728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Ragam Teh Terbaik untuk Penderita Diabetes

 

Jakarta – Diabetes atau biasa disebut kencing manis merupakan penyakit yang berbahaya di mana ini merupakan kondisi saat kadar gula dalam darah tinggi. Penyakit ini berkembang secara bertahap dan dapat menyebabkan komplikasi berbahaya itu yang menjadi alasan diabetes juga disebut sebagai pembunuh diam-diam (the silent killer).
 
Untuk itu para pengidap penyakit diabetes disarankan oleh dokter untuk memperhatikan makanan apa yang dikonsumsinya agar tidak menyebabkan gula darah tinggi dan mengganggu produksi insulin di dalam tubuh.
 
Mengutip boldsky, hasil dari penelitian menyarankan orang yang memiliki diabetes untuk meminum teh kurang lebih satu sampai dua gelas sehari, ini dilakukan untuk mengecilkan kemungkinan akan terkena diabetes melitus dan mencegah komplikasi.
 
Kandungan teh yang mengandung antioksidan dan polifenol dapat membantu mengurangi serangan diabetes tipe 2. Oleh karenanya, berikut ragam teh yang mudah ditemui yang dikutip dari healthline.

 
1. Teh Hijau
Teh hijau, teh yang setelah diseduh berwarna hijau ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya bagi penderita diabetes. Dengan mengkonsumsi teh hijau dapat mengontrol tingginya gula darah. Selain itu juga menurut penelitian teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Karena insulin penting untuk tubuh untuk menghilangkan gula di dalam darah. Sumber tertentu pun mengatakan minum teh hijau dapat mengurangi kerusakan sel, peradangan, serta mengoptimalkan kontrol gula darah. Berdasarkan 7 penelitian dengan total 286,701 orang juga menunjukan peminum teh memiliki resiko rendah terkena diabetes sebesar 18%.
 
2. Teh hitam
Teh yang memiliki warna lebih pekat daripada teh hijau karena teroksidasi ini miliki kandungan kafein yang lebih tinggi. Namun ternyata memiliki manfaat sangat baik untuk pengidap diabetes. Dengan mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak seperti dari makanan manis terbukti dapat meningkatkan kadar gula dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2. 

Saat mengonsumsi gula hormon yang bernama insulin akan membawa gula ke otot yang digunakan sebagai energi, namun jika Anda mengonsumsi gula lebih dari batas maka gula tersebut tersimpan menjadi lemak. Teh hitam hitam pun disarankan untuk dikonsumsi daripada mengonsumsi minuman ataupun makanan manis, teh hitam juga terbukti dapat meningkatkan penggunaan insulin di tubuh. Berdasarkan penelitian menunjukan teh hitam dapat menurunkan kadar gula darah dan mendorong tubuh mengolah gula.

 
3. Teh Kamomil
Teh Kamomil, teh herbal yang terbuat dari bunga kamomil (Chamomile) ini memiliki ciri khas tersendiri dalam segi rasa dan aroma. Cocok dikonsumsi saat pagi karena menenangkan, teh ini juga jadi pilihan pengganti karena tidak mengandung kafein. Namun ternyata teh ini sangat baik dikonsumsi penderita diabetes.
 

Dapat menurunkan kadar gula darah dan mengontrol kadar gula, kandungan anti inflamasinya mencegah kerusakan sel di pankreas yang mana terjadi ketika kandungan gula darah meningkat. Kesehatan pankreas sangat penting karena, pankreas memproduksi insulin. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 64 orang pengidap diabetes, mereka yang mengonsumsi teh kamomil setiap hari saat makan selama 8 minggu terbukti dapat signifikan menurunkan di kadar darah rata-rata dari pada mereka yang meminum air.
 
4. Teh Oolong
Teh oolong merupakan teh tradisional dari China. Sebenarnya jenis teh yang digunakan sama dengan teh hijau maupun teh hitam namun yang menjadi pembeda yakni bagaimana teh ini di proses.
 

Menurut penelitian menunjukan pengidap diabetes terbukti saat mengonsumsi 1,5 liter the per hari dapat menurunkan kadar gula sebesar 30% pada 30 hari penelitian. Selain itu, dengan mengonsumsi teh kamomil dapat mengoptimalkan kontrol gula darah serta ketidakseimbangan yang menyebabkan komplikasi terkait diabetes.
 
Itulah teh yang sudah terbukti baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes, pastikan Anda meminumnya tanpa gula, susu, dan tambahan lainnya. Selamat mencoba!

Ragam Teh Terbaik untuk Penderita Diabetes
  • Title : Ragam Teh Terbaik untuk Penderita Diabetes
  • Posted by :
  • Date : 11:46 AM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ragam Teh Terbaik untuk Penderita Diabetes Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top