728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Inilah Fungsi IMEI di Smartphone Anda

Istilah nomor IMEI tentunya tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone, dimana nomor seri ini biasanya terdiri dari 14 hingga 16 digit. Biasanya nomor ini tertera di beberapa bagian seperti bagian belakang smartphone anda, baterai, ataupun bungkus smartphone yang baru anda beli. Selain itu anda juga bisa mengetahui nomor IMEI anda dengan dial ke nomor *#06#.

IMEI sendiri adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Yang pasti dimiliki dan tertera pada setiap smartphone/gadget. Mulai dari smartphone dengan harga murah hingga smartphone premium. Baik smartphone dengan platform android maupun ios, keseluruhan smartphone pasti memiliki nomor IMEI.

Inilah Fungsi IMEI di Smartphone Anda

Selain itu IMEI juga memiliki format kode sebagai berikut AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Kode A dan B merupakan Type Allocation Code (TAC) dari smartphone anda. Dimana TAC itu sendiri menunjukkan negara pembuatan serta model dari smartphone yang anda miliki.  
  
Jika anda perhatikan, nomor IMEI pada setiap smartphone pasti berbeda dengan smartphone yang lain. Dimana hal tersebut adalah mutlak penomoran yang di lakukan oleh produsen ponsel pintar itu sendiri. Kebanyakan para pengguna smartphone kurang memperhatikan nomor IMEI yang terdapat pada smartphone nya sendiri, karena seringkali hanya dianggap sebagai angka-angka biasa.

Perlu anda ketahui sebagai pemilik smartphone, fungsi IMEI itu sendiri sangatlah penting. Dimana akan berpengaruh besar terhadap kinerja smartphone yang anda gunakan.    

Berikut adalah fungsi IMEI pada smartphone yang penting untuk anda ketahui


Sebagai identitas smartphone 

Fungsi IMEI yang utama adalah sebagai identitas smartphone anda. Hampir sama dengan KTP nomor IMEI pada setiap smartphone sengaja dibuat berbeda. Hal ini berlaku bagi semua produsen smartphone.

Sehingga kebanyakan dari pembeli smartphone bekas/second, seringkali mencocokkan kesamaan nomor IMEI yang tertera pada kardus dengan yang terdapat di smartphone. Hal ini bisa anda lakukan untuk memastikan kualitas smartphone yang akan anda beli.   

Mempengaruhi kinerja smartphone 

Mungkin hal ini sering terjadi ketika anda membeli sebuah smartphone bekas/second. Dimana banyak di temukan smartphone dengan nomor IMEI yang sudah tidak sesuai. Hal ini tentu sangat merugikan bagi para konsumen, ada beberapa penyebab kenapa nomor IMEI sudah tidak sesuai 

Salah satunya adalah di hack dan sudah pasti nomor IMEI asli smartphone tersebut hilang, sehingga nomor yang tertera tidak sesuai dengan nomor IMEI asli smartphone yang akan anda beli. Hal tersebut akan berdampak pada kinerja dan fungsi smartphone anda itu sendiri. Dimana hal yang paling berdampak adalah smartphone anda tidak bisa menangkap sinyal dengan baik.    

Untuk melacak keberadaan smartphone 

Pada perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, fungsi IMEI juga bisa untuk melacak keberadaan smartphone anda. Artinya sebagai pemilik smartphone, anda bisa melacak/mengetahui keberadaan smartphone anda sendiri. Hal ini sangat berguna ketika anda kehilangan smartphone yang anda miliki.     

Caranya pun cukup mudah, anda bisa mendatangi gerai resmi dari produsen smartphone yang anda gunakan. Lalu berikan nomor IMEI yang tertera pada smartphone anda yang hilang. Dengan demikian insyaAllah smartphone anda akan terlacak keberadaannya.

Demikian penjelasan dari pentingnya fungsi IMEI pada smartphone anda. Dengan demikian saya harapkan setelah anda membaca artikel kami, anda lebih bijak mengenai pentingnya suatu hal yang mungkin anda kurang perhatikan. Jika dirasa penting, tidak ada salahnya apabila anda mencatat nomor IMEI smartphone yang anda miliki. Yang bertujuan untuk berjaga-jaga misalkan terjadi kehilangan.
Inilah Fungsi IMEI di Smartphone Anda
  • Title : Inilah Fungsi IMEI di Smartphone Anda
  • Posted by :
  • Date : 10:30 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Inilah Fungsi IMEI di Smartphone Anda Rating: 5 Reviewed By: Riko T P
Top