5 Teknik SEO untuk Meningkatkan Traffic Organik

SEO

Kehadiran dunia  digital bukan lagi suatu pilihan melainkan itu suatu keharusan.
Dari usaha kecil hingga perusahaan multinasional besar, visibilitas online mempunyai dampak besar terhadap kesuksesan sebuah bisnis.

Inilah sebabnya mengapa memiliki strategi optimasi mesin pencari atau Search Engine Optimization  (SEO) sangat penting bagi siapa saja yang ingin mengembangkan bisnis online mereka.

Apa Itu SEO dan Mengapa Penting


SEO adalah cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak perhatian pada situs web, konten, dan merek Anda.

Dengan mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari, Anda meningkatkan peluang Anda untuk mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Penelusuran organik sangat efektif karena orang-orang yang menemukan konten Anda secara aktif menelusurinya. Ini biasanya berarti prospek berkualitas lebih baik dan, oleh karena itu, lebih banyak keterlibatan dan konversi.

SEO adalah cara hemat biaya untuk meningkatkan visibilitas Anda dan memiliki potensi jangka panjang yang besar.


Tidak seperti iklan berbayar, di mana jangkauan biasanya menurun begitu Anda berhenti membayar, konten yang dioptimalkan mesin pencari dapat terus mendapatkan lalu lintas berbulan-bulan (atau bahkan bertahun-tahun) setelah pembuatan aslinya.

Dibutuhkan upaya awal yang lebih besar dan mungkin memerlukan waktu beberapa saat untuk melihat hasilnya, namun hal ini layak untuk ditunggu.

5 Teknik Strategi SEO Ramah Pemula

Meskipun SEO adalah strategi untuk membuat algoritme mesin pencari memberi peringkat konten Anda lebih tinggi, fokus Anda harus selalu tertuju pada audiens dan menyediakan konten yang berharga.

Lewatlah sudah hari-hari isian kata kunci dan tidak mengikuti teknik SEO terbaru.

Praktik SEO yang buruk akan menjadi bumerang, jadi ingatlah selalu: konten Anda harus ditulis untuk manusia dan dioptimalkan untuk mesin pencari, bukan sebaliknya.

Berfokus pada SEO adalah cara terbaik untuk meningkatkan lalu lintas organik ke situs web Anda.

Mari selami lebih dalam beberapa teknik dasar yang dapat Anda gunakan hari ini untuk memulai strategi SEO Anda!

1. Fokus Pada Bagian “Orang Juga Bertanya”.

Bagian “Orang Juga Bertanya” di Google adalah tambang emas untuk strategi SEO Anda.

Saat Anda menelusuri sesuatu, Google akan sering menyarankan topik terkait lainnya yang mungkin berguna.

Ini adalah cara yang bagus dan gratis untuk melakukan riset kata kunci dan menulis tentang hal-hal yang diminati orang.


Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini di konten, Anda memberikan jawaban yang mereka cari kepada pengguna dan meningkatkan peluang untuk muncul di bagian ini.

Bagus untuk visibilitas dan bagus untuk kredibilitas. 

Sumber lain untuk mengetahui pertanyaan apa yang dimiliki audiens Anda tentang topik tertentu adalah Answer the Public .

2. Pelajari Kompetisi Anda
Melihat apa yang dilakukan pesaing Anda adalah cara terbaik untuk mengumpulkan wawasan yang akan memengaruhi strategi SEO Anda.

Identifikasi kata kunci yang mereka rangking dan pelajari profil backlink mereka – Anda memerlukan alat SEO seperti SEMrush atau Diib untuk ini.

Sebelum berinvestasi pada alat SEO, Anda dapat mendaftar uji coba gratis, mengumpulkan informasi yang Anda perlukan, dan menentukan apakah alat ini ingin Anda gunakan lagi di masa mendatang.

Cara lain untuk melakukannya adalah dengan menganalisis konten pesaing Anda. Tinjau apa yang mereka tulis dan tanggapan apa yang mereka dapatkan dari audiens.

Jangan meniru strategi mereka, namun evaluasi apa yang tampaknya berhasil bagi mereka dan gunakan pengetahuan tersebut untuk membuat keputusan mengenai strategi Anda sendiri.

Jika Anda ingin mendalami analisis ini lebih dalam, lihat panduan ini .

