728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

10 Startup Terbaik Indonesia



Jakarta - Berdasarkan data dari situs Startup Ranking per 23 Juni 2019, menobatkan BukaLapak sebagai usaha startup peringkat teratas di Indonesia, kemudian disusul secara berurutan oleh Blibli, Traveloka, Zalora Indonesia, Zenius Education, Blanja, Alodokter, Ruangguru, Dokter Sehat, dan Elevenia.

Indonesia, hingga 2019, memiliki empat perusahaan rintisan (startup) yang mendapatkan status unicorn karena memiliki valuasi di atas 10 miliar dolar, yaitu GO-JEK, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia.

Pada posting ini kami sajikan keistimewaan beberapa platform yang semakin mendapat tempat dari pengguna internet di Indonesia. Dimulai dari Blibli, 10 startup terbaik Indonesia berdasarkan jumlah pengunjung (visitors) setelah urutan pertama yakni BulaLapak, yang kami tempatkan pada posting terpisah BukaLapak Usaha Rintisan Teratas Indonesia

Blibli

Platform belanja Blibli milik group Djarum, dibawah PT Global Digital Prima memeriahkan industri jasa perdagangan daring (e-commerce) Indonesia sejak 2011 sebagai salah satu e-commerce yang mendukung produk-produk buatan lokal. Mereka memiliki kategori "Galeri Indonesia" untuk menampilkan produk-produk asli Indonesia berupa produk artisan, baik kerajinan tangan maupun makanan, sejak 2015.

Dukungan Blibli.com terhadap pelaku usaha lokal juga ditunjukkan dengan konsistensi mereka mengadakan kompetisi untuk pebisnis kreatif "The Big Start" yang masuk musim keempat pada 2019.

"The Big Start Season 4" membuka kesempatan untuk pelaku usaha di dibidang kriya, kuliner, fashion, kecantikan dan kesehatan. Para pelaku usaha yang terlibat dalam ajang itu berusia dari 18-35 tahun.

Blibli.com milik Martin Hartono, putra dari pemilik Djarum Group, Budi Hartono, dibangun oleh Kusuma Martanto memberikan syarat, mereka sudah memproduksi barang di Indonesia minimal dua tahun. Para pemenang, selain mendapat hadiah uang tahun ini total Rp1,3 miliar, juga akan berkesempatan mengikuti pameran di luar negeri.

Semarak berbelanja online, menurut CEO Blibli.com Kusumo Martanto, tidak berarti mematikan gerai fisik. Platform online hanya salah satu kanal untuk memasarkan produk. Semenjak 2018, memiliki gerai fisik Blibli Instore dengan memadukan pengalaman belanja online serta offline yaitu barang dapat langsung dibawa. Sepanjang 2018, Blibli Instore sudah terpasang di 3.000 gerai mitra di berbagai kota di Indonesia. Kusumo menargetkan jumlah gerai Blibli Instore akan naik enam hingga tujuh kali pada 2019.

Berdasarkan data dari situs Startup Ranking per Juni 2019, Blibli.com menempati posisi kedua perusahaan rintisan di Indonesia setelah BukaLapak, dengan jumlah kunjungan pengunjung per bulan mencapai 57,3 juta kali. Pada 2017, Blibli.com juga mengakuisisi biro perjalanan daring Tiket.com usaha rintisan yang didirkan oleh Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, Natali Ardianto, Mikhael Gaery Undarsa pada bulan Agustus 2011.


Traveloka 

Traveloka situs biro perjalanan dalam jaringan (online) hingga saat ini merupakan perusahaan rintisan di bidang perjalanan wisata yang berhasil menembus status unicorn di Indonesia.

Merujuk situs Startup Ranking, Traveloka berada pada peringkat ketiga startup teratas di Indonesia. Mereka mendapatkan pendanaan dari Expedia pada 2017. Kemudian pada akhir 2018, Traveloka dikabarkan akan mendapatkan pendanaan sekitar 400 juta dolar AS yang akan digunakan untuk ekspansi bisnis.

Namun, tidak ada konfirmasi resmi dari Traveloka mengenai kabar tersebut. Hanya saja perusahaan yang didirikan Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang itu semakin gencar berekspansi ke luar negeri. Bahkan pada awal 2019, Traveloka resmi masuk ke Australia baik melalui aplikasi maupun website. Mereka juga membuka kantor baru yang difokuskan untuk penelitian dan pembangunan di Bangalore, India.

Meskipun sudah memiliki banyak fitur, Traveloka terus berinovasi untuk mengembangkan layanan yang mereka miliki baik lewat aplikasi maupun website. Fitur terbaru, Traveloka merilis Xperience berupa solusi menyeluruh untuk pengguna yang merencanakan bepergian. Traveloka menawarkan layanan Easy Acces untuk konsumen yang membeli tiket tempat wisata melalui platform tersebut. Konsumen tidak perlu antre di loket reguler dan dapat langsung masuk melalui gerbang elektronik yang sudah disiapkan.

