728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak



Artikel yang sangat bernas, kiat penting cara merawat laptop agar tidak cepat rusak. Disajikan oleh teknisi senior VERSACOM. Pengelola pusat perbaikan berbagai merek laptop, MacBook di Mal Ambasador, Jakarta Selatan. Pemilik situs Ganti LCD Laptop, pusat penjualan dan ganti LCD Notebook, Ultrabook, MacBook dan iPad yang pecah.

Pemilik notebook selalu memiliki kesempatan untuk memperpanjang usia pemakaian komputer jinjing yang dimiliki. Selama memahami dengan baik, cara merawat laptop agar tidak cepat rusak dan tidak perlu beli baru lagi jika masih laik pakai, kecuali ada teknologi baru yang memaksa penggunanya harus beralih.

Siapapun pemilik laptop tentu dapat memperpanjang umur komputer selama bertahun-tahun dan menikmati kinerja yang lebih efisien. Tidak merongrong dompet untuk membawanya ke tempat service komputer dengan memahami cara merawat laptop dengan tepat. Tips ini sangat berguna, silahkan dibagikan pada kanal medsos Anda atau WhatsApp group yang diikuti, biar semakin banyak pengguna komputer yang memahaminya.

1. Rawatlah sistem operasi (OS) komputer agar kekinian. Bila itu Microsoft Windows atau Mac OS, lakukan pemutakhiran secara konsisten. Termasuk aplikasi yang digunakan seperti Microsoft Office, serta anti virus yang, terpasanga, selul diperbarui. Lakukan pembaruan ini sebagai bagian dari tune-up yang sedang berlangsung, termasuk browser internet yang digunakan, seperti Firefox atau Chrome besutan Google. Atur komputer untuk memperbarui semuanya secara otomatis sehingga tidak perlu memikirkannya. Hal ini hanya bisa dilakukan jika laptop dibekali dengan OS dan aplikasi original. Berbeda dengan bajakan, tidak dapat di up-date. Jika Anda tak peduli, begitu juga dengan resikonya, mungkin juga dianggap tak penting, diabaikan, seperti resiko serangan virus, spyware atau malware.

2. Jaga agar fisik laptop tetap bersih, singkirkan dari debu, kotoran, rambut, remah-remah camilan, tetesan teh atau kopi. Sepertinya sepele, namun dampaknya sangat berbahaya, terutama ketika debu menumpuk menghalangi kipas di dalam laptop untuk melakukan tugasnya. Hal ini sering terjadi, terutama bagi pengguna laptop yang bekerja di ruangan terbuka. Di proyek atau diatas sofa maupun karpet. Kotoran dan debu di sekitar, setiap saat dapat tersedot, nyangkut dan ngumpul di dalam komputer. Diantara motherboard, komponen dan sistim sirkulasi udara komputer. Bersihkan secara konsisten, termasuk keyboard dan touch-pad.

3. Jaga isi komputer tetap bersih. Jika laptop yang digunakan digerakkan dengan Windows, garya Bill Gates, pengunakan media penyimpan informasi hard drive (HDD), bukan SSD (Solid State Drive). Tetaplah membuatnya tampil dengan efisien. Lakukan defragmentasi sekali sebulan, menggunakan alat optimasi disk yang disedikan Windows. Secara default Windows 10 dapat melakukan defragmentasi mingguan tetapi dapat juga melakukannya sendiri jika komputer lemot. MacBook besutan Apple tidak lagi membutuhkan defrag manual.

4. Hapus file dan folder yang tidak diinginkan dan singkirkan aplikasi yang tidak digunakan. Termasuk file dan ikon yang ada di desktop, buang file screen shot yang tidak diperlukan lagi. Menambahkan RAM sangat membantu membuat komputer mampu melaju cepat. Saat komputer memiliki lebih sedikit item untuk dicari dan lebih banyak RAM untuk bekerja, tentu akan lebih cepat, ngacir Bro ... Ekspan RAM sampai batas maksimum, ini akan mendorong performa komputer, terutama ketika melakukan pekerjaan multi tasking sambil bersilancar di internet atau tersambung dengan Spotify dan aktifkan WhatsApp desktop.

