Berbagai Tips Jitu Untuk Menghadapi Bullying

Bullying adalah tindakan yang termasuk sebuah tindakan untuk menjatuhkan reputasi sosial yang dimiliki seseorang sehingga tindakan tersebut dapat merusak kondisi atau kesehatan psikis seseorang. Dampak dari perilaku bullying ini tidak hanya terjadi saat seseorang di bully melainkan juga berdampak di waktu yang akan datang.

Berbagai Tips Jitu Untuk Menghadapi Bullying

Apakah kamu menjadi salah satu orang yang menjadi korban bullying? Jika iya maka tidak perlu panik karena masih ada berbagai cara untuk menghadapinya. Untuk itu, kamu dapat mengetahui berbagai tips yang cocok untuk menghadapi perilaku bullying ini.

Berbagai Tips Yang Dapat Dilakukan Untuk Menghadapi Perilaku Bullying


Jangan Pernah Merasa Minder Atau Kurang Percaya Diri

Salah satu alasan mengapa seseorang menjadi sasaran utama dari bullying ialah karena tidak adanya rasa percaya diri yang tertanam dari dalam diri seseorang. Seseorang yang biasanya melakukan tindakan bullying ini biasanya merasa bahwa ia merupakan sosok yang lebih istimewa dari pada orang yang di bully. Oleh karena itu, diperlukan penanaman rasa percaya diri untuk menghadapi perilaku bullying ini.

Jangan Memberikan Reaksi Apapun Ketika Di Bully

Reaksi merupakan salah satu hal yang paling dicari bagi para perilaku bullying ini. Nah, jika Kamu mengeluarkan sebuah reaksi seperti marah ataupun sedih maka itu berarti bahwa para pelaku bullying ini telah sukses untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan sehingga tidak heran bila di lain waktu mereka akan mengulangi tindakan yang sama untuk mendapatkan reaksi yang sama pula.

Memberanikan Diri Untuk Menatap Matanya Secara Langsung

Apabila Kamu menghadapi perilaku bullying ini maka Kamu harus berani menatap mata dari para perilakunya dengan tegas. Hal ini perlu untuk dilakukan supaya mereka tahu bahwa Kamu tidak gentar untuk menghadapinya serta juga membuktikan bahwa Kamu juga memiliki posisi yang setara dengan mereka.

Jalanlah Bersama Dengan Temanmu

Dengan bersama teman maka Kamu akan semakin kuat sebagaimana sebuah peribahasa yang berbunyi “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Selain itu, dengan dengan adanya teman maka ia akan menjadi sosok yang siap untuk mendampingimu dalam berbagai keadaan yang sedang menimpa Anda.

Jangan Merasa Takut Untuk Melaporkan Tindakan Bullying Yang Berlebihan Kepada Para Pihak Berwajib

Jika sampai terjadi kekerasan fisik yang di luar batas maka Kamu dapat melaporkan kepada pihak berwajib ataupun pihak keamanan terdekat. Akan tetapi, dalam hal ini Kamu harus mampu menunjukkan bukti yang kuat ataupun saksi mata yang juga sempat melihat kejadian tersebut.

Apabila Kamu mendapat maka Kamu tidak perlu panik karena mereka hanya akan menggertak saja. Para perilaku yang melakukan bullying ini sebenarnya merupakan seseorang yang merasa inferior karena adanya salah satu aspek kehidupannya yang terlihat kurang sempurna. Mereka hanya akan bersikap superior untuk menutupi kekurangan yang tersembunyi di dalam dirinya.

Kembangkan Bakat Maupun Potensi Yang Terpendam

Mengembangkan potensi yang terpendam merupakan cara yang paling ampuh untuk menghadapi perilaku bullying. Dengan cara ini Kamu tidak hanya akan merasa sebagai sosok yang lebih berharga akan tetapi Kamu juga akan menjadi sosok yang dihargai oleh banyak orang yang tentunya ini dapat menambah rasa percaya diri.

Orang yang mengembangkan potensi yang dimilikinya akan lebih mudah untuk diakui oleh orang lain karena ia telah memberanikan diri untuk mengeluarkan ciri khas yang ia miliki. Kembangkanlah bakat atau potensi yang Kamu miliki karena dengan itu akan membuat Kamu menjadi sosok yang lebih berani.

Nah, setelah mengetahui berbagai hal diatas tentunya perlu disadari bahwa setiap orang merupakan sosok yang berharga dan perilaku bullying ini sebenarnya tidak pantas diterima bagi setiap orang. Oleh karena itu, Kamu perlu menyadari hal tersebut dan harus bisa menjaga diri Kamu dengan baik.
Previous Post Next Post

News Feed