Tahun 2023, Penjualan TV di Dunia Capai Titik Terendah dalam Satu Dekade

Televisi


Kemajuan teknologi sering kali mengurangi kebutuhan akan banyak produk. Ingatkah kita saat membutuhkan kamera, pemutar musik, kalkulator, dan konsol game terpisah? Sekarang ponsel cerdas Anda melakukan semuanya. Hal yang sama juga terjadi pada TV.

Orang-orang mungkin membelinya lebih sedikit, namun ketika mereka membelinya, mereka menginginkan layar yang lebih besar dan kualitas super tinggi.

Pada tahun 2023, pasar TV global terus mengalami penurunan. 

Penjualan turun 1,6% dibandingkan tahun sebelumnya. Ini merupakan jumlah penjualan TV terendah dalam sepuluh tahun terakhir.

Dilansir dari Gizmochina, ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi. Tentu saja, alasan pertama dari tren ini adalah karena masyarakat lebih sedikit menonton TV.

Di dunia sekarang ini, banyak orang lebih memilih platform konten digital yang dapat diakses dari ponsel, komputer, dan tablet mereka.

TV kini menjadi pilihan pertama bagi pengguna yang berfokus pada layar besar dan kualitas gambar tinggi.

Baca juga: GTA 6 Secara Resmi Terdaftar di Website Rockstar Games

Hal ini menyebabkan permintaan yang lebih tinggi terhadap resolusi seperti 4K dan 8K, dengan ukuran 49 inci ke atas.

Namun, faktor-faktor seperti inflasi global juga mengurangi minat terhadap model mahal ini.

Pengiriman meningkat dari tahun ke tahun di Amerika Utara (7,5%), Amerika Latin (2,3%), dan Eropa Timur (3,4%), dengan AS mengalami peningkatan yang signifikan. 

Namun, wilayah lain juga mengalami penurunan tahunan: Asia-Pasifik (-0,2%), Tiongkok (-8,4%), Eropa Barat (-11,5%), serta Timur Tengah dan Afrika (-3,0%). Khususnya, penjualan TV baru dan pengganti tetap lesu di semua wilayah.

Baca juga: Samsung Galaxy Diatur untuk Mendapatkan Animasi Lebih Halus

Hal ini menunjukkan melemahnya kepercayaan konsumen terhadap pasar TV secara umum, meskipun terdapat variasi regional.

Penurunan pasar TV Tiongkok semakin intensif pada paruh kedua tahun 2023. 

Selama paruh kedua tahun 2023, pasar TV Tiongkok mengalami penurunan yang signifikan, melampaui penurunan bulanan dari tahun ke tahun sebesar lebih dari 10%. 

Pada bulan terakhir tahun ini, tingkat penurunan melebihi 20%. Ukuran pasar tahunan turun di bawah 37 juta unit menjadi 36,56 juta, yang merupakan level terendah dalam satu dekade terakhir.

Previous Post Next Post

News Feed