Kelebihan Canva Pro Berbanding Versi Gratis

Canva

 

Sejak pertama kali dirilis oleh kreatornya, Melanie Perkins, pada 1 Januari 2012 di Sydney Australia, aplikasi Canva telah menyita perhatian publik. Ini terbukti dengan jumlah pengguna aplikasi mencapai 750 ribu orang di tahun pertama rilisnya. Sejak saat itu, banyak desainer grafis yang berbicara tentang Canva Pro.

Canva adalah aplikasi desain online yang akan membantu siapapun untuk bisa membuat desain visual. Meski tanpa memiliki skill desain. Cara kerja aplikasi ini dengan menyediakan gambar, grafis, template, hingga video yang siapapun bisa memakainya secara instan. Cukup padukan gambar, template, video dan font huruf. Maka jadilah desain yang unik dan menarik.


Canva

 

Tentang Canva Pro

Ada 2 versi Canva yang terinstall dalam satu aplikasi. Yaitu versi gratis dan versi berbayar atau yang biasa disebut dengan versi pro. Versi gratis bisa Anda nikmati tanpa harus mengeluarkan biaya untuk berlangganan bulanan. Sayangnya, fitur yang tersedia pada versi gratis terbatas.

Berbeda dengan versi berbayar yaitu Canva Pro. Canva Pro adalah aplikasi Canva versi berbayar. Dimana user bisa menikmati aneka macam fitur menarik yang akan membuat hasil desain terlihat lebih nyata dengan membayar biaya berlangganan selama satu bulan atau satu tahun.


Kelebihan Canva Pro

Bicara tentang Canva Pro tidak akan jauh-jauh dari kelebihan yang melampaui versi gratisnya. Wajar saja, karena untuk bisa menikmati aneka fitur yang ada di dalamnya, developer mengharuskan user membayar biaya langganan. Lalu apa saja kelebihan Canva Pro? Berikut informasi selengkapnya :

1.    Jumlah Video, Foto, dan Grafis Lebih Banyak


Mungkin Anda bisa merasa puas dengan stok foto atau grafis yang tersedia di versi gratis. Namun itu belum seberapa. Karena pada versi canva pro, tersedia lebih banyak lagi stok gambar, video, dan grafis bebas royalty. Sehingga pengguna bisa berkreasi lebih baik lagi dengan stok elemen desain yang tidak pasaran.

Dalam versi pro ini tersedia lebih dari 6 juta video 4K dengan HD pralisensi. Juga 25.000 trek video anti mainstream yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain unik dan menarik. Limpahan stok elemen grafis inilah yang membuat Canva Pro menjadi andalan para desainer grafis pemula.

2.    Fitur Penghapusan Background Foto

Ada kalanya user merasa kurang puas dengan adanya latar belakang dari sebuah foto sehingga ingin menghapusnya. Atau ingin membuat foto dengan background merah atau biru untuk kepentingan pembuatan surat-surat penting.

Sayangnya, fitur hapus atau ganti background belum ada pada Canva versi gratis. Anda bisa mencoba menggunakan Canva Pro karena terdapat fitur hapus atau ganti background.

Caranya sangat mudah. Pilih fitur background remover Canva Pro. Lalu impor foto dari galeri. Lanjutkan dengan drag and drop foto pada artboard dan klik edit. Jangan lupa pilih background remover. Dan lihat saja. Latar belakang pada gambar langsung terhapus dengan rapi.

3.    Adanya Fitur Pengubah Ukuran


Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa setiap platform menggunakan ukuran gambar yang berbeda. Ukuran yang pas  untuk satu platform bukan berarti bisa menggunakannya untuk platform lain dengan ukuran yang pas juga. Inilah yang kadang menjadi masalah tersendiri.

Beruntung pada Canva Pro terdapat fitur magic resize. Fitur ini memungkinkan user menggunakan desain yang sama untuk dua platform yang berbeda. Cukup buka desain yang telah Anda buat. Lalu gunakan fitur magic resize. Maka desain gambar langsung bisa menyesuaikan dengan platform lain secara otomatis.

