cPanel Hosting Perangkat Lunak Server

cPanel

cPanel adalah salah satu panel kontrol internet paling populer yang digunakan saat ini karena fiturnya yang serbaguna dan sekalian keamanan yang tinggi. Pengelola server atau hosting, sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan cPanel, sehingga mereka dapat memanfaatkan perangkat lunak yang kuat ini secara maksimal.

Salah satu keuntungan besar menggunakan cPanel hosting adalah situs web yang di-hosting di dalamnya sangat safety dan aman karena semuanya dilakukan oleh satu administrator. Hal ini memungkinkan pengguna yang tidak berwenang untuk mengakses dan mengedit file penting yang tidak diotorisasi.

Misalnya, jika administrator masuk ke server, ia memiliki kontrol penuh atas file di server itu dan dapat melakukan pemeliharaan yang diperlukan. Selain itu, cPanel menawarkan banyak opsi penyesuaian yang dapat digunakan administrator untuk keuntungan mereka. 

Misalnya, administrator dapat menyesuaikan panel kontrol mereka sesuai dengan kebutuhan organisasi mereka. Untuk melakukan ini, mereka hanya perlu tahu cara menggunakan alat kustomisasi cPanel. 

 



cPanel adalah perangkat lunak panel kontrol hosting web yang digunakan untuk mengkonfigurasi, memelihara, dan melakukan tugas administratif di server. Ini adalah program komputer yang dirancang terutama untuk mengkonfigurasi dan mengelola jaringan Unix, Unix-like, dan Windows NT/2000/2003/2008. 

Tetapi juga digunakan untuk mengkonfigurasi komputer pribadi. Ini memiliki banyak fitur canggih dan berguna yang menjadikannya panel kontrol paling populer di dunia.

cPanel tersedia untuk berbagai sistem operasi populer seperti Microsoft Windows, Mac OS serta Linux dan masih banyak lagi yang lainya.

Setelah menginstal cPanel, pengguna dapat masuk ke panel kontrol dengan kredensialnya. Pengguna dapat memilih apakah mereka ingin masuk sebagai administrator atau tidak dengan memilih opsi selama proses masuk. Setelah masuk, pengguna dapat melakukan tugas mereka tanpa menghadapi masalah apa pun.

Salah satu provider cloud hosting terbaik Indonesia, juga menyediakan fitur cPanel Niagahoster bagi pengguna jasa mereka.

Fitur Hebat cPanel 

Fitur keren c-Panel lainnya adalah memungkinkan untuk mengelola beberapa server web dari satu jendela panel kontrol. kalian tidak perlu membuka beberapa jendela panel kontrol saat mengelola server kalian.

Sebagai gantinya, kalian dapat mengelola semua server kalian dari satu jendela dengan memilih jenis server kalian dari menu di bagian atas jendela. Setelah memilih jenis server, kalian dapat melakukan semua tugas yang diperlukan seperti pembaruan perangkat lunak (software) dan pengaturan konfigurasi tanpa meninggalkan jendela panel kontrol.

cPanel tersedia sebagai produk mandiri atau sebagian bagian dari distribusi Linux. Seorang pengguna harus memiliki pengetahuan teknis yang cukup untuk menginstal dan mengkonfigurasi cPanel. Jika pengguna tidak memiliki pengetahuan teknis, cPanel dapat diinstal pada server langsung oleh pemiliknya. 

Dengan cara ini, pemilik hanya perlu tahu cara menggunakan alat server dan bukan cPanel itu sendiri. Lisensi cPanel memungkinkan satu orang untuk mengelola beberapa server, meskipun setiap server harus memiliki lisensi sendiri.

Login cPanel memberi pengguna akses ke dashbord cPanel melalui antarmuka browser web. Login memungkinkan pengguna untuk mengelola seluruh sistem cPanel dari satu lokasi. Ini termasuk membuat akun baru, mengelola kotak surat dan alokasi ruang disk, mengubah pengaturan dan mengunggah atau mengunduh file. Akun cPanel juga dapat ditugaskan ke server individual untuk manajemen akun terpusat di setiap mesin.

Ini memastikan pencadangan data dan prosedur pemulihan yang akurat pada server yang mogok atau yang di-boot ulang. cPanel adalah perangkat lunak hosting internet yang dibuat oleh Linophis. Selain menyediakan layanan web hosting, cPanel berisi sejumlah alat keamanan dan administrasi, diantaranya untuk membuat database baru.

Alat-alat ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai fungsi administratif di server, seperti membuat akun baru atau mentransfer file. cPanel juga memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengkonfigurasi akun dan grup pengguna. Ini juga memiliki fitur manajemen email dan spam yang luas.

Perangkat lunak atau software cPanel mencakup banyak fitur yang memungkinkan administrator untuk mengontrol akses pengguna individu di server mereka.

Contohnya adalah alat manajemen grup yang memungkinkan administrator membuat dan mengelola grup untuk penggunanya. Grup memberi pengguna opsi keamanan tambahan dengan mengizinkan mereka mengelola akun untuk orang lain di organisasi mereka. 

Grup juga dapat digunakan untuk tujuan organisasi seperti melacak produktivitas karyawan atau mengklasifikasikan file berdasarkan tingkat klasifikasi.

Seperti yang bisa kita lihat, cPanel adalah alat administrasi sistem yang sangat kuat yang dapat sangat mempengaruhi pengalaman online webmaster sebagai administrator atau pengguna. Siapa pun yang pernah menjalankan bisnis internet akan mendapat manfaat dari penggunaan cPanel dalam kapasitas tertentu, karena cPanel menyediakan sejumlah besar alat yang akan disukai oleh setiap pemilik bisnis!

cPanel fasilitas yang digunakan untuk membuat email baru serta menyertakan kemampuan pemfilteran spam yang memungkinkan administrator memblokir email masuk melalui akun mereka dengan kata kunci atau filter. 

Hal ini memungkinkan penghapusan email di cPanel tanpa memerlukan interaksi manusia yang mengurangi beban server dan melindungi terhadap potensi virus di email masuk. 

cPanel juga menyertakan kemampuan antivirus yang kuat yang memindai email keluar dari server untuk mencari tau, apakah cPanel webmail terinfeksi virus, sebelum mengirimkannya keluar. Hal ini memungkinkan administrator server untuk melindungi reputasi organisasi mereka dengan memastikan tidak ada virus yang masuk ke kotak email perusahaan.

Previous Post Next Post

News Feed