Gerbang elektronik hasil kerja sama Traveloka dengan pengelola tempat wisata memiliki kemampuan untuk membaca kode QR yang ada di tiket, termasuk tiket elektronik. Hingga kuartal II 2019, Traveloka telah bekerja sama dengan 20 pengelola tempat wisata untuk menyediakan gerbang elektronik ini, salah satunya taman wisata Jatim Park.

Zenius Education

Pertumbuhan perusahaan rintisan di Indonesia tidak selalu diramaikan oleh platform jual-beli, Zenius bermain dalam bidang yang berbeda yakni, teknologi pendidikan (education tehchology) atau lebih populer disebut edutech, berdiri sejak 2007 di bawah PT Zenius Education.

Zenius menyediakan kanal belajar daring untuk siswa sekolah dasar hingga menengah atas. Layaknya les mata pelajaran, siswa harus menjadi anggota berbayar agar dapat mengakses materi pelajaran dari Zenius. Ditawarkan dengan menjadi anggota berbayar mulai harga Rp165.000 untuk keanggotaan selama sebulan hingga Rp440.000 untuk keanggotaan selama setahun. Setiap anggota akan mendapatkan akses ke soal latihan dalam format PDF hingga video berisi materi pelajaran.

Situs Startup Ranking menempatkan Zenius pada 22 Juni 2019 pada posisi kelima perusahaan rintisan asal Indonesia setelah Zalora.

Pada Mei 2019, Zenius bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk membantu pendidikan di daerah tertinggal. Zenius memasang teknologi online to offline (O2O) sehingga anak didik tetap dapat mengakses materi pelajaran tambahan di platform Zenius meki tidak memiliki sambungan Internet. Proyek perdana Zenius dengan Kemendes PDTT berlangsung di 15 sekolah di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Sekolah akan mendapatkan server agar dapat mengakses materi pelajaran dari Zenius.

Blanja

Saat ini Blanja.com menjadi satu-satunya situs dagang elektronik yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebagai marketplace hasil kerja sama (joint venture) antara Telkom dengan eBay, Blanja.com memberikan kemudahan kepada konsumen untuk berbelanja di situs dagang internasional asal Amerika Serikat tersebut.

Saat berbelanja, konsumen tidak perlu memikirkan kerumitan soal biaya ekstra yang harus dibayarkan. Harga total yang tertera setelah membeli produk dari eBay asal Amerika lewat Blanja.com sudah termasuk pajak, bea cukai serta ongkos kirim.

Selain memberi akses untuk berbelanja barang-barang dari luar negeri, pengelola juga memberi dukungan kepada pedagang dalam negeri lewat kategori Asli Indonesia, yang menampilkan produk-produk dari penjual lokal. Kategori Asli Indonesia saat ini terdiri dari sub-kategori kuliner, fesyen dan kerajinan, yang diisi antara lain oleh usaha kecil menengah binaan pemerintah. Pengunjung Blanja.com juga bisa membeli aneka produk yang dijual BUMN, seperti beras, minyak goreng, dan gula dari Bulog. Ada juga aneka coklat yang dijual oleh Sarinah, dan kopi serta teh dari Perkebunan Nusantara.

Blanja.com, dengan slogan "Blanja Tanpa Batas", mengalami pergantian kepemimpinan tahun lalu.

Aulia E. Marinto mundur dari jabatannya sebagai CEO dan pindah ke Telkom Group sebagai wakil direktur di bidang konsumen. Posisinya di Blanja.com digantikan oleh Jemy Confido. Blanja.com saat ini berada di urutan keenam perusahaan rintisan di Indonesia berdasarkan data dari situs Startup Ranking per 22 Juni, dengan jumlah kunjungan (traffic) mencapai 1,7 juta per bulan.

Alodokter

Usaha rintisan Alodokter hadir di Indonesia sejak 2014, bermula dari pengalaman pendirinya Suci Arumsari mencari informasi valid serta dokter yang tepat untuk menangani penyakit genetik yang dialaminya.

Layanan dari perusahaan rintisan di bidang kesehatan itu tersedia dalam versi situs web dan aplikasi, yang menghubungkan penggunanya dengan 20.000 dokter di seluruh Indonesia secara digital. Pengguna bisa berkonsultasi mengenai gejala penyakit yang dialami melalui fitur mengobrol (chat).

Layanan konsultasi dengan dokter spesialis juga tersedia di aplikasi, namun pengguna akan dikenakan biaya yang bisa dibayarkan melalui bank maupun dompet digital.