5. Jaga agar laptop tetap adem. Semua jenis gadget, ponsel atau komputer, tidak menyukai sinar matahari atau hal-hal yang dapat menimbulkan panas. Gawai sangat membenci kondisi itu dan dapat mengurangi masa pakai komponen dengan ekstrim. Selain itu, saat menggunakannya, Anda juga merasa tak nyaman.

6. Upayakan konsisten. Apakah Anda suka dipindah tempatkan ketika sedang melakukan sesuatu? Komputer juga begita, saat bekerja, biarkan laptop diam ditempatnya, hindari berpindah. Ini sangat berpengaruh pada hard drive yang memiliki motor penggerak, berbeda dengan SSD. Walaupun demikian tetap diam saat bekerja tetap lebih baik. Komputer jinjing bukan berarti bekerja dengan dijinjing. Bentuknya yang portable, memudahkannya untuk dibawa kemana-mana.

7. Mengangkutnya dalam tas yang empuk akan lebih nyaman buat si laptop. Jangan dibanting atau diletakkan dengan kasar, atau membebaninya dengan barang lain. Walau laptop Anda tahan banting, tidak semua komponen yang ada didalamnya, sama kuatnya. Bagian-bagian kecil di bawah casing itu tidak super kasar. Jangan membawa laptop saat layar terbuka, sebaiknya tutup. Engsel-engsel itu tidak dibangun untuk menahan beban dan guncangan berlebihan. Jangan sekalipun jatuh, layar LCD bisa pecah berantakan dan harus diganti. Laptop jangan sampai penyok, sangat memalukan untuk tampil saat presentasi atau nongkrong di tempat umum.

8. Jaga agar kabel dalam kondisi yang baik. Kedengarannya sepele, namun pengguna gawai sering lupa tentang ini. Kadang kala kabel laptop suka diinjak sendiri, bahkan diinjak kursi kerja yang bisa digeser-geser. Awaslah terhadap sambungan dan konektor charger atau adaptor yang mudah rusak. Jangan mencambukkannya, menekuk kabel atau menghempaskannya. Letakkan dan gulunglah dengan cara yang baik. Adaptor laptop sangat rentan terhadap gangguan listrik, termasuk ketika ada petir di luar sana.

9. Saat laptop mau dinyalakan, cukup sedikit menekan tombol power on/off.  Hal ini sangat penting untuk mengurangi kerusakan pada perangkat keras yang sensitif itu. Biarkan komputer nyala sepanjang hari jika saat bekerja, sebelum selesai, tak perlu dihidupkan dan matikan berulang-ulang. Jika komputer tidak akan digunakan lagi, pastikan mematikannya, menutupnya dan meletakkannya di tempat yang sejuk. Hal ini sedikit berbeda dengan MacBook, MacBook atau MacBook Air, sistim pengaturan baterainya lebih baik. Hanya tutup layar cukup, tanpa shut down untuk beberapa hari.

10. Hal yang paling penting, jika terjadi gangguan dan tidak paham, sementara Anda awam, sebaiknya cari teknisi laptop, jangan cari orang yang "seolah-olah tau segala" dan dilabeli sebagai ahli IT. Berapa banyak laptop yang pernah dia perbaiki sehingga dia memiliki kapasitas mampu memperbaiki berbagai merek komputer yang memiliki karakteristik tersendiri.

Untuk warga Jabodetabek, bisa berkunjung ke tempat service notebook di Jakarta yang dikelola oleh VERSACOM di Mal Ambasador ketika membutuhkan teknisi mahir dan berpengalaman.

Cukup mudah untuk menjalankan tips diatas, hanya kebiasaan yang perlu diulang agar menjadi rutinitas, tau cara merawat notebook agar tidak cepat rusak, itu baru keren. Kalau bisanya merusak, siapapun mudah melakukan itu.
Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak
  • Title : Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak
  • Posted by :
  • Date : 9:15 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top