Begini Cara Mengetahui Apakah Ponsel Kamu Terkena Virus

Malware

Meskipun mungkin bukan ide terbaik untuk melakukan diagnosis mandiri pada ponsel Anda dengan WebMD, namun juga tidak larangan yang tidak memperolehkan mendiagnosis masalah teknologi pada smartphonemu. 

Apakah sudah waktunya untuk merapikan ponsel cerdas Anda ? Atau sudah waktunya berinvestasi pada antivirus seluler untuk menangkis malware? Karena itu tak ada salahnya kita ketahui dulu tanda-tanda ponsel cerdas terinfeksi malware 

Gejala smartphone yang terkena virus

• Ponsel lebih lambat atau baterai lebih cepat habis

Perangkat yang lebih lambat biasanya bisa menjadi tanda bahwa Anda kehabisan ruang penyimpanan atau menggunakan sistem operasi yang ketinggalan jaman. Namun kemungkinan yang lebih mengerikan adalah hadirnya malware.

Baca juga: Meta Perketat Konten Politik di Instagram dan Thread

Virus dapat masuk ke ponsel Anda melalui tautan mencurigakan yang Anda klik atau sembunyikan di dalam aplikasi yang Anda unduh.

• Peningkatan konsumsi data secara tiba-tiba

Jika Anda mendapati bahwa penggunaan data Anda meningkat tajam pada tagihan telepon terakhir Anda, kemungkinan besar ada kode atau program berbahaya yang mengirimkan data dari ponsel Anda ke server yang tidak dikenal. Atau lebih buruk lagi, ponsel Anda digunakan untuk mengirim SMS atau melakukan panggilan ke layanan telepon premium.

• Pesan dikirim ke kontak Anda

Beberapa virus seluler akan mengirimkan pesan ke kontak di ponsel Anda dengan tautan ke perangkat lunak yang terinfeksi.

Baca juga: Apa itu Mode Terbatas YouTube dan Bagaimana Cara Menonaktifkannya?

Jika salah satu kontak Anda mengeklik tautan ini dan mengunduh aplikasi apa pun, ponsel mereka juga akan terinfeksi.

• Aplikasi aneh

Jika Anda melihat aplikasi aneh di ponsel yang Anda tidak ingat pernah menginstalnya, kemungkinan besar aplikasi tersebut adalah virus.

Iklan yang persisten dan agresif

Munculnya iklan yang menyebar secara tiba-tiba merupakan indikator besar bahwa Anda telah memasang aplikasi yang tidak diketahui atau asal usulnya yang jahat yang mendorong iklan yang tidak diinginkan ke perangkat Anda.

• Mesin pencari yang dibajak

Apakah hasil penelusuran di ponsel Anda tiba-tiba dialihkan ke mesin telusur atau situs web yang belum pernah Anda dengar sebelumnya? 

Apakah Anda merasa kesulitan untuk beralih kembali ke mesin telusur atau browser default Anda? Anda pasti terkena virus.

Di atas merupakan beberapa tanda ponsel kamu terkena serangan malware.

Previous Post Next Post

News Feed