Cara Memilih dan Rekomendasi Penyedia Hosting Terbaik

Hosting Terbaik Indonesia

 

Bagi para pengembang website, cara tentukan penyedia hosting terbaik merupakan salah satu hal yang penting dan perlu diperhatikan. Hosting yang bagus sangat berguna untuk performa website itu sendiri. Hosting dan website adalah satu kesatuan tak bisa dipisahkan, seperti satu paket lengkap dan saling membutuhkan.

Web hosting bertugas untuk menyimpan semua data website. Data disimpan ini dapat dikelola oleh pemilik website dengan menggunakan internet. Adapun data tersebut bisa berupa gambar, video, script, email, aplikasi dan database penting.

Setiap web hosting biasanya memiliki kapasitasnya, masing-masing sesuai kebutuhan pengguna atau pemilik website tersebut. Website sendiri biasanya dipakai untuk tujuan berbeda-beda.

 

Cara Melihat Hosting Terbaik Untuk Berbagai Keperluan

Ada menggunakan website untuk keperluan pribadi biasa dijadikan blog. Ada juga website untuk organisasi, companya profile, perusahaan bahkan toko online atau e-Commerce untuk para pebisnis online.

Sebelum menjalankan website dengan bantuan hosting tertentu, alangkah lebih baik untuk mengetahui cara tentukan hosting terbaik lebih dulu sebelum memutuskan menggunakannya secara asal. 

Memilah hosting terbaik di Indonesia maupun penyedia jasa hosting dunia, perlu dilakukan sebelum membangun website, tips untuk itu dibagikan oleh seoTama, pada artikel ini.

Sesuaikan dengan Platform yang Digunakan

Menentukan platform akan digunakan merupakan langkah awal dan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih hosting. Platform terkenal lebih mudah digunakan dan SEO friendly adalah CMS (Content Management System) WordPress. Ada juga menggunakan platform seperti Blogger, WIX, Joomla dan lain sebagainya.

Setelah menentukan platform, cara menententukan provider hosting terbaik selanjutnya adalah menyesuaikan dengan jenis website apa akan dikembangkan. Karena, hosting memiliki beberapa ragam berbeda.

Contohnya untuk website blog atau kebutuhan pribadi, lebih baik menggunakan shared hosting karena lebih murah biaya per bulannya. Sedangkan untuk toko online lebih baik menggunakan hosting jenis VPS (Virtual Private Server).

Karena toko online atau e-Commerce membutuhkan banyak produk dan aktivitas kunjungan yang besar sehingga memerlukan hosting memiliki performa lebih baik.


Kualitas Performa Server

Setelah menentukan jenis website apa akan dikembangkan, barulah pengguna website tersebut perlu mencari tahu hosting akan user gunakan nanti memiliki kualitas performa server baik atau tidak?

Ada banyak parameter bisa kita lihat, seperti lokasi server. Alangkah lebih baik server website yang digunakan berada di lokasi yang sama dengan calon pelanggan. Tak hanya itu, cek spesifikasi server terletak di data center penyedia layanan hosting juga penting untuk dilakukan.

Harga paket Hosting Terbaik

Cara tentukan hosting terbaik selanjutnya adalah dengan mengecek harga paket hosting yang akan digunakan. Biasanya harga paket lebih tinggi menawarkan performa yang lebih baik.

Meskipun begitu, pastikan dapatkan harga terjangkau namun tetap memperoleh layanan hosting terbaik untuk digunakan website nanti.

Hal yang perlu dipertimbangkan selanjutnya adalah memastikan tim customer support dari hosting kita gunakan berkualitas. Idealnya, layanan ini harus tersedia selama 24 jam agar saat ada gangguan, customer support akan siap membantu kapan pun dan di mana pun.

Kebijakan Garansi Uang Kembali

Biasanya hal ini diberikan oleh penyedia layanan hosting, dan hampir semua penyedia layanan hosting memiliki kebijakan ini meskipun syarat dan ketentuan ditetapkan berbeda-beda. Niagahoster, salah satu penyedia jasa hosting terbaik Indonesia menyediakan layanan itu, jaminan layanan terbaik dengan garansi 30 hari uang kembali.


Meskipun begitu, pastikan memilih layanan dengan syarat dan ketentuannya benar, tak menyesatkan. Cek bagaimana sistem pengembalian uangnya, berapa nominal akan didapat, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga uang kembali.

Selain fitur utama, fitur tambahan juga perlu dipertimbangkan sebagai cara tentukan hosting terbaik. Idealnya perhatikan fitur tambahan berkaitan dengan proteksi dan keamanan.

Contohnya masalah spam, pastikan hosting memiliki fitur SpamAssassin Protection dan SpamExperts agar hosting digunakan untuk website lebih aman.

Melihat Bermacam Review Pelanggan

Terakhir adalah melihat review pelanggan lain. Calon pengguna hosting bisa menelusuri blog atau forum untuk mengecek ulasan terkait suatu layanan hosting. Cara ini termasuk salah satu tips memilih hosting terbaik yang mudah Anda lakukan.

Baca ulasan dari blog dan forum yang terpercaya untuk mendapatkan gambaran lebih objektif sebelum memutuskan memilih jenis hosting tertentu.

Hosting sendiri dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan si pemilik website. Adapun jenis-jenis hosting dimaksud adalah:

  • Shared Hosting

Biasanya digunakan untuk bersama atau digunakan oleh beberapa pemilik website berbeda dalam satu server fisik yang sama. Jenis layanan ini cocok untuk website pemula yang dijalankan di internet untuk kebutuhan personal.

  • Cloud Hosting

Jenis hosting ini menggunakan beberapa server tersebar untuk menyeimbangkan performa website atau memaksimalkan uptime. Hosting jenis ini tidak menggunakan single server tapi menggunakan teknologi cluster atau beberapa server tergabung dan bisa berjalan sebagai satu server yang utuh.

Biasanya hosting jenis ini digunakan untuk website dengan traffic tinggi atau fungsionalitasnya besar, seperti untuk kebutuhan e-Commerce, website instansi pemerintah dan website atau situs bisnis milik perusahaan.

  • VPS Hosting

Hosting jenis ini menggunakan teknologi virtualisasi membagi sumber daya pribadi pada server dengan multiple user. Kelebihan dari hosting jenis ini adalah pemilik website bisa mengontrol penuh pengelolaan website memiliki traffic tinggi dan tingkat keamanan tinggi.

Hosting jenis ini harganya lebih mahal dibanding shared hosting dan lebih unggul dari shared hosting. Biasanya hosting jenis ini cocok untuk profesional, situs berita nasional dengan traffic besar, atau website dengan UGC (User Generate Content)

Cara tentukan hosting terbaik di atas bisa diterapkan sebelum benar-benar memilih hosting jenis apa yang akan digunakan. Baik itu penyedia hosting Indonesia maupun provider dunia, seperti Hostgator. Ketahui tujuan dasar website akan dikembangkan, lalu pilihlah hosting berdasarkan pertimbangan-pertimbangan telah disebutkan di atas. [seoTama]

Previous Post Next Post

News Feed