Google Maps Tambahkan AI Generatif untuk Penemuan Tempat yang Dipersonalisasi

AI Generatif Google Maps

Google Maps sedang menguji fitur baru yang didukung oleh AI generatif, yang memungkinkan pengguna menemukan tempat berdasarkan kebutuhan spesifik mereka yang diungkapkan dalam bahasa alami. 

Namun, fitur ini saat ini hanya tersedia untuk grup “Pemandu Lokal” tertentu di AS, sehingga membatasi aksesibilitasnya untuk saat ini.

Kelompok terpilih ini dapat merasakan kehebatan penemuan tempat yang didukung AI, yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik mereka dan diungkapkan dalam bahasa sehari-hari.

Cara kerja fitur ini seperti dikutip dari Gizmochina, yakni pengguna dapat mengekspresikan preferensi mereka menggunakan bahasa alami di aplikasi Google Maps, seperti motel untuk malam ini dengan berbagai pantangan makanan.


AI kemudian menganalisis database lokasi Google yang luas dan akan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi dengan foto, peringkat, dan ulasan. 

Pengguna dapat lebih mempersempit pencarian mereka dengan mengajukan pertanyaan lanjutan tanpa perlu menyusun ulang pertanyaan awal mereka.

Menurut Google, sistem ini dirancang untuk berfungsi “tidak peduli seberapa spesifik, khusus, atau luasnya kebutuhan Anda.

Untuk mengilustrasikannya, perusahaan membagikan contoh penelusuran toko barang bekas di San Francisco, di mana pengguna cukup menanyakan tentang “tempat dengan suasana vintage di SF.


Anda kemudian akan mendapatkan hasil yang dikategorikan dengan rapi ke dalam beberapa bagian seperti toko pakaian, toko vinil, dan pasar loak. Setiap kategori mencakup carousel foto dan ringkasan ulasan, membantu pengguna memahami mengapa suatu tempat tertentu mungkin menarik bagi mereka.

Google menekankan bahwa ini adalah program beta tertutup, yang bertujuan untuk mengumpulkan masukan dari Local Guides sebelum dirilis lebih luas. Perusahaan mengatakan masukan ini akan membantu membentuk fitur dan memastikannya memenuhi kebutuhan pengguna secara efektif.

Meskipun ketersediaannya saat ini terbatas, integrasi AI generatif ke dalam Google Maps tentu terasa seperti fitur yang berguna bagi wisatawan baru di kota dan negara baru. 

Setelah disempurnakan dan tersedia untuk khalayak yang lebih luas, kita dapat melihatnya meningkatkan cara pengguna menjelajahi lingkungan sekitar dan menemukan permata tersembunyi. [seoTama]
Previous Post Next Post

News Feed