Pengertian Digital Marketing, Kelebihan dan Jenisnya

 

Pembahasan tentang apa itu digital marketing sering menjadi topik hangat pada era internet sekarang ini. Karena kinerjanya seringkali lebih efektif ketimbang marketing konvensional. Lalu apa sebenarnya digital marketing dan apa pula kelebihan serta kekurangannya? Kita akan bahas selengkapnya di sini.

Apa Itu Digital Marketing

Digital marketing atau banyak yang menyebutnya dengan istilah internet marketing. Yaitu serangkaian strategi pemasaran dengan menggunakan media internet.

Berbeda dengan marketing konvensional yang masih menggunakan media offline seperti selebaran, pamflet, billboard, spanduk, memasang iklan di televisi, koran dan lainnya. Internet marketing lebih menjadi pilihan karena memberikan hasil yang besar dengan biaya yang lebih kecil.

Kelebihan Digital Marketing

Dilansir dari KataData, pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2022 sebanyak 204,7 juta penduduk dari berbagai tingkatan usia. Itu berarti 77,02% penduduk Indonesia beralih menggunakan internet untuk mencari informasi. Lebih banyak ketimbang media offline seperti TV, radio, atau koran.

Inilah alasan mengapa internet menjadi pilihan untuk marketing. Karena audiensnya lebih banyak. Selain itu, ada banyak kelebihan digital marketing yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Antara lain :

1. Lebih Hemat Biaya

Bayangkan jika Anda harus menyewa billboard di jalan utama kota, menyewa space iklan di koran ternama atau memasang iklan di televisi. Berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk promosi produk. Wajar jika hanya perusahaan besar saja yang bisa melakukannya.

Tapi dengan digital marketing, biaya iklan jauh lebih rendah. Bahkan ada beberapa cara yang mungkin melakukannya secara gratis. Seperti menggunakan media sosial, website marketing, atau email marketing. Maka tak heran jika usaha kecil bisa melakukan promosi dengan biaya yang sangat terjangkau.

2. Dapat Diukur

Saat memasang iklan di televisi, radio, koran, atau billboard, Anda tidak bisa menghitung. Berapa orang yang menonton atau melihat iklan tersebut. Dapat menghasilkan berapa penjualan. Dan seberapa efektif pemasangan iklan terhadap perkembangan bisnis.

Berbeda jika menggunakan digital marketing. Performa iklan biasanya sudah terukur. Anda bisa melihat berapa orang yang membuka tautan, membagikan video iklan, mengklik tombol click to action, suka dengan konten iklan dan berinteraksi di dalamnya hingga berapa banyak jumlah penjualan yang datang dari iklan.

Semua ini bisa Anda jadikan alat ukur untuk mengambil keputusan. Apakah akan meneruskan menggunakan strategi yang sama, mengubah, atau bahkan menghentikannya. Sehingga budget iklan tidak terbuang percuma.

3. Target Market Potensial

Iklan yang efektif adalah iklan yang tujuannya untuk target market paling potensial. Satu gambaran saja. Misalkan Anda menjual produk fashion remaja. Target market yang sesuai adalah usia antara 15 hingga 25 tahun.

Tentu ini sangat sulit jika menggunakan iklan billboard. Karena yang lewat di jalan raya tidak hanya usia remaja saja.

Lain halnya jika menggunakan digital marketing. Anda bisa mengatur siapa saja yang akan melihat iklan tersebut. Berapa usianya, dimana domisilinya, apa kesukaannya dan lain sebagainya. Penjualan lebih tinggi karena yang langsung melihatnya merupakan target market paling potensial.

4. Jangkauan Lebih Luas

Dari pembahasan apa itu digital marketing, akan muncul kesimpulan bahwa jangkauan pemasaran bisa lebih luas. Karena internet bisa menjangkau seluruh dunia. Termasuk bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis dan memperluas target market hingga luar negeri.

Digital marketing memungkinkan Anda untuk meningkatkan visibilitas brand hanya dalam satu klik saja. Selain itu, internet marketing juga bisa mempermudah pelanggan untuk berbelanja kapanpun dan dimanapun.

5. Lebih Interaktif

Digital marketing juga memungkinkan untuk melakukan pemasaran secara berkelanjutan. Dengan cara membangun hubungan baik dengan pelanggan. Menyapa mereka kapanpun melalui media sosial marketing. Menerima kritik dan saran untuk memperbaiki layanan yang kurang maksimal.

Menyapa pelanggan dengan ramah bisa membuat mereka merasa nyaman dan dihargai. Sehingga akan melakukan pembelian berulang dan memberikan testimoni positif pada bisnis Anda.

Jenis-jenis Digital Marketing

Setelah mengetahui apa itu digital marketing, maka perlu juga mengetahui jenis platform apa saja yang bisa Anda manfaatkan. Digital marketing bisa menggunakan banyak media. Tapi hanya beberapa saja yang paling efektif. Berikut diantaranya :

1. Website

Ada banyak peran website pada digital marketing. Website seperti toko online sekaligus etalase untuk meletakkan produk. Di sini pelanggan bisa melihat toko Anda menawarkan produk apa saja melalui gambar lengkap dengan harga dan deskripsi produk.