3. Tautan Internal Dan Tautan Balik

Tautan sangat membantu untuk SEO, karena memberikan informasi lebih lanjut bagi pembaca Anda. Mesin pencari melihatnya sebagai konten yang lebih bermanfaat.

Tautan internal juga membantu mesin pencari memahami hubungan antara berbagai halaman/postingan di situs web Anda. Ini juga akan mendorong pembaca untuk melihat lebih banyak konten Anda.


Anda juga dapat menautkan ke sumber daya eksternal lainnya jika Anda yakin sumber tersebut bermanfaat bagi pembaca atau membantu Anda membuktikan pendapat Anda. Anda juga harus mengubah penyebutan suatu merek menjadi tautan.

Tautan balik, di sisi lain, merupakan faktor peringkat yang penting.

Tautan balik adalah tautan dari situs web lain ke situs Anda. Meskipun kuantitas membantu dalam hal ini, kualitas jauh lebih penting.

Saat situs web berkualitas tinggi menautkan kembali ke situs Anda, ini memberi tahu algoritme bahwa konten Anda akurat dan dapat dipercaya.

Di sisi lain, memiliki situs mencurigakan yang tertaut ke situs Anda dapat merusak reputasi Anda, sehingga lebih sulit untuk mendapatkan peringkat teratas.

4. Segarkan Konten Kedaluwarsa
Konten SEO Anda akan tetap efektif dalam jangka panjang, asalkan tetap relevan.

Itulah mengapa sangat penting untuk sering melihat konten lama yang berkinerja baik dan memperbaruinya jika perlu.

Ini mungkin tidak selalu diperlukan, tetapi pikirkan: apakah ada hal lain yang dapat Anda tambahkan untuk menjadikan konten ini lebih berharga?

Atau adakah sesuatu di sana yang tidak lagi benar atau tidak relevan lagi? Memperbarui konten Anda secara teratur adalah praktik yang bagus untuk SEO.

Google cenderung menyukai konten terkini dan relevan. Ini juga dapat menarik backlink baru, yang seharusnya menjadi bagian dari strategi SEO Anda.

5. Data Web Inti

Faktor penting lainnya dari SEO adalah Core Web Vitals situs web Anda. Mereka adalah bagian dari faktor peringkat yang digunakan mesin pencari dan tidak boleh diabaikan.

Laporan Data Web Inti dikumpulkan melalui data pengguna sebenarnya, dan faktor-faktor tersebut penting untuk pengalaman pengguna secara keseluruhan. Itu mengukur:

Cat Konten Terbesar (LCP) – Berapa lama waktu yang diperlukan agar konten utama di halaman Anda dimuat sepenuhnya (targetkan 2,5 detik atau kurang).

First Input Delay (FID) – Berapa lama waktu yang dibutuhkan pengguna untuk benar-benar berinteraksi dengan konten Anda (targetkan 100 milidetik atau kurang).

Pergeseran Tata Letak Kumulatif (CLS) – Seberapa banyak konten Anda berpindah-pindah di halaman hingga ditempatkan di tempat yang tepat (targetkan 0,1 atau kurang).

Ini mungkin agak terlalu teknis, namun secara keseluruhan, ini tentang pengalaman pengguna saat mereka pertama kali mengunjungi situs web Anda.

Pengalaman pengguna yang baik adalah bagian penting dari strategi SEO Anda, jadi Anda harus meluangkan waktu untuk memastikan situs web Anda sehat.

Beberapa faktor lain yang harus Anda perhatikan:

Kecepatan halaman – Gunakan alat seperti Google PageSpeed Insights atau GTmetrix untuk menganalisis kecepatan situs Anda dan mendapatkan rekomendasi perbaikan.

Responsif seluler – Kebanyakan orang menggunakan ponsel untuk menjelajah, jadi pastikan situs web Anda terlihat bagus di seluler dan berfungsi.

Pengoptimalan gambar – Ini adalah kesalahan umum yang menyebabkan masalah besar – gambar yang berat memperlambat situs web Anda, jadi pastikan Anda mengoptimalkan media apa pun sebelum mengunggahnya ke situs.

Konten mungkin menjadi raja dalam hal SEO, tetapi jika orang pergi sebelum mereka melihat konten Anda, tidak masalah seberapa bagus konten tersebut. [seoTama]
Previous Post Next Post

News Feed