Cara Mengatasi Hacking dan Phishing pada Hosting

Hacking

Hacking atau peretasan dilakukan oleh seorang hacker untuk menyerang komputer atau jaringan.

Peretas ini dapat mengubah fitur sistem atau keamanan untuk mencapai tujuan yang berbeda dari tujuan awal sistem.

Peretasan juga dapat mengacu pada aktivitas yang tidak berbahaya, biasanya melibatkan perubahan yang tidak biasa atau improvisasi terhadap peralatan atau proses.

Peretasan atau hacking dapat masuk melalui berbagai celah yang ada di dalam website. Tindakan penyusupan seperti ini, sering dilakukan pelaku black hat SEO. Mempromosikan situs permainan daring dan menempatkan kontennya di sana.

Beberapa jenis  jika anda menggunakan CMS (Content Managment System) seperti WordPress, Joomla dll berasal dari themes yang digunakan. 

Situs resmi pemerintah dan website pendidikan kerap menjadi korban, dengan harapan, konten promosi yang mereka tanamkan di sana cepat terindeks pada laman utama situs pencari.

  • Baca juga: Jasa Hapus Phishing Link yang Menyerang Brand situs Game Online

Dilansir dari Jagoan hosting, membersihkan hacking pada account hosting sangat berpengaruh terhadap keamanan dan peforma website harusnya rutin dilakukan, apalagi apabila traffic website Kamu tinggi.


Nah tulisan ini kamu akan diberitahu caranya bagaimana membersihkan bekas hacking atau peretasan pada website Anda. Yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah dengan melakukan pengecekan file dan membersihkannya dengan tipe tipe file seperti berikut

Langkah 1: Cek File dengan Nama File Aneh/Kotor

Biasanya isi file dengan nama aneh isinya berupa file terenkripsi atau script aneh seperti berikut

Peretasan umumnya mengacu pada gangguan yang tidak sah ke komputer atau jaringan. Orang yang terlibat dalam aktivitas peretasan dikenal sebagai peretas. 

Peretas ini dapat mengubah fitur sistem atau keamanan untuk mencapai tujuan yang berbeda dari tujuan awal sistem.


Peretasan juga dapat mengacu pada aktivitas yang tidak berbahaya, biasanya melibatkan perubahan yang tidak biasa atau improvisasi terhadap peralatan atau proses.

Langkah 2: Cek File HTML yang Bukan Milik Kamu

Jika anda menggunakan CMS, pastinya file yang ada gunakan adalah file php. Dan file html yang ada berarti adalah file phising yang perlu Kamu hapus

Langkah 3: Cek File yang Tersisipi Malware

Untuk menyamarkan filenya, biasanya hacker juga mempunyai trik menyisipkan malware pada file CMS anda sehingga tidak dapat dikenali secara langsung. 

Untuk memeriksa pada file kategori ini, kamu perlu melakukan scanning dengan antivirus yang ada pada cpanel. Kamu bisa mengikuti panduan berikut

Melakukan Scan Malware pada Hosting Anda dari c-Panel

Nah, kalau masih kesulitan mengatasi serangan scam pada hosting, kamu bisa hubungi penyedia jasa hosting. Informasi lewat live chat dan open ticket. [seoTama]
Previous Post Next Post

News Feed