Website juga bisa berfungsi sebagai kantor online untuk meningkatkan citra perusahaan. Melayani semua keperluan customer servis bagi pelanggan yang ingin menyampaikan pertanyaan, keluhan, kritik dan saran. Atau sebagai company profile untuk meyakinkan calon pelanggan yang ingin menggunakan jasanya.

2. Sosial Media Marketing

Kalau website bisa menjadi toko online, etalase, kantor online dan media company profile, sosial media marketing bisa untuk fungsi lainnya. Yaitu membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Dengan cara membuat konten yang menarik sesuai target market secara berkala.

Dengan sosial media marketing, Anda bisa menyapa langsung mereka. Melihat seberapa besar ketertarikan mereka terhadap produk atau layanan Anda. Dengan interaksi yang tinggi dan konsisten inilah pelanggan bisa lebih loyal. Tidak ragu untuk melakukan repeat order karena merasa Anda menghargai mereka.

3. Online Advertising

Online advertising adalah cara menjangkau target market lebih luas dengan cara instan. Yaitu dengan membayar biaya iklan pada beberapa platform. Untuk membantu kampanye iklan pada target market lebih luas dan cepat.

Seperti penggunaan Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, dan lain sebagainya. Ini memang membutuhkan biaya. Tapi jauh lebih murah ketimbang menggunakan iklan offline.

4. Email Marketing


Email marketing menjadi pilihan ketika Anda ingin memberi penawaran dengan cara lebih privasi. Meski termasuk cara lama, namun cara ini masih efektif sebagai salah satu langkah digital marketing.

Terlebih email marketing mengeluarkan biaya relatif sedikit, tetapi hasilnya maksimal. Akan semakin potensial, sebab diprediksi pada tahun 2023 ada 4,3 miliar pengguna email di seluruh dunia. Serta 86 persen konsumen ingin menerima email promosi dari produk langganan mereka sebulan sekali.

5. Iklan Advertorial


Jenis digital marketing advertorial, saat ini semakin booming. Banyak konten tentang ini disajikan pada situs berita online mainstream. Caranya, menulis artikel pencerahan dan soft selling, disebut juga dengan nama native ads.

Saat ini iklan advertorial adalah salah satu jenis online advertising yang sangat ampuh. Jumlah pembaca pada media daring, menjadi target yang tepat sasaran, selain itu, mudah tampil di halaman utama situs pencari. Penjelasan terpisah dan sangat lengkap dapat dibaca di sini, disajikan situs berita online Benhil

6. Search Engine Optimization (SEO)

Memiliki website saja tidak cukup. Perlu adanya tambahan search engine optimization agar website mudah ditemukan. SEO adalah cara meningkatkan penjualan dengan menguasai halaman pertama penjualan.

Mengapa harus berada di halaman pertama? Karena kecenderungan audiens akan membuka website yang ada di halaman pertama mesin pencarian. Ketika mereka tidak menemukan apa yang mereka cari, alih-alih akan mencari pada halaman berikutnya. Mereka justru akan keluar dan mengganti kata kuncinya.

Banyak juga pebisnis yang menggunakan SEO sebagai langkah untuk memenangkan persaingan. Dengan berada di halaman pertama, website Anda akan lebih banyak mendapatkan traffic. Semakin banyak kunjungan, kesempatan mendapat leads dan konversi penjualan akan lebih luas.

Selain itu, website yang berada di halaman pertama terkesan lebih kredibel daripada mereka yang ada di halaman selanjutnya. Sehingga mampu meningkatkan citra perusahaan dan brand awareness produk (branding) atau layanan yang Anda tawarkan.

SEO Marketing Bersama RAJASEO

Digital marketing bikin pusing? Iya. Ini anggapan bagi siapapun yang masih pemula. Namun jika semua platform digital marketing berjalan, dari brand awareness hingga sales bisa meningkat.

Hanya satu jenis digital marketing pada penjelasan sebelumnya yang memungkinkan autopilot. Yaitu search engine optimization atau SEO. Namun mencapainya butuh waktu, dana dan keahlian yang tidak sedikit. Terlebih jika melakukannya sendiri, mengaplikasikan SEO marketing. Akan ada trial & error yang dapat menguras sumber daya lebih banyak lagi serta buang-buang waktu.

Kabar baiknya, sekarang Anda tidak perlu lagi optimalisasi SEO sendiri. Karena RAJASEO, SEO agency di Jakarta akan membantu website Anda menempati halaman pertama. Melampaui kompetitor Anda. Dengan demikian pemilik bisnis, bisa focus menjalankan usahanya.

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun sebagai digital marketing agency, utamanya Search Engine Optimizatioan, , RAJASEO mengetahui betul bidang SEO untuk setiap produk. Bisa Anda jadikan partner terbaik untuk meningkatkan penjualan dan memenangkan persaingan. Ingin tahu lebih banyak apa itu digital marketing SEO yang sesuai dengan produk Anda? Segera konsultasi langsung bersama ahlinya, master SEO Indonesia.
 

Optimizer

Pemilik beberapa blog yang dikelola dengan baik oleh Internet marketer, konsultan internet marketing dan professional photographer di Jakarta, pendiri digital agency dengan layanan jasa pemasaran online dengan berbagai konsep terbaru, seiring dengan perkembangan teknologi internet diantaranya penyedia layanan jasa SEO (Seach Engine Optimization)

Post a Comment

Previous Post Next Post