728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Target Kemenkominfo 8 Juta UMKM Go-Online


Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Indonesia di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo, menargetkan sebanyak 8 juta rekan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bergabung dalam program "Go Online" dengan sejumlah "marketplace" di Indonesia.

"Jadi melalui program ini, kami targetkan sebanyak 8 juta UMKM bisa membangun ekonomi digital bersama dengan platform-platform "marketplace" ini," kata Samuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo di SCBD (Sudirman Central Business District), Jakarta Selatan, Senin.

"Go Online" merupakan program kerja sama antara pemerintah, UMKM, dan pemilik platform belanja daring di Indonesia, untuk meratakan akses pasar online dan membangun ekonomi digital berbasis teknologi internet di Indonesia.

Metode pemasaran produk lokal melalui pasar daring, lanjut Samuel, masih harus terus disosialisasikan, mengingat Indonesia memiliki sebanyak 53 juta penggiat UMKM di berbagai daerah. Selain untuk memperkenalkan digitalisasi, Samuel menilai dengan adanya media pemasaran baru yang sangat dinamis ikuti perkembangan zaman juga dapat berbanding sama dengan penjualan produk lokal dari UMKM yang bergabung.

"Tidak hanya mengenalkan mereka (UMKM) dengan channel marketing baru, tapi bagaimana produk-produk lokal ini bisa ditingkatkan penjualannya dan mengikuti tren," kata dia.

Senada dengan Samuel, Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja menyambut baik usulan dan ajakan kerja sama tersebut. Ia pun optimistis pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia mampu berkembang ke arah yang lebih baik.

"Perkembangan e-commerce di Indonesia memiliki potensi yang besar. Saya percaya pertumbuhan ekonomi digital dapat maksimal dengan sumber daya yang terus beradaptasi dengan tren global saat ini," ujar Handhika pada kesempatan yang sama.

Handhika menambahkan, kehadiran sejumlah platform belanja daring di Indonesia berfungsi untuk memantau tren baru dan memberikan saran bagi pegiat UMKM agar dapat mengikuti perkembangan tersebut. Untuk menunjang program yang dicanangkan, Kemenkominfo telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan salah satu platform pasar daring, Shopee .

Sebelumnya, beberapa platform sepuluh besar startup terbaik, penguasa bisnis pasar daring Indonesia lainnya seperti BukaLapak, Tokopedia, BliBli, dan Blanja milik BUMN telah melakukan hal serupa bersama Kemenkominfo.

Artikel terkait:
Target Kemenkominfo 8 Juta UMKM Go-Online
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Target Kemenkominfo 8 Juta UMKM Go-Online Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top