dengan keuangan yang terbatas. Mereka tetap bisa memiliki rekening untuk mengatur keuangannya.

  • 3.    Gratis Biaya Transfer, Top-Up E-Money

Fitur unggulan lain yang menjadi kelebiha aplikasi internet banking BCA teranyar ini adalah gratis biaya transfer dan top up e-money. Fitur ini bisa Anda manfaatkan dalam 2 bulan pertama semenjak pembukaan rekening. Dimana setiap bulan pengguna bisa mendapat kuota 20X gratis biaya admin top up e-money dan transfer.

Tapi bagaimana jika kuota habis? Tenang saja. Karena meski terkena biaya administrasi, namun lebih murah ketimbang bank lainnya. Yaitu hanya Rp 6.500 saja untuk setiap biaya admin. Tidak seperti bank lain dengan besaran biaya administrasi mencapai Rp 7.500.

  • 4.     Pembuatan Rekening Digtal Banking Mudah

Bayangkan jika masih menggunakan cara konvensional saat membuka rekening pertama kali. Bisa memerlukan waktu setengah hari lebih. Mulai dari datang ke kantornya, mengantri, bertemu dengan customer servis, mengisi berbagai dokumen, menyediakan banyak paper work, dan lain sebagainya.

Berbeda jika Anda membuat rekening dengan bank digital menggunakan internet banking BCA Blu BCA ini. Cukup download aplikasi Blu BCA, mengisi email dan nomor ponsel dan berlanjut ke verifikasi dengan menggunakan nomor OTP. Lalu isi data, dan mengambil foto dengan menggunakan foto e-KTP dengan menggunakan aplikasi ini.

Setelah itu, pihak bank akan melakukan konfirmasi dengan menggunakan video call. Memastikan bahwa memang pemilik KTP yang mengajukan pembuatan rekening. Lalu tunggu satu jam. Akan ada notifikasi bahwa pembuatan rekening telah berhasil.

Tidak seperti bank lain yang harus memasukkan sejumlah uang sebagai saldo awal. Karena dengan Blu BCA, Anda bisa membuat rekening meski tidak memiliki saldo awal.

Perbedaan dengan BCA Konvensional

Dari beberapa langkah pembuatan rekening di atas, ada beberapa perbedaan yang membedakannya dengan bank konvensional. Antara lain :

  1. Harus memiliki smartphone dan KTP. Karena ini merupakan device utama yang menjadi sarana untuk membuka rekening. Dengan kata lain smartphone merupakan pengganti buku rekening manual.
  2. Proses bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang ke kantor cabang terdekat.
  3. Tidak perlu tanda tangan basah untuk proses konfirmasi. Karena teknologi digital memungkinkan proses konfirmasi dari jauh dengan menggunakan video call.
  4. Prosesnya sangat singkat. Hanya perlu waktu sekitar 1 jam saja. Tidak seperti bank konvensional yang memerlukan waktu hingga berjam-jam dan harus ambil nomor antrian, bisa memakan waktu setengah hari lebih, dipelesetkan dengan bank capek antri.

Selain BCA, beberapa bank juga sudah merambah ke digital banking yang kekinian ini, diantaranya Bank Mandiri, BRI Internet Banking, termasuk bank swasta lainnya CIMB Niaga Internet Banking, UOB, Internet Banking Sinarmas, Danamon Internet Banking, Panin, HSBC, Permata Internet Banking, Nobu Internet Banking. Termasuk JENIUS besutan Bank Tabungan Pensiun Nasional (PTPN) dan beberapa perbankan daerah, seperti Bank Jateng Internet Banking.

Siapa yang akan unggul pada bisnis perbankan digital ini, tentu saja, fitur yang kekinian serta keunggulan layanan yang akan jadi juaranya. Seperti era m-Banking, BCA terlihat lebih dominan, peluang Blu BCA terbuka lebar untuk itu, nama besar dan pengalamannya sejak zaman SMS Banking, telah teruji. [seoTama]

Post a Comment

Previous Post Next Post

News Feed