728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Tips Wisata Seru dan Hemat Ala Backpacker

Traveling dengan tujuan untuk liburan memang menyenangkan dan menjadi alternatif utama untuk menghilangkan stress dan kepenatan akibat rutinitas sehari-hari yang monoton. Liburan yang menyenangkan pun bukan berarti harus menghabiskan banyak uang. 

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat liburan Anda tetap asyik meski dengan biaya yang minim. Biasanya, low budget traveling dilakukan oleh para backpacker. Anda pun bisa menconteknya untuk liburan kali ini.

Tips Wisata Seru dan Hemat Ala Backpacker

Tips Liburan ala Backpacker yang Bisa Anda Coba


Tidak melulu harus ke destinasi wisata populer

Karena ini merupakan liburan yang hemat alias minim biaya, maka tujuan berlibur Anda juga tidak perlu harus ke tempat-tempat yang populer di Indonesia atau di luar negeri. Anda bisa mencoba untuk traveling ke kota-kota yang tidak jauh dari tempat Anda tinggal. Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat biaya transport menuju ke destinasi liburan Anda.

Lakukan survey destinasi liburan

Survey destinasi liburan yang dimaksud bertujuan untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan destinasi wisata Anda sehingga Anda bisa memperkirakan berapa budget yang Anda butuhkan selama berlibur. Anda bisa mencari referensi liburan dari internet, media sosial maupun media massa cetak dan elektronik.

Sangat direkomendasikan untuk Anda memilih destinasi liburan yang banyak obyek wisata alamnya. Mengapa? Karena rata-rata obyek wisata alam itu lebih terjangkau dibandingkan obyek wisata buatan.

Low atau high season?

Ketahui juga kapankah Anda akan pergi berlibur, apakah ketika itu low season atau high season. Sebab waktu liburan inilah juga sangat berpengaruh pada harga tiket perjalanan, ketersediaan kursi hingga reservasi hotel. High season biasa terjadi pada saat masa libur anak-anak sekolah dan libur hari raya seperti lebaran dan natal.

Jika Anda ingin berlibur dengan tujuan untuk refreshing, sebaiknya pilih waktu berlibur low season seperti saat akhir pekan atau hari biasa dengan mengambil cuti. Sebab, biasanya tempat wisata juga penuh sesak saat high season tiba.

Pesan tiket jauh-jauh hari

Bagi yang ingin bepergian dengan moda transportasi umum seperti kereta api atau pesawat terbang, sangat disarankan untuk membeli tiket dari jauh-jauh hari. Karena memberikan peluang ketersediaan tiket dengan harga murah. Anda punya kesempatan untuk mendapat tiket kereta api kelas ekonomi atau tiket penerbangan dengan harga yang lebih terjangkau.

Siasati masalah makanan dan minuman

Masih berkaitan dengan akomodasi Anda selama traveling, perlu Anda ingat bahwa untuk keperluan makan dan minum biasanya cukup menguras isi kantong. Jika memungkinkan, pilihlah penginapan yang menawarkan sarapan gratis meski hanya sepotong roti dan secangkir teh atau kopi.

Siasati juga dengan membawa botol air minum dan perbekalan berupa makanan ringan yang dibeli di toko kecil atau minimarket saat Anda akan berkunjung ke lokasi obyek wisata. Karena biasanya, harga makanan atau minuman yang dijual di lokasi obyek wisata bisa berkali-kali lebih mahal dari harga di toko.

Buang rasa gengsi

Jika Anda membutuhkan tips wisata yang hemat namun tetap menyenangkan, tentu Anda harus memahami bahwa kenyamanan itu jauh lebih penting dibandingkan kemewahan. Buang jauh-jauh sifat gengsi yang akan merusak liburan ala backpacker Anda yang minim biaya ini.

Anda harus rela tidur di penginapan murah, berburu makanan murah di warung atau pedagang kaki lima, menggunakan transportasi umum atau menyewa sepeda motor serta mencari obyek wisata yang murah. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir lagi liburan Anda akan menguras kantong.
Tips Wisata Seru dan Hemat Ala Backpacker
  • Title : Tips Wisata Seru dan Hemat Ala Backpacker
  • Posted by :
  • Date : 5:30 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Wisata Seru dan Hemat Ala Backpacker Rating: 5 Reviewed By: Riko T P
Top