7 Profesi Freelance Yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Kalau Anda sedang mencari jam kerja yang fleksibel dimana bisa menentukan jamnya sendiri, lalu dapat bekerja dari rumah, kemudian tidak perlu ganti baju bahkan boleh sambil mengenakan piyama, maka pekerjaan freelance mungkin tepat. Freelance (pekerja paruh waktu) sendiri jika ditekuni sama seperti menjalankan bisnis.

7 Profesi freelance yang bisa di Kerjakan di rumah

Menurut pengelola toko gadget dan service center laptop di Jakarta pemilik situs VERSACOM penyedia jasa service komputer, "Banyak pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor. Apalagi dengan kemudahan teknologi di masa kini. Sehingga, impian pelaku untuk dapat bekerja sambil duduk di sofa rumah bisa menjadi kenyataan." Berikut adalah tujuh pekerjaan freelance yang dapat dikerjakan dari rumah.

Pekerjaan Freelance Tanpa Harus ke Kantor


Copywriter

Jika senang berkecimpung dalam bidang kreatif maka pekerjaan menulis ini bisa jadi salah satu pilihan. Seorang copywriter membuat teks untuk iklan atau materi promosi yang diminta oleh klien. Termasuk membuat konten website, menulis deskripsi untuk situs belanja online, atau membuat caption untuk media sosial.

Desainer Grafis

Setiap usaha pasti memiliki banyak kebutuhan untuk desain. Namun, perusahaan tidak selalu memiliki karyawan yang dapat membuatkan desain grafis tersebut. Bila Anda punya latar belakang dan pengalaman desain maka Anda bisa bekerja untuk membuatkan halaman website. Kebutuhan pembuatan Website bisnis, design dan development, sangat bisa dikerjakan dengan paruh waktu dan remote. Layout halaman cetak dan lainnya juga bisa dilakukan dari rumah saja.

Asisten Administratif

Kini pekerjaan sebagai virtual assistant semakin populer. Salah satunya Anda bisa menjadi asisten pribadi untuk satu orang. Anda bakal melakukan tugas-tugas seperti entri data, manajemen jadwal, membalas email, membuat atau membayar tagihan, atau menjawab telepon. Anda pun dapat memberikan bantuan administratif kepada perusahaan dalam skala yang lebih besar.

Penerjemah

Apabila Anda menguasai lebih dari satu bahasa, keterampilan Anda dapat menarik banyak peminat yang mencari tenaga penerjemah. Anda pun dapat menerjemahkan artikel, instruksi, buku, kurikulum, skrip film, dokumen hukum, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu sayang jika Anda tidak memanfaatkan kemampuan bahasa Anda.

Guru Les

Anda yang jago matematika atau kimia dan menyadari bahwa ujian itu menyulitkan, maka bisa melihat peluang bekerja sebagai tutor atau guru les. Anda dapat membantu para pelajar sekolah untuk menguasai pelajaran lewat obrolan video. Klien pun bisa Anda temukan dari berbagai lokasi dan tidak terbatas hanya di lingkungan Anda saja.

Instruktur Fitness

Memang ada banyak tempat seperti gym dan pusat kebugaran untuk menjadi instruktur aktivitas seperti fitness dan yoga. Namun Anda bisa juga kok, melakukannya dari rumah saja. Kalau di rumah ada ruangan seperti ruang yoga atau home gym, kenapa tidak mengajak para murid untuk datang ke rumah saja?

Konsultan Kesehatan

Sebagai konsultan atau orang yang melatih kebiasaan hidup sehat, Anda akan membantu klien untuk mempraktikkan kebiasaan tersebut. Dan itu tergantung pada kebutuhan klien. Mulai dari merancang kebutuhan nutrisi atau jadwal olahraga misalnya. Sama halnya dengan konsultan gizi. Anda bisa berkomunikasi dengan klien melalui panggilan telepon atau video call dan tak harus memiliki kantor.

Nah, itulah beberapa pekerjaan freelance yang cukup Anda kerjakan dari rumah saja. Bekerja sebagai freelance sendiri adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin lebih banyak memberikan waktu untuk keluarga serta orang-orang terdekat. Apalagi jika Anda sudah memiliki modal berupa keterampilan khusus.

Ditambah dengan teknologi yang memudahkan Anda terhubung dengan siapa saja dan di mana saja. Anda akan lebih mudah dalam mencari klien. Dan yang terpenting ingatlah bahwa pekerjaan freelance juga harus dikerjakan dengan serius layaknya kerjaan kantor. Berikan komitmen agar profesi freelance Anda terus berkembang.
Previous Post Next Post

News Feed