YouTube Berencana Bikin Aplikasi Khusus untuk Vision Pro Apple

Apple Visi Pro


YouTube berencana membuat aplikasi khusus untuk platform Vision Pro Apple, sebagai respons terhadap perkembangan lanskap VR dan AR. Keputusan ini mengikuti peluncuran Apple Vision Pro App Store dengan 600 aplikasi eksklusif tetapi tidak memiliki aplikasi dari penyedia konten terkemuka seperti Netflix, YouTube, dan Spotify.

Aplikasi YouTube sedang dalam pengembangan, hingga saat itu gunakan Safari atau Juno
Awalnya, dilaporkan bahwa tidak ada rencana untuk aplikasi YouTube yang kompatibel dengan Vision Pro. 

Namun, hal ini berubah ketika juru bicara YouTube Jessica Gibby mengonfirmasi kepada The Verge bahwa aplikasi Vision Pro memang ada dalam peta jalan mereka, kemungkinan dipengaruhi oleh tingginya permintaan, terutama dari pengguna Juno. 

Meskipun tidak ada jadwal rilis yang diberikan, YouTube saat ini memprioritaskan peningkatan pengalaman YouTube di Safari.

Usaha terbaru Apple dalam komputasi spasial telah menerima reaksi beragam mengenai dukungannya terhadap konten yang imersif.


Saat ini, pengguna Vision Pro dapat mengakses konten YouTube melalui Safari atau aplikasi pihak ketiga seperti “Juno” oleh pengembang Apollo Christian Selig. 

Namun, metode ini tidak sepenuhnya mendukung koleksi video 360 derajat dan 3D YouTube yang luas, karena keterbatasan dalam memberikan pengalaman spasial berkualitas tinggi dan potensi masalah ketidaknyamanan gerakan.

Dilansir dari Gizmochina, Apple telah mengindikasikan bahwa mereka secara aktif berupaya meningkatkan dukungan untuk konten WebXR, yang memungkinkan penayangan video VR melalui Safari di masa depan. 

Namun, perlu dicatat bahwa WebXR adalah standar yang relatif baru dan tidak sepenuhnya memanfaatkan kemampuan Vision Pro dan visionOS. 

Apple secara aktif terlibat dalam berkontribusi terhadap pengembangan standar WebXR untuk meningkatkan pengalaman komputasi spasial di web.


Seiring dengan semakin populernya Vision Pro, diperkirakan akan semakin banyak pengembang yang termotivasi untuk membuat konten VR untuk headset tersebut. 

Mengingat pentingnya konsumsi konten untuk headset VR, kemungkinan besar pengembang besar akan segera meluncurkan aplikasi mereka di Vision Pro App Store, memanfaatkan peluang yang diberikan oleh basis pengguna yang terus berkembang. [seoTama]
Previous Post Next Post

News Feed