Samsung Incar Fitur Car Crash Detection untuk Galaxy S24 dan Z Fold 5

 

Fitur Car Crash Detection

Meskipun pesaing seperti Apple dan Google menawarkan deteksi kecelakaan mobil di ponsel cerdas mereka, lini Samsung Galaxy tidak memiliki fitur yang berpotensi menyelamatkan nyawa ini. Namun, penemuan terbaru mengisyaratkan kemungkinan perubahan dalam waktu dekat.

Deteksi tabrakan mobil menggunakan sensor ponsel, seperti akselerometer dan mikrofon, untuk mendeteksi jika Anda mengalami kecelakaan.

Jika ya, secara otomatis dapat menghubungi layanan darurat atau memberi tahu kontak Anda. Ini bisa menjadi penting dalam situasi di mana Anda sendiri tidak dapat mencari bantuan.

Meskipun ponsel Samsung memiliki perangkat keras yang tepat untuk ini, perusahaan belum membuatnya berfungsi. 

Baca juga: TikTok Sedang Uji Coba Fitur Deteksi Otomatis Belanja di Video

Tapi ada kabar baik! Mishaal Rahman dari Android Police menemukan petunjuk bahwa Samsung mungkin sedang berupaya menambahkan fitur deteksi tabrakan mobil.

Dilansir dari Gizmochina, Rahman menemukan sensor bernama “Car Crash Detect Wakeup” saat menjelajahi aplikasi Tasker di ponsel Galaxy Z Fold 5 dan S24 Ultra.

Sensor tersebut dilaporkan merupakan sensor komposit atau sensor virtual yang mengumpulkan data dari sensor fisik seperti giroskop dan akselerometer. 

Tujuannya adalah untuk mencegah kejadian sensor batching sehingga dapat segera melaporkan potensi kecelakaan mobil ke aplikasi terkait.

Selain itu, Rahman menemukan aplikasi tersembunyi bernama “MoccaMobile” di One UI 6.1 build, yang berisi kode terkait untuk memulai dan menghentikan sensor tabrakan mobil. 

Baca juga: Begini Cara Fitur Baru Apple Mengamankan iPhone Anda yang Dicuri

Aplikasi ini hadir dalam One UI 5.1.1 untuk Galaxy Z Fold 5, One UI 6 untuk Galaxy S23 Ultra, dan One UI 6.1 untuk Galaxy S24 Ultra.

Meskipun temuan ini sangat menyarankan dimasukkannya deteksi tabrakan mobil, Samsung belum secara resmi mengumumkan rencana apa pun untuk memperkenalkan deteksi tabrakan mobil untuk seri Galaxy S24 atau Z Fold. 

Ada kemungkinan bahwa fitur tersebut sedang menjalani pengujian untuk rilis di masa mendatang, dan hanya waktu yang akan mengungkapkan rencana perusahaan.

Bagaimanapun, penambahan deteksi tabrakan mobil akan menjadi tambahan yang berharga bagi pengguna Samsung. [seoTama]

Previous Post Next Post

News Feed