BukaLapak Usaha Rintisan Teratas Indonesia


Jakarta - Market place tempat berkumpul para pedagang daring laukukan jual beli online BukaLapak yang didirikan oleh Achmad Zaky Syaifudin saat ini menjadi usaha rintisan peringkat teratas asal Indonesia. Data ini disajikan oleh situs pemeringkat Startup Ranking per 22 Juni 2019.

Startup Ranking memetakan dan mencatat jumlah kunjungan atau traffic bulanan yang berkunjung ke BukaLapak per data bulan Juni 2019 sebanyak 131,7 juta kunjungan. Dengan demikian saat ini menjadi salah satu startup berjudul unicorn, yang memiliki valuasi di atas sepuluh miliar dolar Amerika Serikat, di Indonesia.

BukaLapak pada awal 2019 menyatakan titel decacorn, tingkatan valuasi startup di atas unicorn, bukan tujuan utama mereka dalam berbisnis melainkan memberbedayakan pedagang dan usaha kecil yang tersebar di berbagai kota, bukan hanya dari Jakarta.

Artikel terkait: Cegah Marketplace Monopoli Perdagangan Online

"Yang namanya decacorn - unicorn itu bukan sesuatu yang kita cari sebagai tujuan utama. Tujuan utama Bukalapak terdekat adalah bagaimana Bukalapak bisa terus berkembang dan bisa memajukan UKM di Indonesia," kata Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid, pada Januari 2019.

BukaLapak hingga akhir 2018 memiliki sekitar 40 juta pelapak, toko atau indvidu yang berdagang, sementara jumlah pengguna (users) pemilik akun di sana mencapai 50 juta orang.

BukaLapak hingga saat ini belum mengakuisisi perusahaan mana pun, awal tahun 2019 mereka menyatakan memang belum ada rencana untuk membeli perusahaan untuk melakukan pengembangan usaha.

Artikel terkait: 5 Bisnis Kekinian Untuk Generasi Milennial

Meski belum mengakuisisi usaha rintisan mana pun, BukaLapak terus mengembangkan layanan, yang terbaru mereka membuka BukaGlobal agar penggiat Usaha Kecil Menengah Indonesia dapat terhubung dengan pasar yang lebih luas MENJANGKAU beberapa negara, dimulai dari kawasan regional seperti negara jiran Malaysia.

BukaLapak, seperti platform jual beli pada umumnya, dapat diakses melalui situs dan aplikasi untuk perangkat mobile. Sejak 2018, Bukalapak menggandeng Dana penyedia gateway payment untuk layanan pembayaran dengan dompet digital.

Setelah start-up BukaLapak, secara acak terdapat usaha rintisan ternama 10 Startup Terbaik Indonesia, Blibli, Traveloka, Blanja, Alodokter, Ruangguru, Dokter Sehat, Elevenia dan Zalora Indonesia, Zenius Education,.
Previous Post Next Post

News Feed