Memahami Arti NFT dengan Mudah

NFT


Hi guys welcome back disclaimer dulu nih sebenarnya gua tuh udah main crypto dari tahun 2017, fokus gua adalah gimana caranya bisa trading di Cryptocurrency. Ngomongin tentang kreativitas namanya crypto nggak pernah ada hubungannya sama kreatifity tapi belakangan ini ada yang rame banget dibahas di internet namanya NFT (Non-fungible token).

NFT ini ada hubungannya sama creativity makanya gua pengen bahas di artikel kali ini sekali lagi di sini kita nggak ngajak kalian untuk membeli aset NFT apapun. Karena aset ini ya sama resikonya dengan aset-aset yang lainnya dalam bentuk crypto mudah-mudahan kalian bisa belajar dan serap ilmu yang ada di pembahasan kali ini. 

Sekarang gua kan bahas dalam bentuk grafik Apa itu enak sih dan bagaimana cara kerjanya bener-bener mulai dari basic gua nggak penonton yang nonton video ini ya banyak yang masih belum mengerti tentang NFT.
 

Apa itu NFT (Non-Fungible Token)

Yuk kita bahas apa itu NFT atau non-fungible token, penting untuk dipahami, dan menambah pencerahan.

NFT adalah singkatan dari non-fungible token artinya bisa dipecah tapi masih punya nilai yang sama kayak duit, koin emas, koin etherium dan lain-lain. 

Contohnya di sini gue punya Rp100.000 gua tuker sama pecahan Rp50.000 sebanyak 2 lembar tentunya aman banget karena nilainya sama.

Benda non fungiable ini tuh unik dan nggak sama dengan aset lainya kayak misalnya lukisan rumah atau kaya barang antik di museum.

Nah kalau di aset digital nya itu ada kayak beberapa aset yang laku hingga 8 miliar dan karakter bebek yang harganya kisaran 2 miliaran. Oke itu dia non fungible lalu kita move on ke token apa itu token.
Token artinya sertifikat digital, nah ini sertifikatnya diamankan dalam sistem yang namanya Blok Chain ya. Kayak misalnya rumah nih yang mengawasi sertifikatnya negara. Untuk NFT yang menjaga kepemilikannya atau sertifikatnya adalah sistem blok chain.

Apa itu blog sinden Gimana cara kerjanya gue jelasin konsep konvensional transfer uang ya. Misalnya gue punya saldo 10 juta itu dicatat sama server bank senilai 10 juta di sini Bani punya saldo 5 juta dicatat juga di server bank senilai 5 juta. 

Lalu gua mau transfer ke bank Bani 4 juta di database mereka ditulis 10 - 4 sisa 6 sedangkan Bani 5 juta + 4 juta jadi 9 juta simpel nya sih kayak gitu nah blok Chain ini yang dipakai sama cryptocurrency kaya Bitcoin Ethrium dan lain-lain cara kerjanya datanya itu tersentral semua, data ini  diawasi oleh banyak komputer yang kerja barengan dan mengawasi antara transaksi dan kepemilikannya.

Blok chain mengawasi kepemilikan dari aset-aset ini nah NFT ini bukan nominal tapi sebuah objek yang dipantau dalam sistem Blok Chain. Semua komputer bekerja sama buat menyepakati kepemilikannya.

Misalnya di sini si Anjas punya bebek dengan gen Elon sangat langka banget dan Bani ingin membeli seharga 5 Etherium maka semua komputer mengubah kepemilikannya ke orang baru tersebut dan kepemilikan energinya sekarang di Bani.

Mirip sama sertifikat tanah sertifikat itu menjamin kepemilikannya dan uang tersebut didapat oleh penjual sertifikat tanahnya, kok ada gambar atau gif doang kok mahal banget? bukannya gambar kayak gitu bisa di screenshot aja ya Ibarat lukisan Monalisa kalian print sendiri juga bisa atau kalian lukis sendiri kalau kalian jago gambar juga bisa tapi kalian tidak memiliki wujud aslinya dan yang pasti itu bukan lukisan.

Monalisa yang dibuat oleh Leonardo Da Vinci

Karena keunikan kelangkaan dan psikologi manusia menilai sebuah objek semakin unik maka makin langka maka semakin mahal kurang lebih seperti itu penjelasan tentang mudah-mudahan kalian bisa memahaminya.

NFT Game

Nah sekarang kita bakalan ngomong tentang NFT game dan contoh sederhana yang mudah dipahami. Contoh ini adalah jenis dari waves teknologi ya yaitu wave duck ini masuk di top NFT game yang saat ini beredar di market. 

Sebenarnya misi dari game ini juga simpel yaitu membangun kerajaan bebek dan kita kalau ngomongin bebek itu ada telurnya di mana telurnya itulah yang jadi item juga jadi bebek itu adalah item NFT yang kita pegang. 

Bebek punya keunikan masing-masing dirangkai dalam beberapa gen kayak misalnya di sini ada gennya elon, terus ada gamenya satoshi dan gen-gen yang lainnya.

Makin unik makin langka itu bebek maka harganya juga makin mahal dan juga harga setiap bebek di sini itu ditentukan juga dari seberapa banyak dia ngeluarin egg token, kalau kalian bayangin itu kayak diamond di game Mobile Legends jadi token itu yang nantinya bisa dipakai lagi untuk beli bebek baru atau bebek yang lain. [seoTama]

Previous Post Next Post

News Feed