Apa itu Mode Terbatas YouTube dan Bagaimana Cara Menonaktifkannya?

YouTube


Sebagian besar platform media sosial mengizinkan Anda memblokir konten yang mungkin dianggap menyinggung atau tidak cocok untuk anak-anak. 

Dalam kasus YouTube, Mode Terbatas mencegah pengguna melihat konten dewasa. Berikut cara menghidupkan dan mematikannya.

Apa itu Mode Terbatas di YouTube?

Mode Terbatas YouTube adalah fitur yang memungkinkan pengguna memfilter konten yang mungkin dianggap tidak pantas oleh sebagian pemirsa. 

Mode Terbatas terutama dirancang untuk digunakan di lingkungan seperti sekolah , perpustakaan, dan lembaga publik yang memerlukan pengalaman menonton yang lebih terkontrol. 

Ini digunakan oleh orang-orang yang mencoba menciptakan lingkungan yang lebih aman dan ramah keluarga dengan membatasi akses ke video yang mungkin berisi bahasa eksplisit, kekerasan, atau tema dewasa lainnya.

Apa yang diblokir oleh Mode Terbatas YouTube?

Menurut YouTube, mereka menggunakan sistem otomatis serta peninjau manusia untuk menyaring video yang berisi jenis konten berikut:

• Narkoba dan alkohol: Berbicara tentang penggunaan atau penyalahgunaan narkoba atau meminum alkohol dalam video.


• Situasi seksual: Percakapan yang terlalu mendetail tentang atau penggambaran seks atau aktivitas seksual. 
Beberapa konten yang mendidik dan lugas tentang pendidikan seksual, kasih sayang, atau identitas mungkin ditampilkan dalam Mode Terbatas. Ciuman atau kasih sayang yang tidak terlalu bersifat seksual atau menjadi titik fokus video juga dapat ditampilkan dalam Mode Terbatas.

• Kekerasan: Deskripsi grafis tentang kekerasan, tindakan kekerasan, bencana alam dan tragedi, atau kekerasan dalam berita.

• Subjek dewasa: Video yang mencakup detail spesifik tentang peristiwa terkait terorisme, perang, kejahatan, dan konflik politik yang mengakibatkan kematian atau cedera serius. 
Video ini tidak akan ditampilkan dalam Mode Terbatas, meskipun tidak ada gambar grafis yang ditampilkan.

• Bahasa yang tidak senonoh dan dewasa: Bahasa yang tidak pantas, termasuk kata-kata kotor.

• Konten yang menghasut dan merendahkan: Konten video yang secara tidak sengaja bersifat menghasut, menghasut, atau merendahkan individu atau kelompok.

Mode Terbatas juga memblokir Anda agar tidak melihat komentar di video. Faktanya, banyak orang baru menyadari bahwa mereka telah mengaktifkan Mode Terbatas karena mereka tidak dapat melihat komentar apa pun di bawah video. 

Tentu saja, Mode Terbatas tidak sesuai dengan gagasan semua orang tentang apa yang pantas atau tidak pantas untuk anak-anak atau tidak. Ini akan menjadi alasan utama untuk mematikannya.

Cara mematikan atau menghidupkan Mode Terbatas YouTube

Mode Terbatas dapat diaktifkan atau dinonaktifkan oleh masing-masing pengguna. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Mode Terbatas, ikuti langkah-langkah berikut. 
Mode Terbatas berfungsi di tingkat browser atau perangkat, jadi Anda harus mengaktifkannya untuk setiap browser yang Anda gunakan.


Di desktop (Mac atau Windows)

Buka youtube.com, pastikan Anda login, dan klik gambar profil Anda di pojok kanan atas
pilih panah di sebelah Mode Terbatas. Anda dapat dengan mudah melihat apakah mode ini aktif atau nonaktif di menu dropdown.

Di situs seluler di iPhone

Buka youtube.com, pastikan Anda masuk, dan ketuk gambar profil Anda di pojok kanan atas pilih Pengaturan

Aktifkan atau nonaktifkan Mode Terbatas

Di situs seluler di Android
Buka youtube.com, pastikan Anda masuk, dan ketuk gambar profil Anda di pojok kanan atas Pilih Pengaturan > Akun
Aktifkan atau nonaktifkan Mode Terbatas

Di aplikasi seluler (untuk iPhone, iPad, Android)

Buka aplikasi, pastikan Anda masuk, dan ketuk gambar profil Anda di pojok kanan atas
Pilih Pengaturan > Umum Aktifkan atau nonaktifkan Mode Terbatas

Cara mengunci atau membuka kunci Mode Terbatas di YouTube
Saat Anda mengaktifkan Mode Terbatas di browser, browser akan disegarkan. Buka lagi pengaturan Mode Terbatas, dan Anda sekarang diberikan opsi untuk "Kunci Mode Terbatas di browser ini". 

Siapa pun yang menggunakan browser selanjutnya akan berada dalam Mode Terbatas, tetapi browser tersebut dapat dibuka kembali semudah terkunci.

Orang tua mungkin juga ingin menggunakan Mode Terbatas untuk membatasi apa yang dapat dilihat anak-anak mereka di YouTube.


Mengaktifkannya di akun mereka saja tidak akan menghentikan anak Anda untuk menonaktifkan kembali Mode Terbatas, jika mereka menyadarinya. Namun, ada cara untuk mengunci pengaturan yang mencegah pengguna (yaitu anak Anda) mengubahnya.

Jika Anda adalah orang tua yang menggunakan aplikasi Family Link Google, Anda dapat mengaktifkan Mode Terbatas untuk akun anak Anda yang membuat setelan tetap terkunci. 

Namun, ada banyak peringatan mengenai kapan orang tua boleh melakukan hal tersebut. Misalnya, Mode Terbatas tidak dapat diaktifkan menggunakan Tautan keluarga untuk anak-anak berusia di atas 13 tahun kecuali akun Google yang diawasi telah disiapkan untuk mereka sebelumnya.

Admin jaringan, seperti di perpustakaan, juga dapat mengaktifkan Mode Terbatas di semua komputer menggunakan pengaturan header DNS atau HTTP.

Pengaturan ini dikunci dari pengguna. Admin jaringan juga dapat mengaktifkan dan mengunci Mode Terbatas di tingkat perangkat untuk Android dan ChromeOS, serta di browser Chrome. [seoTama]
Previous Post Next Post

News Feed