Apakah iPhone Bisa Terkena Virus?

iPhone


Dengan banyaknya fungsi andal yang telah ditanamkan Apple pada iPhone-nya selama bertahun-tahun, tidak mengherankan jika banyak pemilik perangkat ini menggunakannya untuk berbagai hal dalam kehidupan mereka seperti untuk bekerja, foto, video, bermain game, dan masih banyak lagi.

Namun, dengan eksposur ke setiap aspek dunia digital, muncul risiko infeksi virus. Dan meskipun penelitian mungkin menunjukkan bahwa iPhone tidak terlalu rentan terhadap serangan siber dibandingkan ponsel Android pada umumnya (sebagian karena ekosistem Apple yang sebagian besar tertutup bagi para pengembangnya), bukan berarti iPhone Anda 100% aman dari penyusupan ancaman keamanan siber.

Jadi, jika iPhone Anda bertingkah aneh atau memuat segala sesuatunya lebih lambat dari biasanya, Anda mungkin perlu memeriksanya untuk mengetahui apakah ada virus.

Apakah iPhone Bisa Terkena Virus?

Untungnya bagi para penggemar Apple, virus iPhone sangat jarang terjadi, tetapi bukannya tidak pernah terjadi.

 Selama beberapa tahun terakhir, beberapa pengguna iPhone dapat mengingat kembali efek Pegasus (suatu bentuk spyware yang disebarkan melalui pesan teks) atau AdThief (suatu bentuk adware yang menayangkan iklan yang tidak diinginkan dari jaringan pembajak).

Meskipun secara umum aman jika Anda tetap berada dalam parameter operasi Apple, salah satu cara utama iPhone menjadi lebih rentan terhadap virus adalah melalui praktik "jailbreaking" atau membeli iPhone yang telah di-jailbreak.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Virus Menyerang Perangkat Komputer

Dilansir dari Kaspersky, Jailbreaking iPhone sedikit mirip dengan membuka kuncinya (tetapi kurang sah). 

Ini melibatkan mendapatkan hak akses root yang melewati batasan keamanan, yang biasanya membatasi pengoperasian perangkat lunak pada perangkat. 

Apple mempermasalahkan jailbreak pada perangkatnya dan mencoba menambal kerentanan pada iPhone yang memungkinkan hal itu terjadi melalui pembaruannya.

Praktik jailbreak iPhone secara sembunyi-sembunyi memberi pengguna lebih banyak kendali atas sistem operasi pada ponsel. Sebagai contoh, jailbreak memberi pengguna kemampuan untuk menyesuaikan tampilan sistem, menghapus aplikasi yang sudah terinstal, dan mengunduh aplikasi dari tempat lain selain App Store. 

Meskipun hal ini mungkin terdengar menarik sampai batas tertentu, membuka iPhone Anda untuk aplikasi yang tidak terverifikasi pada dasarnya memberikan kesempatan kepada peretas untuk menempatkan beberapa pintu belakang di sistem Anda melalui aplikasi berbahaya dan bajakan. 

Jadi, singkatnya, meskipun jawaban untuk pertanyaan "Bisakah iPhone terkena virus?" adalah "umumnya tidak", iPhone telah diketahui bisa terkena virus, terutama jika di-jailbreak.

Baca juga: Apple Dikabarkan Sedang Menguji iPhone 16 Pro

Mengapa Virus iPhone Sangat Jarang Terjadi?

Ada beberapa alasan mengapa iPhone lebih jarang terkena virus (beberapa di antaranya disebutkan di atas). 

Namun, cara terbaik untuk memahami mengapa virus iPhone sangat jarang terjadi dan apa yang dilakukan Apple secara berbeda adalah dengan memahami apa itu virus dan bagaimana cara kerjanya.

Virus adalah potongan kode komputer berbahaya yang menggandakan diri. Virus menyebar ke seluruh sistem dan dapat merusak, menghapus, atau mencuri data Anda. 

Agar dapat menyebar, virus komputer harus dapat berkomunikasi dengan berbagai program yang membentuk sebuah sistem. Namun, sistem operasi Apple yang digunakan iPhone membuat proses ini menjadi lebih sulit.

Hal ini karena sistem operasi Apple dirancang agar setiap aplikasi berjalan di ruang virtual yang terpisah. Pada dasarnya, interaksi antar aplikasi dibatasi, sehingga menyulitkan virus untuk menyebar dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Ditambah lagi dengan fakta bahwa semua aplikasi yang diunduh pengguna Apple ke iPhone mereka harus diunduh dari App Store resmi.

Apple memiliki proses pemeriksaan yang sangat ketat untuk semua aplikasi yang ada di App Store, yang berarti sangat tidak mungkin ada aplikasi yang terinfeksi malware yang tersedia untuk diunduh. [seoTama]

Previous Post Next Post

News Feed