Keuntungan Menggunakan Cloud Hosting

Cloud Hosting

 

Artikel kali ini mengulas, apa manfaat atau keuntungan dari Cloud Hosting, salah satu jenis hosting ini belum lama populer di kalangan para webmaster dunia termasuk di Indonesia, karena skalabilitas dan fleksibilitasnya yang baik. 

Jenis hosting ini menggunakan beberapa server untuk menyeimbangkan beban atau load server dan memaksimalkan server uptime.

Teknologi dari Cloud Hosting menggabungkan beberapa server yang bekerja layaknya satu server yang utuh. Gabungan dari beberapa server ini disebut dengan ‘cloud cluster’, dan semakin banyak server tergabung dalam cluster, maka cluster semakin besar membagikan resources.

Benefitnya memakai hosting jenis ini adalah saat satu server sedang bermasalah, maka server lain akan memberikan sumber daya untuk menjaga agar website bisa tetap berjalan normal. Keunggulan Cloud Hosting inilah yang membuatnya memiliki reliabilitas dan fleksibiltas tinggi daripada jenis web hosting lain.


Cloud Hosting

 

Ada Banyak Sekali Manfaat Cloud Hosting

Meski demikian, hosting jenis ini bukan untuk semua jenis website, misalnya seperti website yang tak membutuhkan banyak resources.

Jenis website ini tak perlu memakai Cloud Hosting karena tak cocok. Di bawah ini ada beberapa manfaat dari penggunaan Cloud Hosting untuk bahan pertimbangan sebagai bagian dari tips memilih hosting terbaik.

Uptime Cloud Hosting Stabil

Manfaat Cloud Hosting pertama adalah website tidak akan pernah mengalami downtime karena hosting jenis ini memanfaatkan resources dari beberapa server cloud yang ada dalam cluster.

Saat salah satu server gagal, maka server lain akan memenuhi permintaan tersebut tanpa halangan dan website pun bisa berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, hosting jenis ini tidak akan mengalami down meskipun banyak pengguna mengaksesnya.

 

Mudah Dikelola Oleh User

Selanjutnya tentang kelebihan dari hosting ini adalah mengelola Cloud Hosting ternyata cukup mudah. Hal ini karena Cloud Hosting memiliki opsi pengaturan dan pengelolaan website beragam.

Opsi dari jenis hosting ini sekilas mirip dengan layanan Shared Hosting. Tak hanya itu, layanan Cloud Hosting juga tetap memiliki control panel untuk mengatur tentang hal teknis dalam website.

Cloud Hosting juga memiliki fitur WordPress management untuk mengonfigurasi auto update dan melakukan preview web sebelum online ke publik. Jenis hosting ini juga kompatibel dengan Laravel dan Web Packages yang membuatnya mampu mengembangkan aplikasi berbasis web dengan PHP.

Manfaat Cloud Hosting lainnya adalah layanan ini memiliki fitur auto installer sehingga platform jenis apapun yang berguna bisa langsung ready berkat fitur dari Cloud Hosting.

Loading Time Lebih Cepat

Hosting jenis ini memiliki teknologi load balancing untuk membagikan beban resource ke beberapa server berbeda. Hal inilah yang membuat layanan hosting ini memiliki waktu loading lebih cepat dibanding dengan jenis web hosting lainnya.

Aman Dari Malware dan Hacker

Manfaat selanjutnya adalah perihal keamanannya. Performa dari layanan hosting ini tak perlu diragukan lagi karena Cloud Hosting mampu mengatasi berbagai celah keamanan di website.

Ada lima fitur keamanan tersedia di Cloud Hosting ini, yakni CloudLinux OS untuk mencegah terjadinya kebocoran data pribadi dan bisa melakukan update PHP secara teratur agar web aman.

Lalu proteksi malware dan DDoS untuk membantu scan berkala dan memastikan website aman dari malware, serta menjaga website dari serangan hacker. 


Tersedia Layanan Bantuan 24 Jam

Hal ini sangat berguna karena pihak layanan bantuan bisa membantu pemilik website memigrasikan website jika pemilik tersebut ingin melakukan upgrade ke Cloud Hosting. Tak hanya itu, layanan customer service dari hosting jenis ini tersedia selama 24/7.

Data Recovery Cukup Mudah

Hosting jenis ini bisa mencegah terjadinya kehilangan data pengguna. Cloud Hosting melindungi data pengguna dengan melakukan storing dan backup di lokasi berbeda.

Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya kehilangan data secara permanen jika terjadi sesuatu pada pusat data tersimpan. Tak hanya ketatnya keamanan di internet, hosting jenis ini juga bermanfaat untuk penyimpanan data teraman dan mudah.

Dari sekian banyak keuntungan dari Cloud Hosting, tak semua jenis website bisa menggunakan layanan hosting jenis ini. Cloud Hosting sangat cocok untuk website yang membutuhkan banyak data pemrosesan, bandwith dan juga ruang disk untuk mengakomodasi ramainya pengunjung dan jumlah file serta data tersimpan.

Oleh karena itu, jenis hosting di awan ini, biasanya cocok untuk jenis website toko online, situs berita, agregator, media sosial, website pemerintah, web agensi, startup atau usaha rintisan dan proyek dengan traffic tinggi lainnya.

Hosting cloud juga memiliki kekurangan, biasanya lebih rentan terkena cyber attack ketika koneksi tidak aman. Tak hanya itu, kecepatan server dari layanan hosting ini juga bergantung dari kecepatan internet yang dipakai.

Menggunakan layanan hosting ini hargnya juga bisa lebih tinggi, karena banyak cloud provider yang menerapkan sistem pay as you go. Pengguna layanan hosting, perlu berhati-hati dalam mengelola server resources karena biaya hosting bisa berubah menjadi sangat mahal jika sembarangan mengelola.

Manfaat Cloud Hosting memang menguntungkan, tapi sesuaikan penggunaannya dengan jenis website yang akan dikelola, terutam untuk proyek dengan traffic yang tinggi, bukan website biasa, seperti company profile atau hanya sekedar pembuatan landing page.

Post a Comment

Previous Post Next Post

News Feed