Multichannel Marketing Solusi Kreatif Jalankan Pemasaran Online

Multichannel Marketing

 

Salah satu cara meningkatkan penjualan adalah dengan menggunakan multichannel marketing. Cara ini memungkinkan penjualan datang dari banyak arah. Sehingga omset bisnis bisa ditingkatkan lagi.

Tidak hanya untuk meningkatkan penjualan. Multi channel marketing juga menjadi cara untuk meningkatkan brand awareness dan citra perusahaan. Telah banyak perusahaan besar yang membuktikannya, pebisnis menengah kebawah mulai menggunakan pemasaran multi saluran ini.

Lalu apa itu multi channel marketing, apa saja media internet yang digunakan, dan apa manfaatnya? Kita akan membahas selengkapnya di sini.


Pengertian Multichannel Marketing

Apa itu multi channel marketing? Yaitu sebuah cara pemasaran yang menggunakan kekuatan koordinasi antar channel. Baik channel online dengan online maupun dengan saluran offline.

Jika dilihat dari bahasa, multi berasal dari kata multus yang berarti banyak, channel berasal dari kata canalis yang berarti saluran, dan marketing yang berarti pemasaran. Jadi bisa dikatakan bahwa multichannel marketing adalah cara pemasaran sebuah produk atau layanan yang menggunakan banyak saluran.


Cara ini makin banyak yang menggunakannya beberapa tahun terakhir. Mengingat semakin banyak konsumen yang beralih menggunakan riset digital sebelum memutuskan melakukan pembelian. Terutama untuk media digital marketing. Tidak hanya menggunakan satu saluran saja. Tapi juga banyak platform atau channel untuk memperluas pemasaran, jalankan digital marketing.

Jenis Saluran Pemasaran

Sesuai dengan arti harfiah, yang mana multi channel marketing ini menggunakan banyak media saluran untuk memasarkan sebuah produk atau layanan. Adapun beberapa media atau saluran yang sering menjadi pilihan antara lain :

1.    Email Marketing

Meski email marketing sudah menjadi cara lama dalam sebuah promosi atau kampanye pemasaran, namun masih banyak perusahaan yang menggunakan media ini. Karena mereka anggap paling efektif untuk marketing dengan cara direct massage.

Marketer lebih leluasa menjelaskan banyak hal terkait promo, katalog produk baru, corporate sosial responsibility yang perusahaan lakukan, atau kampanye lain pada target market secara privat. Tanpa banyak orang yang tahu seperti ketika menggunakan sosial media marketing.

2.    Outlet

Walaupun digital marketing dinilai cukup efektif untuk menjangkau market lebih luas lagi, namun bukan berarti mengabaikan keberadaan outlet atau toko fisik. Karena toko fisik, outlet, kantor fisik, dan gudang merupakan salah satu komponen reputasi bisnis yang tidak bisa melupakannya begitu saja.

Sebagian besar konsumen lebih percaya pada toko online yang memang memiliki toko fisik. Lebih kredibel, terpercaya, dan profesional. Bahkan ada pula konsumen yang memilih datang ke toko fisik untuk membeli langsung. Alasannya agar bisa melihat produk secara langsung sebelum memutuskan membelinya.

Maka dari itu, jangan abaikan keberadaan outlet sebagai salah satu saluran pemasaran. Anda juga bisa mencantumkan alamat gerai dalam website marketing atau akun Google my business pada pencarian lokal (local search).

3.    Push Notification

Push notification biasanya ada pada halaman penting di website atau aplikasi. Tujuannya adalah ketika ada audiens berkunjung dan tertarik dengan produk atau layanan tersebut, bisa langsung mengeksekusi saat itu juga. Tanpa harus menggunakan langkah panjang untuk memasukkan keranjang.

4.    Layanan Pesan Singkat

Sama seperti email, layanan pesan singkat atau SMS juga mulai banyak yang meninggalkan. Tapi bukan berarti sudah tidak ada yang menggunakannya lagi. Ada beberapa perusahaan yang masih menggunakan SMS untuk mengenalkan produk baru bagi pelanggannya. Atau memberi informasi tentang promo yang sedang berjalan.

Salah satu contoh perusahaan yang menggunakannya adalah kartu provider seluler. Selain menggunakan aplikasi khusus, mereka juga menggunakan SMS sebagai media komunikasi dan pemasaran untuk pelanggannya.

5.    Media Sosial

Media sosial marketing sering menjadi pilihan untuk mengumpulkan leads. Setelah leads terkumpul, link akan membawa visitors untuk mengunjungi website marketing. Pada website marketing itulah konversi terjadi.

