728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Cara Pembuatan Press Release Perusahaan

Press Release Perusahaan

Bagi perusahaan multinasional dan korporasi besar, cara pembuatan press release perusahaan sudah menjadi hal standar yang dilaksanakan dari waktu ke waktu. Tetapi bagi perusahaan startup (rintisan), menengah ke bawah dan usaha kecil menengah (UKM), press release terdengar seperti sesuatu yang tidak mudah untuk dimulai. Semoga hal ini bisa diatasi dengan baik melalui informasi di bawah ini.


Bagaimana Cara Membuat Press Release Perusahaan?

Press release perusahaan mempunyai karakteristik yang khas dibandingkan dengan tulisan yang dibuat untuk blog maupun website pribadi. Contoh press release perusahaan yang dibuat untuk media berita mempunyai cara penyampaian yang lebih formal dan struktur bahasa yang baku dibandingkan dengan cara pembuatan tulisan di blog atau website, apalagi jika dibuat untuk native advertising, cara halus beriklan dan mengajak pembaca untuk take action.

Press release perusahaan dibuat untuk menyampaikan informasi yang unik tentang kegiatan korporasi. Artinya informasi yang hendak disampaikan akan dipersiapkan menjadi sesuatu yang menarik atau memiliki nilai berita yang bisa mengangkat minat baca.

Untuk menarik minat pembaca, maka dalam penyampaiannya akan menggunakan pendekatan manfaat yang dapat dirasakan oleh publik seluas-luasnya dan menggunakan tatanan penulisan yang enak dibaca melalui perangkat komunikasi yang ada seperti smartphone, laptop dan tablet. Idealnya press release sangat bermanfaat apabila perusahaan berhasil menerapkan inovasi, pencapaian luar biasa, kegiatan penting dan prestasi spektakuler lainnya yang berdampak bagi masyarakat. Akan tetapi bila hanya befokus pada materi yang seperti itu, tentu tidak akan banyak perusahaan yang akan terliput.

Proses sampai selesainya press release perusahaan sangat bergantung pada struktur internal perusahaan dalam mengolah data dan persetujuan yang diperlukan. Sebaiknya ada eksekutif yang ditunjuk sebagai PIC agar semua proses terintegrasi untuk koordinasi dan klarifikasi yang diperlukan sampai press release terbit.

Unsur-unsur Press Release

Untuk membuat press release yang layak dimuat oleh media berita online dan cetak, maka konten yang disajikan harus dibuat memenuhi sejumlah unsur jurnalistik, atau kriteria yang bisa memenuhi ketentuan pemberitaan media.

Cara pembuatan press release yang benar tidak bisa disamakan dengan informasi promosi dan marketing seperti pembuatan advertorial. Tujuannya adalah untuk mendapatkan eksposur bagi perusahaan, orang penting dan merek (brand) sampai batas-batas tertentu.

Selain materi yang disampaikan relevan dengan pembaca, press release juga dibuat dengan tidak menggunakan bahasa dan jargon atau istilah yang tidak umum diketahui oleh masyarakat. Ini akan menyulitkan para jurnalis menginterpretasikan materi yang dibuat dengan penyampaian yang sesuai gaya jurnalis dan media yang bersangkutan. Akhirnya masyarakat sebagai pembaca juga tidak akan memahami secara maksimal pesan yang ingin disampaikan.

Artikel menarik:

Apabila ada hal penting atau krusial yang ingin disampaikan seutuhnya, maka kutipan langsung oleh figur atau pejabat penting dalam perusahaan akan membuat pemberitaan ini menjadi lebih kredibel.
Di era digital ini, press release yang baik akan disertai dengan minimal satu gambar atau image resolusi tinggi. Gambar atau image ini sangat membantu untuk menarik pembaca agar membaca berita, selain judul yang menarik.

Apabila ada keterbatasan dalam menyediakan gambar atau image ini, maka media online berita akan menggunakan gambar atau image yang relevan sebagai ilustrasi. Setiap media berita online memiliki ukuran yang berbeda dalam penempatan gambar atau image. Dengan gambar resolusi tinggi akan memberikan ruang kepada media berita untuk melakukan penyesuaian tampilan gambar terlebih untuk ukuran yang besar maupun dikompresi untuk gambar dikecilkan. Ini penting diperhatikan untuk liputan berupa photo news.

Saat ini press release juga dimunginkan dengan video menarik boleh ditampilkan di kanal YouTube media online bersangkutan maupun kanal video di website resminya, atau diposting oleh YouTuber pada kanal yang memiliki jumlah subscribers tinggi.

Jasa Profesional Pembuatan Press Release Perusahaan

Pembuatan press release perusahaan sangat membantu dalam persiapaan materi yang bisa memenuhi kriteria media yang banyak jumlahnya di luar sana. Ini akan memudahkan para jurnalis untuk menyajikannya dengan lebih cepat, akurat dan menarik, karena sebagian beban kreatif penulisan sudah terpenuhi.

Salah satu digital agency di Jakarta yang memberikan layanan pembuatan siaran berita dengan pilihan lebih dari tujuh puluh situs berita online nasional adalah ROCKAD, informasi tentang itu dapat dilihat di sini. Dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) pembuatan berita dapat didorong agar tampil pada top stories mesin pencari, disuguhkan pada laman pertama dan konten yang disajikan akan tersaji secara permanen.

Cara Pembuatan Press Release Perusahaan
  • Title : Cara Pembuatan Press Release Perusahaan
  • Posted by :
  • Date : 4:11 PM
  • Labels :
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Pembuatan Press Release Perusahaan Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top