Selain berkonsultasi, Alodokter juga menyediakan fitur untuk membuat janji dengan dokter dan rumah sakit. Saat ini mereka sudah bekerja sama dengan 500 rumah sakit di Indonesia.

Situs dan aplikasi Alodokter juga menampilkan beragam artikel mengenai kesehatan yang sudah melewati pengecekan oleh pakar sesuai bidangnya. Hingga pertengahan 2019, Alodokter sudah mempublikasikan 350.000 informasi mengenai kesehatan yang dapat dipercaya.

Alodokter 10 startup terbaik Indonesia, tercatat memiliki lebih dari 20 juta pengguna aktif bulanan. Peringkatnya berada di urutan ketujuh perusahaan rintisan asal Indonesia menurut daftar di situs Startup Ranking per 23 Juni 2019.

Ruangguru

Salah satu platform belajar daring buatan Indonesia, Ruangguru milik PT Ruang Raya Indonesia menyajikan beragam layanan interaktif bagi penggunanya untuk menimba ilmu. Sasarannya adalah siswa dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, termasuk para siswa yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi.

Lewat kelas berbayar Ruangguru yang didirikan oleh Adamas Belva Syah Devara, Muhammad Iman Usman, pengguna dapat belajar dengan menggunakan video, berlatih mengerjakan soal secara daring, hingga berkonsultasi tentang pekerjaan rumah melalui fitur obrolan.

Salah satu pembeda Ruangguru dengan platform belajar daring lainnya, mereka memiliki produk digital bootcamp berupa sesi belajar dengan grup belajar daring se-Indonesia. Siswa akan bergabung dengan satu grup untuk satu mata pelajaran yang dipandu oleh tutor.

Untuk menarik minat lebih banyak orang menggunakan layanan dalam aplikasi Ruangguru, perusahaan rintisan tersebut menggaet nama-nama yang populer di kalangan millenial.

Pada tahun 2018, Ruangguru menggandeng aktor dan musisi Iqbaal Ramadhan yang terkenal memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan. Tidak hanya sebagai duta, Iqbaal pernah menjadi mentor dalam salah satu program yang diadakan oleh Ruangguru.

Ruangguru, menurut data di situs Startup Ranking per 23 Juni 2019, mendapatkan pendanaan seri B pada 2017 lalu dari UOB Venture. Menduduki peringkat kedelapan perusahaan rintisan asal Indonesia.

DokterSehat

Situs DokterSehat secara khusus menyajikan informasi seputar kesehatan kepada masyarakat Indonesia dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti. Perusahaan startup yang membidik bidang kesehatan itu mempunyai dukungan tim dengan latar belakang bidang kesehatan sehingga menempatkannya dalam peringkat kesepuluh menurut Startup Ranking.

DokterSehat mengingatkan pembaca mereka untuk bersikap bijak dalam membaca artikel kesehatan. Salah satunya dengan berkonsultasi ke dokter jika mendapati gejala-gejala penyakit yang sama dengan yang dibahas di tulisan.

Tidak hanya berisi artikel mengenai kesehatan, DokterSehat menyebut platform mereka sebagai portal kesehatan karena menyediakan forum tanya-jawab melalui rubrik konsultasi. Namun hingga pekan terakhir Juni 2019, tulisan terbaru di forum tanya-jawab tersebut merupakan tulisan pada 2018 dan di dalam situs tidak ditemukan fitur untuk bertanya.

DokterSehat juga ingin menjadi situs rujukan untuk mencari rumah sakit dan dokter. Mereka memiliki direktori rumah sakit dan dokter beserta informasi tempat praktik dan spesialisasi. Situs itu bahkan dilengkapi kalkulator untuk menghitung kalori, indeks massa tubuh, masa subur, dan usia kehamilan.

Menurut data situs Startup Ranking per 25 Juni 2019, traffic bulanan situs tersebut sekitar 4,6 juta kunjungan.

Elevenia

Berada pada urutan ke sepuluh, berdasarkan peringkat pengunjung yang dilakukan Startup Ranking. Perusahaan rintisan Elevenia yang saat ini dimilik oleh Salim Group, dibeli dari XL Axiata,  menggunakan tag line "Situs Belanja Terlengkap", berupaya membidik millenial. Hal itu terlihat dari bahasa yang digunakan. Menggunakan kosa kata "kamu" dan desain situs web yang kekinian. Berdasarkan peringkat Alexa pada 02 Juli 2019 setelah pemutakhiran algoritma Google pada Juni, mereka berada pada kelompok #299 Indonesia.
10 Startup Terbaik Indonesia
  • Title : 10 Startup Terbaik Indonesia
  • Posted by :
  • Date : 7:45 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 10 Startup Terbaik Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top