Selain itu, media sosial juga bisa menjadi pintu traffic website selain dari mesin pencarian. Sehingga traffic website bisa lebih tinggi untuk keperluan optimasi website itu sendiri.

6.    Podcast

Podcast merupakan salah satu multichannel marketing yang akhir-akhir ini banyak penggunanya. Berperan seperti radio yang memungkinkan untuk mengundang para ahli di bidangnya. Tujuannya adalah sebagai media komunikasi dan meningkatkan citra perusahaan dengan video atau audio seperti layaknya talk show.

Selain cara yang diterangkan di atas, Anda juga bisa melengkapi strategi digital marketing tersebut dengan pemasangan iklan advertorial atau content marketing. Psting artikel di situs yang relevant dan berpotensi leads leads dengan konversi yang bagus.

Manfaat Multichannel Marketing

Ada beberapa manfaat multi channel marketing yang bisa Anda peroleh, dan menjadi penyemangat ketika pemasaran daring ini, mampu meningkatkan sales secara signifikan.

1.    Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan

Perilaku alami pengguna internet adalah sering berpindah channel. Atau menggunakan lebih dari satu channel. Dengan multichannel marketing, Anda akan lebih mudah untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan. Karena kemanapun mereka pergi, mereka bisa menemukan Anda di banyak channel yang Anda gunakan.

2.    Lebih Mudah Melakukan Retargeting

Mungkin pelanggan tertarik saat melihat produk di salah satu channel. Tapi mereka langsung keluar sebelum melakukan pembelian dan pindah ke channel lain. Jika memiliki banyak saluran atau kanal, Anda bisa melakukan retargeting dengan menggunakan channel lainnya.

3.    Mengurangi Biaya

Bayangkan jika Anda hanya mengandalkan outlet saja. Atau hanya mengandalkan website marketing saja. Mahalnya biaya sewa toko dan pembuatan serta pengelolaan website justru akan membuat biaya marketing lebih mahal dengan konversi yang lebih kecil.

Berbeda jika menggunakan banyak channel. Anda masih bisa menggunakan channel gratisan seperti sosial media untuk meningkatkan konversi tanpa menambah biaya pemasaran.

4.    Mempermudah Konsumen dengan Kolaborasi Channel

Misalkan saja penggunaan email marketing sebagai langkah awal yang kemudian menghubungkannya dengan website. Dengan melalui email inilah konsumen akan langsung terhubung dengan halaman etalase produk tanpa harus lelah mencari website di media sosial.

Semakin mudah konsumen menemukan website toko online, semakin besar pula peluang untuk mendapat konversi. Inilah alasan mengapa multichannel marketing bisa menjadi cara kolaborasi channel yang paling efektif.

Multi Channel Marketplace

Nah, bagi Anda yang memiliki toko online di banyak marketplace, sekarang tidak perlu merasa repot lagi untuk mengurus masing-masing tokonya di marketplace yang berbeda, ada aplikasi untuk itu.

Dengan software tersebut, Anda bisa menghubungkan berbagai marketplace terbesar di Indonesia. Seperti Lazada, Bukalapak, Shopee, Tokopedia, Zalora, Zilingo, Blibli, hingga TikTok Shop. Mengelola toko online di semua marketplace sekaligus.

Beberapa fitur unggulan yang bisa dibangun developer profesional antara lain:

1.    Sinkronisasi Produk e-Commerce Multi Channel

Ketika Anda melakukan update terkait produk, akan langsung tersinkronisasi otomatis pada multichannel. Seperti chat commerce, e-commerce, dan website.

2.    Fitur Resi Otomatis

Yang memungkinkan Anda mengelola pesanan dan membuat resi hanya di satu tempat. Sehingga lebih cepat, praktis, dan minim risiko kesalahan.

3.    Dashboard Data & Laporan Transaksi

Fitur ini memungkinkan user memantau perkembangan bisnis dengan menggunakan data analitik yang tampil pada dashboard. Tersedia dalam format XLSX yang bisa langsung Anda unduh.

4.    Fitur Multistore

Punya banyak toko online di satu marketplace yang sama? Kamu bisa menggunakan multistore ini untuk mengelolanya. Seperti melakukan update stock, mengelola chat pelanggan dan memproses orderan. Hanya di satu tempat tanpa harus buka tutup browser.

Saatnya Anda take action, jalankan pemasaran online kembangkan bisnis, kelola online store dengan berbagai cara kreatif yang diterangkan seoTama di atas. Cukup mudah Anda jalankan sendiri, atau bangun team kecil multi talent dan maju bersama-sama.

Post a Comment

Previous Post Next Post

News Feed