Google Chrome Kini Memudahkan Pengguna Mengetahui Berapa Banyak RAM yang Dikonsumsi Tab

Google Chrome
Ketika multitasking pada browser telah menjadi norma, mengelola sumber daya sistem secara efektif sangatlah penting. 

Google Chrome, peramban web yang digunakan oleh jutaan orang, telah memperkenalkan fitur bagus yang memungkinkan pengguna mengawasi penggunaan memori dari masing-masing tab, secara harfiah. 

Pembaruan baru ini, seperti yang dilaporkan oleh 9to5Google, merupakan sebuah langkah untuk memberikan informasi yang transparan kepada pengguna tentang berapa banyak memori sistem yang digunakan oleh halaman yang mereka buka.

Anda hanya perlu mengarahkan kursor ke atas tab untuk melihat konsumsi sumber daya
Sebelumnya, Chrome telah meluncurkan mode Penghemat Memori, yang menghemat memori sistem dengan membatasi sumber daya yang digunakan oleh tab yang tidak aktif.


Namun seperti dikutip dari Gizmochina, fitur terbaru ini melangkah lebih jauh dengan menyediakan data penggunaan memori secara real-time dengan mengarahkan kursor ke tab.

Ini berarti Anda sekarang dapat melihat situs web mana yang sedang terbuka yang memonopoli sumber daya sistem tanpa perlu menavigasi melalui beberapa pengaturan.

Kenyamanan ini sangat berguna bagi pengguna yang bekerja dengan banyak tab yang terbuka dan perlu menjaga komputer mereka tetap berjalan dengan lancar. 

Ini adalah fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna sehari-hari-tidak perlu pengetahuan teknis untuk memantau kinerja komputer Anda. 

Sederhana, cepat, dan informatif, fitur ini dapat membantu Anda memutuskan tab mana yang harus ditutup ketika komputer Anda mulai lambat.


Untuk mengakses mode Memory dan Energy Saver, pengguna bisa masuk ke pengaturan peramban di bagian 'Performance'. 

Ada juga opsi untuk menjaga situs-situs penting tertentu agar selalu aktif, memastikan bahwa halaman-halaman penting tidak dimuat ulang setiap kali Anda mengekliknya.

Pembaruan ini sudah tersedia di saluran Chrome 119 yang stabil dan diharapkan dapat diakses oleh semua pengguna dalam waktu dekat. 

Bagi mereka yang tidak sabar, ada cara untuk mengaktifkannya secara manual melalui pengaturan eksperimental Chrome. [seoTama]
Previous Post Next Post

News Feed