728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

4 Alasan Mengapa Anak Harus Masuk Sekolah Negeri

Masuk sekolah negeri adalah impian banyak anak dan tentu saja orang tuanya. Sebagian besar masyarakat Indonesia memang berpendapat bahwa sekolah negeri akan lebih baik bagi masa depan anak-anaknya daripada sekolah swasta. Meskipun pernyataan itu tidak 100% benar, Namun orang tua tidak tahu persis apa saja kelebihan yang akan didapat anaknya jika belajar di sekolah negeri, paling tidak itulah stigma sosial yang tertanam di masyarakat saat ini. Berikut ulasan lengkapnya.

4 Alasan Mengapa Anak Harus Masuk Sekolah Negeri

Alasan Mengapa Sekolah Negeri Lebih Baik Dibandingkan Sekolah Swasta


Biaya Pendidikan Lebih Murah

Alasan yang satu ini halnya menjadi salah satu yang paling utama diperhatikan oleh para orang tua ketika akan memutuskan tempat sekolah bagi anak-anaknya. Karena pemerintah mencanangkan program pendidikan gratis sampai usia 12 tahun di sekolah negeri. Sehingga anak harus mendapatkan pendidikan walaupun orang tua tidak mempunyai biaya.

Dengan masuk sekolah negeri, maka biaya sekolah akan mendapat subsidi dari pemerintah, diantaranya SPP, uang gedung, dan uang iuran yang lain. Dan masyarakat lebih mementingkan menabung untuk persiapan anak-anaknya masuk universitas dibandingkan masuk sekolah swasta. 

Kualitas Lebih Baik

Memang tidak semua sekolah negeri lebih baik daripada sekolah swasta. Nyatanya banyak sekolah swasta yang juga memiliki kualitas yang baik dan memiliki lulusan yang berkualitas dari segi sumber daya manusia. Namun, kebanyakan orang tua akan merasa lebih bangga jika anaknya bisa masuk ke sekolah negeri. Apalagi jika sang anak berhasil lolos proses seleksi di sekolah negeri tersebut. 

Tiap daerah pasti mempunyai sekolah negeri unggulan yang dinilai lebih berkualitas dibanding sekolah negeri yang lain. Hal inilah yang membuat para orang tua memburu suatu sekolah yang dinilai begus di daerah tersebut. Bahkan terkadang ada orang tua yang menyekolahkan anak-anaknya di sekolah favorit di luar daerah tempat tinggal mereka.

Etika Yang Baik

Dibandingkan dengan masuk sekolah swasta, masuk sekolah negeri dinilai lebih memiliki peraturan yang ketat, sehingga siswa yang ada di sekolah negeri dianggap lebih disiplin. Peraturan yang biasa ada adalah berpakaian rapih, datang tepat waktu, mengerjakan tugas dan mengumpulkannya dengan tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya, dan lain sebagainya. 

Biasanya, sanksi yang ditetapkan juga tegas. Hal ini membangun etika yang baik pada siswa-siswa yang ada di sekolah negeri. Namun tidak semua sekolah negeri memiliki peraturan yang tegas, dan masih banyak pula sekolah swasta yang memiliki peraturan yang tegas. Hal ini tergantung dengan sistem yang ada di suatu sekolah.

Peluang Masuk Universtitas Negeri

Masuk sekolah negeri untuk SMA  dianggap menjadi sangat penting. Apalagi jika kita ingin masuk ke universitas negeri unggulan, maka kita harus memiliki NEM yang sesuai dengan persyaratan yang ada di universitas tersebut. Dan pertimbangan yang lain adalah reputasi sekolah tersebut. Dan kebanyakan memang sekolah negeri lebih banyak mempunyai reputasi yang tinggi dari segi pendidikan. 

Meskipun begitu, namun banyak juga sekolah swasta yang mempunyai lulusan dengan NEM tinggi, bahkan lebih tinggi dari sekolah negeri. Pada intinya yang terpenting adalah ketelitian kita dalam memilih sekolah anak. Jangan sampai karena salah memasukkan anak ke sekolah yang kurang berkualitas, maka akan menyebabkan anak kita mempunyai kualitas yang kurang baik.
4 Alasan Mengapa Anak Harus Masuk Sekolah Negeri
  • Title : 4 Alasan Mengapa Anak Harus Masuk Sekolah Negeri
  • Posted by :
  • Date : 4:49 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 4 Alasan Mengapa Anak Harus Masuk Sekolah Negeri Rating: 5 Reviewed By: Riko T P
Top