728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

6 Manfaat Buah Kurma, Yang Harus Anda Ketahui

Pohon kurma menjadi bagian dari masyarakat mesir kuno, kurma diyakini berasal dari sekitar teluk Persia dan dibudidayakan sekitar 400 SM. Kurma adalah sebuah buah yang dapat dikonsumsi saat mentah dan matang. khasiat yang ada pada buah kurma berpengaruh bagi tubuh kita, hal ini sudah terbukti sejak pada zaman nabi terdahulu. 

Tidak ada seorangpun yang meragukan manfaat buah kurma baik untuk menjaga kesehatan atau menyembuhkan sebuah penyakit. Sebagian besar Pohon-pohon kurma tumbuh subur di negara arab. Diantaranya jenis buah kurma yang populer saat ini yaitu kurma mekkah dan kurma madinah. Khasiat buah kurma untuk merawat kesehatan tubuh sudah dijelaskan dalam alqur'an surat ar-rahman ayat 11. 



Kurma merupakan makanan yang dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama, meskipun disimpan dengan sangat lama buah ini mampu bertahan tanpa mengurangi kandungan gizi didalamnya sehingga bangsa arab mempersiapkan buah kurma dalam setiap perjalanan panjangnya. 
Tidak ada keraguan dan begitu mengagumkan manfaat bagi siapa saja yang menkonsumsi buah kurma. Selain dikonsumsi secara langsung anda juga dapat memperoleh khasiat dalam buah kurma dengan mengolahnya menjadi ekstrak buah kurma, jus, sirup, dan es buah. Berikut khasiat buah kurma bagi kesehatan tubuh.

Menetralizir zat asam pada perut

Kandungan yang terdpat pada buah kurma seperti kandungan mineral kalium, magnesium, serta potassium berguna untuk menetralisir asam perut. Zat asam ini pada umumnya muncul setelah seseorang menkonsumsi makanan dengan protein yang tinggi seperti telur dan ikan. Jika zat asam dalam prut sudah mulai netral, maka gangguan pencernaan seperti usus kronik dapat dihindari bahkan disembuhkan secara Perahan-lahan.

Mampu menenangkan sel saraf

Baik kurma kering atau basah memiliki manfaat untuk memberikan sensasi rileks pada Sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kalenjer gondok. Olahan dari ekstrak kurma juga berkhasiat mengatasi insomnia atau susah tidur.  Jika anda rajin menkonsumsi buah ini, resiko terkena penyakit stroke akan berkurang.


Menjaga kesehatan darah dalam tubuh

Berkat zat besi berlimpah didalamnya, buah kurma mampu mengatasi penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah. Selain itu, kandungan kolesterol, lemak, dan gula yang rendah juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Menguatkan rahim wanita

Jenis buah kurma yang kering berkhasiat untuk menguatkan Sel-sel usus sekaligus melancarkan saluran kencing. Zat gizi yang terdapat pada buah kurma juga berguna bagi wanita hamil yang akan melahirkan, karena dapat mengontrol laju gerak usus dan dapat menguatkan rahim.

Mengurangi pendarahan wanita melahirkan

Jenis buah kurma yang basah bermanfaat utuk mengurangi pendarahan saat melahirkan buah hati, berkat kandungan oxytocine, proses pengembalian posisi rahim setelah melahirkan juga akan berlangsung lebih cepat.

Menjaga kesehatan jantung

Kalium yang terdapat pada buah kurma dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah  sehingga memberikan perlindungan  terhadap jantung koroner dan stroke. Karena kalium yang terdapat pada buah kurma sangat bagus untuk kesehatan jantung anda.  

Nah kandungan gizi pada buah kurma sangat banyak, kandungan glukosa dan fkukosa yang akan memberikan energy pada tubuh. Selain zat gula buah kurma mengandung air, protein, serta sedikit sekali mengandung asam lemak jenuh. 

Selain itu kurma juga mengandung vitamin yang dapat dibilang kompleks, vitamin A, B1, B2, B6, C serta berbagai mineral dan asam organic sehingga sayang apabila anda menghilangkan kurma dari dafar menu makan anda. Demikian ulasan berikut ini, semoga bermanfaat. 
6 Manfaat Buah Kurma, Yang Harus Anda Ketahui
  • Title : 6 Manfaat Buah Kurma, Yang Harus Anda Ketahui
  • Posted by :
  • Date : 10:24 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 6 Manfaat Buah Kurma, Yang Harus Anda Ketahui Rating: 5 Reviewed By: bagian post
Top