4.    Folder yang Besar Untuk Penyimpanan

Masih tentang Canva Pro dengan segudang fitur yang memanjakan. Salah satunya adalah memiliki ruang penyimpanan hingga 1 TB. Space penyimpanan yang cukup besar ini tidak akan Anda temukan pada Canva versi gratis. Karena ruang penyimpanan versi gratis hanya 5GB saja.

Ruang penyimpanan sebesar 1 TB, user bisa menggunakan untuk menyimpan semua desain yang telah selesai. Terutama bagi desainer yang memiliki banyak klien. Karena selain lebih bebas, juga lebih luas.

5.    Adanya Dukungan Pelanggan

Dengan versi gratis mungkin Anda merasakan adanya dukungan pelanggan dengan email selama 24 jam dan 7 hari penuh. Namun sayangnya, balasan email dan penyelesaian masalah pada versi free bisa hingga satu minggu lebih. Ini dikarenakan banyaknya pengguna yang menyampaikan pertanyaan maupun keluhan.

Beda halnya jika menggunakan versi pro. Tidak hanya layanan email yang setiap saat mudah mengaksesnya. Dengan prioritas melakukan balasan atau penyelesaian masalah bisa kurang dari 24 jam. Ini merupakan salah satu layanan eksklusif bagi para pengguna versi berbayar.

6.     Dukungan Fitur Content Planner

Tentang Canva Pro tidak hanya sebatas membuat desain saja. Tapi juga terdapat fitur content planner yang bisa posting content secara otomatis ke 8 platform sekaligus. Ini memungkinkan bagi content creator media sosial untuk membuat kalender konten, menjadwalkannya dan posting otomatis.

Bagi Anda yang selama ini masih menggunakan aplikasi desain dan aplikasi kalender content yang berbeda, sekarang tidak lagi. Karena Canva Pro mampu memberikan layanan keduanya hanya dalam satu aplikasi saja.

7.    Menggunakan Latar Belakang Transparan

Desain gambar akan lebih menarik jika bisa melakukan pemisahan gambar dengan latar belakang dengan sempurna. Kebutuhan inilah yang Canva Pro hadirkan. Sehingga menyajikan fitur untuk memisahkan foto dengan latar belakangnya menggunakan latar belakang transparan.

Dengan fitur ini, proses editing menjadi lebih mudah. Dengan hasil yang lebih halus. Cocok bagi Anda yang hobi utak-atik atau editing foto.

8.    Bisa diakses dengan Android dan Website

Canva Pro mudah mengaksesnya baik menggunakan android maupun lewat website canva.com. Inilah yang menjadikan desainer bisa meramu komponen desain dengan menggunakan berbagai device.

9.    Tersedia Fitur Save Otomatis

Membayangkan baru separuh mendesain tiba-tiba mati lampu atau kehabisan kuota internet memang menyebalkan. Karena hasil kerja keras membuat desain lenyap seketika karena belum sempat menyimpannya.

Beruntung Canva Pro memiliki fitur save otomatis. Yang akan langsung melakukan penyimpanan ketika device tiba-tiba mati atau tidak ada jaringan internet. Sangat membantu bagi para guru yang menggunakan desain sebagai alat ajar bagi para siswanya. Atau bagi para desainer grafis freelancer yang sedang menghadapi high season.

Kekurangan Canva

Sama seperti aplikasi lainnya, canva pro juga memiliki beberapa kekurangan. Seperti hanya bisa dengan internet saja untuk menggunakannya serta membutuhkan jaringan yang stabil. Ini yang menjadi kendala tersendiri bagi daerah dengan akses internet yang minim.

Selain itu, kelemahan lain yang sering dikeluhkan tentang Canva Pro adalah waktu download video yang terlalu lama. Untuk durasi video selama 8 menit, memerlukan waktu download hingga 30 menit. Waktu yang terlalu lama untuk durasi video pendek.

Nah, itulah beberapa informasi tentang Canva Pro. Untuk bisa menggunakan semua fitur premium ini, user hanya dikenakan biaya mulai dari 99 ribu per bulan saja. Ini sangat terjangkau jika membandingkannya dengan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan aplikasi ini.

Previous Post Next Post

News Feed