728x90 AdSpace

Latest News

Pakar SEO Indonesia

Cara Promosi Jualan Online


Perkembangan teknologi internet yang begitu pesat, dimulai sejak awal tahun sembilan puluhan dan semakin memasyarakat di tahun dua ribuan, membuat cara berbisnis maupun pengusaha harus beradaptasi dengan pola belanja pelanggan. Begitu juga dengan cara promosi jualan online yang sangat luas dengan beragam pilihan.

Cara terbaik untuk mempromosikan bisnis di internet memiliki karakteristik tersendiri, bisa berfungsi sangat efektif sesuai dengan produk yang dipasarkan maupun jasa yang ditawarkan. Untuk menjembatani hal tersebut, memenuhi kebutuhan perusahaan untuk memperkenalkan produk melalui dunia daring, membuat kaum kreatif mendirikan usaha agency. Membantu pengusaha, baik itu bisnis retail, perusaaan hingga korporasi jalankan promosi dengan cara yang tepat oleh mereka yang memiliki pengalaman dan keahlian tersendiri.

Beberapa teknik marketing online tersebut kami uraikan pada artikel ini, mulai dari pemasangan iklan digital di Google, Facebook, Twitter, Instagram, YouTube hingga SEO (Search Engine Optimization).  Kegiatan berpromosi ini dapat diaplikasikan sekaligus maupun hanya memilih kanal yang tepat, sesuai dengan target pasar yang dibidik. Baca Cara Pemasaran Daring Yang Efektif

1. Pemasangan Iklan di Google
Google memiliki beberapa vitur yang sangat baik untuk jalankan promosi di internet, dikenal dengan Google Ads, baik berupa teks maupun gambar atau banner yang dapat dibayar sesuai dengan klik yang terjadi, disebut dengan iklan PPC (Pay Per Click). Dapat diterapkan oleh toko, usaha rintisan (strart-up) hingga situs belanja online berskala besar.

2. Facebook Ads
Facebook, media sosial terbesar dunia yang penggunanya di Indonesia ada pada peringkat lima besar. Memiliki fasilitas yang baik untuk pemasangan iklan dan bisa membidik kawasan, demografi yang lebih sempit, misalnya kecamatan di Jakarta. Sangat ideal digunakan untuk mempromosikan beragam bisnis, mulai dari online shop hingga portal berita dengan target audiens maupun pelanggan di daerah tertentu. Misalanya, hanya kawasan PIK, Kelapa Gading, wilayah Jakarta Selatan. Dengan mekanisme yang ada dapat menambah jumlah followers, like oleh pengguna Facebook yang potensial.

3. Twitter Ads
Media sosial yang sangat aktif dengan karaktersitik tersendiri, bisa menulis teks hingga 240 karater serta menautkan link untuk landing page, dapat digunakan dengan efektif untuk berpromosi hingga jalankan kampanye (digital campaign) kegiatan sosial maupun politik. Fiturnya dapat menambah followers (pengikut) maupun mengarahkan klik ke landing page yang diinginkan. Baik itu website maupun akun atau toko online di market place, e-commerce seperti TokoPedia, Blanja, BukaLapak, OLX, BliBli, Shopee maupun usaha travel agent.

4. Instagram
Media sosial dengan karakteristi gambar dan video, sangat diminati dan dinikmati kaum milenia yang tak bisa lepas dari gawai (gadget). Ideal membidik profile mereka, mempromosikan produk branded hingga merek baru yang sedang kekinian, dagang dengan cara kreatif. Fitur iklan yang tersedia dapat menambah jumlah followers dengan cepat dan tepat sasaran. Selain iklan resmi di Istragram, fungsi endorsment oleh pemilik akun yang followers lebih dari 20.000 dapat diajak untuk bekerjasama mempromosikan produk kepada pengikutnya agar cepat laku.

5. YouTube
Ada beberapa cara dan strategi untuk mempromosikan usaha atau jasa melalui YouTube milik Google, baik itu iklan berbayar Google Ads, maupun pembuatan video singkat untuk memperkenalkan produk, tokoh publik, kegiatan seminar, jasa profesional dan lain-lain. Termasuk promosi oleh YouTubers, pemilik kanal dengan jumlah subscribers yang besar.

6. Search Engine Optimization
Cara berpromosi maupun berjualan di internet yang sangat efektif, membidik pengguna internet yang sedang mencari informasi melalui mesin pencari. Dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) Website resmi milik perusahaan dapat ditempatkan pada laman pertama mesin pencari dengan membidik kata kunci tertentu (keywords). Mengalahkan pesaing yang sebelumnya mendominasi internet, membuat situs website ramai dikunjungi dan menaikkan peringkatnya di Alexa. Baca: Jasa SEO Website Perusahaan di Jakarta.

Selain teknik pemasaran digital di atas dapat juga dilakukan dengan pemasangan advertorial, atau tulisan pada situs berita online yang mengulas bisnis, baik itu perusahaan maupun jenis produk yang ingin diperkenalkan kepada masyarakat melalui pembaca koran online yang jumlahnya sangat besar, jika memilih melakukannya pada situs berita nasional dengan peringkat terbaik, seperti Detik, Jakarta Post, Tagar, JPNN, Kompas dan lain-lain.
Cara Promosi Jualan Online
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Promosi Jualan Online Rating: 5 Reviewed By: Optimizer
Top